Suzuki Katana 2020

Suzuki Katana 2020, Bukti Sang Legenda yang Tetap Beda!

Kehadiran motor baru dengan nama besar yang melegenda nggak selamanya harus berakhir epic fail karena unsur common parts… Hal ini dibuktikan oleh SMC Jepang, saat menghadirkan Suzuki Katana 2020!

 

 

No. Ini bukan Katana versi Roda 4, melainkan sosok reborn dari line-up motor paling ikonik yang dimiliki pabrikan berlogo S, Suzuki Katana! Nggak cuma ikonik secara style & desain, tapi juga secara nilai historis.

 

Suzuki GSX-S Katana Brochure

 

Ini adalah motor klasik yang lahir dari rasa keputus-asaan Suzuki di tahun 1980-an… Retro-bike yang berawal dari keacuhan MV Agusta menganggap desainnya tak sesuai karakter perusahaan… Legend yang lahir dari tangan dingin Hans Muth, Jan Fellstrom & Hans-Georg Karsten. The rest is history.

 

Suzuki Katana 2020

 

Setelah hampir 2 dekade vakum sejak awal millenium silam, akhirnya Suzuki Katana is Back! Dan kabar baiknya, nggak seperti comeback Bandit-series yang mengundang banyak cibiran, Katana tetap mempertahankan nilai originalitas nya ditengah era yang makin pelit soal spek.

Lantas, apa yang membedakan Suzuki Katana dengan line-up motor Suzuki lainnya, Kang Eno? Jawabannya simpel banget. Silahkan buka mata dan lihat sendiri desainnya!

 

Suzuki Katana 2020

Yup! Keseluruhan desain Suzuki Katana 2020 benar-benar nggak berubah dari Katana versi Original. Edisi reborn ini tetap dibekali shape body yang identik, lampu kotak, tangki bahan bakar & buritan unik, plus warna abu-abu yang jadi identitas asli Katana-series!

 

 

Personally, EA’s Blog demen banget body buritan yang seakan terpisah membungkus stoplamp Suzuki Katana 2020… Persis drawing konsep pertama yang digambar langsung oleh Hans Muth & Jan Fellstrom. Selain itu penggabungan unsur modern dengan menggunakan mud guard terpisah bener-bener bikin tampilannya makin ngiler-able.

 

Suzuki GSX-S Katana First Drawing Concept

Suzuki GSX Katana First Drawing Concept

Suzuki Katana 2020

Suzuki Katana 2020

 

Di dalam body ikoniknya – seperti halnya Katana original yang lahir dari varian GSX-S – Suzuki Katana 2020 lahir dari basis GSX-S1000F. So, jangan kaget kalau melihat desain sasis, swingarm, suspensi upside down, serta kaki-kaki yang mirip laiknya sport tourer anyar Suzuki tersebut.

And that’s not a bad thing at all… Karena menurut mang Vandra monkeymotoblog yang jauh lebih pengalaman test mogeh super mahal, GSX-S1000F masuk kategori moge super wuenak!

 

Suzuki Katana 2020

Suzuki Katana 2020

Pun demikian dari sisi permesinan, Suzuki Katana 2020 dipersenjatai mesin berbasis GSX-R1000 K5 yang powernya dituning ulang. Walhasil, output powernya diklaim tembus 150 HP @ 10.000 RPM dengan torsi 108 N.m @ 9.500 RPM. Based on specs, kelihatan banget mesinnya sengaja dibikin smooth dengan power maksimum di putaran mesin tinggi.

Nggak ada turbocharger seperti yang pernah dirumorkan sebelumnya… Nampaknya Suzuki menyimpan project ini untuk Recursion Concept yang bakal menggebrak beberapa tahun mendatang.

 

Suzuki Katana 2020

 

Berbeda dengan GSX150 Bandit, Suzuki Katana 2020 ini mungkin sama sekali nggak sesuai dengan dompet kebanyakan orang Indonesia. Tapi as a motorcycle historian & enthusiast, EA’s Blog merasa happy Suzuki bisa membuat comeback epic bareng Katana-series kebanggaannya. Dan membuktikan sekali lagi “Way of Life” tetap menjadi slogan mereka.

Good job, Suzi!

 

Suzuki Katana 2020 Suzuki Katana 2020 Suzuki Katana 2020 Suzuki Katana 2020 Suzuki Katana 2020

 

 

Suzuki Katana 2020 Suzuki Katana 2020Suzuki Katana 2020 Suzuki Katana 2020

 

25 comments

Tinggalkan Balasan