Harga Honda CRF150L Naik Hampir Sejutaan, Lihat Apa yang Terjadi Pada KLX150

Klik like dan katakan Aamiin, maka harga Honda CRF150L & KLX150 akan naik dengan sendirinya.

 

 

Waktu saya dikirimkan press release dari PT. AHM – selain warnanya – yang jadi concern EA’s Blog adalah soal harga Honda CRF150L edisi 2019. Diam-diam, harganya sudah melejit menyentuh angka Rp. 32,6 Juta… Alias naik 800ribuan dari harga sebelumnya yang dibanderol Rp. 31,8 juta (OTR Jakarta).

 

Honda CRF150L 2019 Extreme Black

 

Saya yakin, selisih harga tersebut pasti nggak bakal diambil pusing oleh para konsumen tipe krediters (no offense, karena saya juga berstatus sama)… Tapi buat yang ingin ambil secara cash, kenaikan harganya tergolong nyesek juga.

So, gimana dengan kompetitornya, Kawasaki KLX150, Kang Eno?

 

Honda CRF150L vs Kawasaki KLX150 BF

 

Well, kalau melihat secara spek & performa yang ketinggalan, plus angka penjualan yang kini hancur lebur oleh Honda CRF150L… Satu-satunya langkah paling logis adalah membuat banderol KLX150BF – yang jadi direct kompetitor CRF150L secara spec – tetap seperti semula. Dikisaran 32 jutaan.

Itukah yang dilakukan PT. KMI? Well, No. Mereka tetap melakukan apa yang disebut dengan ‘Kawasaki Way’, atau yang bahasa Bekasi-Zimbabwenya disebut ‘Bodo menanan serah gua’.

 

Wait, whaaattt?

 

Apa yang dilakukan geng-ijo, adalah membanderol Kawasaki KLX150BF seharga Rp. 33,3 juta (OTR Jakarta). Dan ya, selisih harganya kembali 700 ribuan dibanding harga CRF150L versi lawas. Kondisi jadi lebih ekstrim kalau melihat harga KLX150BF SE (tambahan veelg hitam & aksesoris), yang tembus Rp. 35,2 juta! WTF…!

Dan ingat, ini harga khusus untuk Pulau Jakarta dan sekitarnya lho. Kalau di daerah, saya yakin selisih harganya bakal jauh makin ekstrim… Karena you know, Kawasaki terkenal sebagai pabrikan yang paling tega menaikkan harga produk di luar daerah.

 

 

Luar biasanya lagi, apa yang didapat dengan kelebihan harga luar biasa tersebut cuma sasis twin beam double cradle yang kelihatan lebih kokoh. Oiya dan satu lagi, pernah dipakai Pak Presiden juga… Meskipun kelihatan kayak kekurangan kalau yang baca ini ada di kubu oposisi.

Ironi selanjutnya, KLX150 adalah tulang punggung penjualan Kawasaki hingga artikel ini ditulis.

 

 

Kabar baiknya – dan ini yang kelebihan KLX, yang sekaligus membedakannya dari CRF – calon konsumen masih bisa mendapatkan KLX150S (Standard) dengan banderol Rp. 29,5 jutaan saja. Meskipun tentu saja, semua kelebihan tipe BF & BF SE hilang – which is nggak terlalu menyedihkan juga, karena versi tertinggi juga nggak banyak-banyak banget poin plusnya.

Saya yakin, fans Honda apalagi Kawasaki bakal menyalahkan kondisi nilai tukar rupiah yang makin melemah melawan dollar Amerika. Tapi sayangnya (atau sedihnya) mereka kelupaan soal harga motor racikan LOKAL yang nggak ikutan turun waktu kondisi rupiah kembali menguat.

 

 

Dan pada akhirnya, lagi, saya bakal jadi orang pertama yang nggak setuju harga dual-sport 150cc tembus 35 jutaan lebih! Kebayang kalau nanti diupdate pakai Injeksi, peningkatan power, dll? Mau dibikin seharga naked bike 250cc? Gila.

 

29 comments

  • kawak.an

    Moga moga pabrikan sombong n angkuh cepet insyaf…
    Jualan moge aja lah,mumpung yamaha,honda n sijuki belum getol masukin moge dimarih…ntar kalo moge digarap serius ma ahem n yahem,lu jualan apa tong?? Pride (dibaca:prettt)???

  • Ilmantul

    Ya berharap Yamaha mau meramaikan dengan wr150 bermesin piksennya

  • Ilmantul_1

    Ya berharap Suzuki mau meramaikan dengan TS150 bermesin Bandit dengan harga yang masuk akal

  • Ane dah siap minang wr150 kang…? Semoga harga’a logis.
    Dengan mesin beradiator, injeksi, tenaga yahud n 4klep di jamin motor trail rasa sport……heheeeehe

    • enoanderson

      Jadi nih Yamaha bikin dual sport pake mesin piksen-series? Hooo yeaah beibehh!!

      • Hr15de

        Gosipnya gitu, kang. WR150 punya banyak celah nih buat menggaet konsumen, secara crf dan klx masih gitu 2 aja..

        • enoanderson

          Betul kang, WR-series pake mesin LC4V itu bakal revolusioner bgt disini. Anyway, tapi saya nggak ngarep dikasih test unitnya juga sih, wkwkwk

          • Sabar aja kang..? Pasti kebagian.hehhehehe
            Sekarang tinggal yamaha bisa ga kasih harga yg logis buat si wr ini. Kalo dy ikutan latah kaya honda n kawasaki dengan gampang’a naekin harga sepeda motor yg bermesin jadul itu siap2 kecewa yamaha di tinggal potensial buyer……

    • Iseng komen

      Ngga akan bro, justru yamaha yg gambling kalo menurut ane.

      Orang kita masih liat perawatan dan durabilitas. Apalagi blm banyak orang blm familiar ama mesin lc d buat trail. Dan banyak modifikator yg milih mesin gl series jadi andalan trailnya.

      Mesin lc malah d bilang cengeng sama mereka alias rewel, so menurut ane yg bakal beli wr150 ini kebanyakan orang2 yg baru mau icip2 mesin trail.

      Lha wong udah kebukti kemarin ada berita mesin lc4v meledug gara2 d bawa k pegunungan.

      • Abimanyu

        Kayaknya yamaha sih udah biasa gambling . tapi kalo bisa membuktikan mesin lc buat trailnya juga gak kalah durable akan jadi citra baik buat yamaha

      • RichardGN

        om bangun dong, yg dibrowsing jangan trail <250cc lokalan aja.. trail Lc itu udah banyak

  • Bbwolf

    Biasanya yamaha yg suka ngasih harga edan murah
    Mudah mudahan yamaha dibukakan pintu hidayah nya saat melepas harga wr pegow

    Teu kabayang mun yamaha jol mere harga wr 28 jt
    Tewas kabeh

  • anonimus

    Jadi ternyata, velg crf dibuat item itu sengaja? Hmmm…. (ehem…klx bf se…ehem)
    menunggu yamaha ngeluarin wr mesin vixion (nunggu doang, motor tetep verza), sama suzuki ditunggu kedatangannya, jangan otw kelamaan :v

  • Yang bikin mahal motor ini apasih?

  • Ncex

    Kira” gmn strateginya wr150 yaa?

  • Embluk

    Well sy lbh ga setuju lg dg pendapat blig sebelah. Motor zaman old yg kuat material kelas wahid power gokil ditukar dg fitur injeksi ngecas hp.

  • Tak ie cak

    Ksaiki mati jualannya. Pd akhirnya yg seneng trail crf jg sama , segmentif yg ngk akan tumbuh lg , dah pd tua … amit amit jualan ngk ada nilai tambah yg kemahalan …. mirip ts125 kan seret sekarang jd layak jual n di beli. 2 tak jenggat

  • bagolmeong

    KLX 150 S itu berguna buat orang2 pendek . Krn pake rim 19 16…

  • Somplak

    Para epbeye ngarep wr…beli mah kaga cukup X-Ride aja lah kebanyakan mintanya..pake mesin Salome lagi masa semua mesin overstruk dari Matik,sport,bebek,trail rasanya sama…GA bisa ngitir 12rb rpm…takut ngebul

  • crot

    Kang gimana tuh motor trail buatan indonesia (a.k.a Viar Cross 150), sepertinya mulai banyak yang lirik…

    • enoanderson

      Ini pabrikan pelit banget cuman sekadar ngundang test doang… *saya nggak ngarep amplop atau transferan padahal

  • parah emang kawasaki, itu new ninja 250 fi 2018 yg sangat amat kurang fitur, didiskon 4 juta pada akhirnya, spy cepet laku hehehe

Tinggalkan Balasan