Namanya Juga Bisnis (Edisi Ducati & Harley-Davidson)

Ducati Panigale 353 & Harley-Davidson XR250/300…. Hmmmm, sudah kuduga.

Kalo ada yang ingat, beberapa waktu lalu EA’s Blog pernah menulis soal artikel market share pabrikan Eropa. Dan kalo ada yang baca artikelnya baik-baik, pastinya ‘ngeh’ soal pabrikan mana yang mengalami kenaikan penjualan paling pesat.

Well, terus apa hubungannya dengan artikel ini Kang Eno? Keep reading Bros!

 

Ducati Panigale 353

 

Ducati Panigale 353

Seminggu belakangan, rumor soal Ducati Panigale 353 menyeruak ke dunia maya. Diikuti dengan kabar burung seputar Harley-Davidson yang berminat masuk ke pasar entry-level 300cc lewat XR250/300… Wow, ini tiba-tiba 2 pabrikan yang terkenal soal pride moge dari Negeri Spaghetti & Paman Sam bisa barengan gini ya?

Meski belum ada kejelasan apapun dari pihak Ducati & HD, bahkan nggak ada spyshot atau bocoran patent desain, atau apapun itu yang meyakinkan saya soal kebenaran beritanya… Tapi menurut EA’s Blog ini rumor yang sebenarnya masuk akal banget. Kenapa?

Karena nggak seperti KTM, BMW Motorrad, atau Piaggio Group, Ducati yang dipegang VW/Audi Group justru terlihat mengalami kebuntuan di market share. Kenaikannya nggak W.O.W seperti BMW, ataupun KTM. Padahal di momen yang sama, Ducati juga harus berkecimpung di berbagai ajang balap yang membutuhkan banyak biaya R&D… Kalau gaji pebalap sih saya no comment, biar fansboy Lorenzo & Rossi aja yang cerita soal sponsor bawaan masing-masing rider, wkwkwk.

Ducati Panigale 353

Sejenak saya sering terpikir sesuatu, inikah alasan mengapa Ducati sering ditimpa isu simpang siur seputar kepemilikan saham? Masih ingat isu Ducati dibeli Bajaj-KTM tahun lalu?

Pasalnya, fakta lain juga mendukung pertanyaan saya sebelumnya… Sejak akhir 90-an, Ducati setidaknya dimiliki oleh 5 nama perusahaan yang berbeda. Dari Cagiva, ke Texas Pacific Group, ke Investindustrial Holdings, ke Performance Motorcycle, hingga berakhir ditangan VW/Audi Group.

Rumor Ducati Panigale 353 sendiri bukan tanpa alasan pendukung yang kuat. Rumor selanjutnya, sportbike A2 ini bakal diproduksi di India lewat kerjasama dengan Hero Motocorp! Sebuah kabar yang nggak ngagetin banget sih, karena sebelumnya KTM & BMW sudah melakukan ‘trik’ yang serupa.

 

Harley-Davidson XR250

 

Harley-Davidson XR250

Rumor kedua datang dari pabrikan Amerika, Harley-Davidson yang dikabarkan bakal merilis XR250 untuk membidik pasar Asia. Dan rumor ini bukan main-main lho, langsung diberitakan oleh majalah kenamaan Jepang, Young Machine. Renderan desain mereka kadang terlihat lebay, tapi soal bocoran produk YM jelas nggak bisa kita abaikan begitu saja.

Dan kalau kita lihat dari report penjualan Harley-Davidson tahun 2017 lalu, again, pattern nya sama persis. H-D juga mengalami penurunan market share sepeda motor secara global. Dan ini menjadi kabar yang menyedihkan, karena trend penurunan sales yang dialami Harley telah terjadi sejak tahun 2015!

Belum ada kejelasan Harley-Davidson XR250 bakal diproduksi dimana, tapi kalau melihat kasus Street-series terdahulu… Kayaknya sih bakal berstatus Made in India.

Melihat 2 pattern diatas, kayaknya kita nggak perlu kaget lagi soal rumor Ducati Panigale 353 & Harley-Davidson XR250. Karena memang itu yang harus dilakukan agar market share mereka tetap terjaga. Bisnis pun tetap sehat.

Pastinya pernah baca Historical Bike soal motor yang satu ini kan…?

Karena kalau kita belajar dari kasus Motor Jepang yang sukses menenggelamkan Motor Inggris era 70-an silam… Siapa yang bisa berkembang menuruti selera pasar, dia yang bisa jualan banyak. Dan siapa yang bisa jualan banyak, otomatis dia yang menang!

Yahhh mau gimana lagi, namanya juga bisnis…

 

14 comments

  • thecompor

    Pertamax ya kang eno..
    Hehe

  • Adi

    Pride VS Cashflow
    And the winner is cashflow because cash is king

  • Ob

    Kalo HD masuk pasar indonesia dengan cc250 hmm apakah akan langsung laris? Atau malah sama aja?

    Perihal aftersale HD di indonesia gimana sih kang, jujur gak tau sama sekali, atau malah di pegang sama importir umum, dari dulu sampe sekarang belom pernah tau dimana kalo mau service motor ini, ada yang tau gimana perihal aftersales pabrikan ini?

    • Pertamax Meroket

      Depan gang rumah saya di semarang taun 2012 buka dealer HD sama tempat service nya tapi baru 3 taun tepatnya 2015 udah kukut itu dealer

    • mujib

      orang kaya mah ga bingung soal aftersales om
      setau saya dulu ada Mabua,untuk service&sparepart langsung kesitu.
      tapi ya banyak juga bengkel+towing untuk HD ini..di dekat saya kos saja ada 3 bengkel HD

  • Peningpalaloe

    Mungkin khusus market indonesia ducati perlu bikin panigale 125 harga 20an juta, panigale 150 harga 30an juta, panigale 250 harga 40an juta.

  • topman

    Untung duc sama HD bukan perusahaan lokal Indo
    Soalnya kalo lokal, tau dong siapa yg disalahin…. Hehe IYKWIM

  • visitor

    kira2 kaum the have, konsumen ducati dan hd cc besar, bakalan protes keputusan pabrikan ini gak kang eno?

  • Roel

    Sing penting kipas-kipas Dollar Warakas..
    Jozz Kang Eno..
    Sampean rencana dateng k IMOS gak hari ini??

  • DwiPram

    bisnis mengalahkan eksklusifitas.. ga usah malu-malu. klo malu lo gak kenyang

  • Terciduk

    Just info kang, gsx r150 sudah dirilis yg abs… bener kan yg saya bilang kmrn, kacab dimana saya ambil gsx r150 std ngomong di harrlga 33jtan.. dibahas ya kang, yang makjleb dikit buat kompetitor yg jauh hehehe…

Tinggalkan Balasan