Lagi, Not-So-New Honda CRF150L 2019 Extreme Black

Yep, warna baru CRF150L beneran nggak baru-baru amat…

 

 

Berita barunya, ada varian warna baru Honda CRF150L Extreme Black, dengan warna hitam legam. Oiya, Warna velg TK alumuniumnya juga berubah, sekarang pakai kelir hitam untuk semua varian, termasuk untuk pilihan warna Extreme Red… Meskipun saya pribadi – nggak tau kenapa – lebih senang warna velg silver almu.

Nggak usah didebat, just (pure) personal taste dari mantan ABG yang pernah ngidam Velg TK Silver.

 

Honda CRF150L 2019 Extreme Black

 

Last, harganya naik hampir sejutaan dari harga awal, menjadi Rp. 32,6 jutaan. Which is a lot untuk sebuah motor dual-purpose berkapasitas 150cc. And that’s it… Itulah sekilas info Honda CRF150L 2019.

No, ini bukan artikel press release. Harus ada tambahannya SEDIKIT.

 

Warna ‘Baru’, Extreme Black

 

CRF150L Custom Supermoto

Honda CRF150L 2019 Extreme Black

CRF150L 2019 Extreme Black… You see?

 

Kalau mau jujur, warna hitam ini sebenarnya bukan warna baru, karena sudah ada sejak awal perilisan lalu – dalam wujud CRF150L Custom Supermoto. Dan ternyata banyak yang suka! So, bukan sesuatu yang mengejutkan kalau warna ini bakal jadi opsi di edisi 2019… You know, ‘AHM-ness’, survey warna aja sampai setahun.

 

Belum Ada Supermoto

 

Honda CRF150L Custom Supermoto

 

Yang lebih mengejutkan menurut EA’s Blog adalah sampai detik ini Honda belum berani merilis CRF150L Supermoto, CRF150M, or whatever you wanna call it. Padahal dari sisi peluang, produk ini jelas no brainer… CRF punya suspensi bagus, mesin lumayan, dan faktor fun yang luar biasa saat bertransformasi jadi sebuah Supermoto.

Saya sudah pernah coba versi modifikasi hematnya selama touring beberapa waktu lalu. And you know what, that was a lot of fun! Kebayang deh kalau asli bikinan pabrik.

 

Target Penjualan Honda CRF150L Naik

 

Honda CRF150L 2019 Extreme Red

Honda CRF150L 2019 Extreme Red

 

Banyak yang belum tahu kalau penjualan Honda CRF150L selama semester pertama 2018 ini ternyata mampu mengungguli nama besar sekelas Kawasaki KLX150. No, bukan ‘mengungguli’ tapi lebih cocok pakai kata ‘menghancurkan’. Bicara angka, 25.313 unit terjual selama periode semester I 2018 – meninggalkan KLX 150 yang hanya 17.830 unit.

Itu sebabnya, PT. AHM pede menaikkan target penjualan dari yang semula 5.000 unit selama 2 bulan terakhir 2017, kemudian 35.000 unit di tahun ini, hingga 45.000 unit sepanjang tahun depan.

 

 

Yaelah, itu sih cuma selisih 7500-an unit doang Kang Eno!? Yes, I know that. Tapi gimana kalau saya kasih fakta lain. Angka 17 ribuan tadi merupakan gabungan dari penjualan seluruh tipe KLX150-series yang ada dipasaran? Ada berapa? Silahkan hitung sendiri, Kawasaki KLX150 STD, KLX 150BF, KLX 150BF SE & KLX 150 SE (X-Treme).

Sedangkan Honda? Cuma SATU tipe. Tapi jangan sampai mereka ikutan bikin tipe lain juga sih, bisa-bisa beda warna beda sejuta.

 

11 comments

  • rezim gila

    Kang teaser katana 3.0 wis metu lho..
    Gak digawekne artikel ?

    Mosok histori bike.e wis pindah ndek mmblog ?

    • enoanderson

      Nggak apa2 kalo disana lebih bagus kang, saya sih nggak mau maksain bikin kalo emang lagi gak mood

      • Owi

        Kang Eno….., bikin artikel bahas mesin suzuki motogp yg agak tiduran itu dung….., dan juga sasis nya yg agak nyeleneh tu……., thanks….

  • ahayahayyy

    Yg item livery.nya kyak supra x yg baru,coba liat deh…item agak doff strip merah…
    Yahh..tau sndri lahh,warna item jd paporit buat neken harga cat…kwekkwekkwek…
    Belum ada ya pabrikan motor kash warna white pearl kyak di mobil2 gituu…

  • anonimus

    Kang eno, bisa analisa gak kenapa si crf bisa ngobrak-ngabrik klx series, padahal secara nama besar, prestis brand, sama bentuk rangka (menurut beberapa orang) lebih baik daripada crf
    Ya…walaupun klx cenderung konservatif (kalo gak mau dibilang kuno)

    • Colimen

      Stngah jawaban udah dpt sendiri tuh..sisanya ya jelas nama bsar..ketersediaan part kw jg jd prtimbangan..crf bs common part verza dan megapro..kalo klx,ya susah nyari di bengkel2..

    • topman

      Buat orang awam, bentuk crf lebih menjual drpd klx.. Crf besar, klx kecil dan ga up to date
      Dan it’s honda

  • Alsylend

    Itu sebabnya, PT. AHM pede menaikkan target penjualan

    Lebih tepatnya
    Pede menaikan harga kang
    Hahaha

    Tau sendiri lah
    Warna hitam lebih murah dari warna lain menurut cbr 250rr

    Tp disini malah naik
    Jadi kesimpulanya?

  • Arda

    Saya juga lebih senang silver untuk Warna mesin / crankcasenya apalagi utk motor garuk tanah. Hampir semua motor trail /dual sport sejati dr semua pabrikan di dunia pake mesin silver. Mungkin utk kamuflase akumulasi dust& dirt sepanjang umur motor, biar ga trlalu bluwek & dekil.

    Mungkin yg ini mau mempopulerkan dekil & kumel style atau buat hemat ongkos cat biar seragam sama crankcase hitam verza, lebih murah dr pada harus sedia bahan baku 2 jenis cat

  • Eskrimer

    Kok saya agak aneh sama ngeremehin mesinnya crf ya, padahal yg saya tau sebelum dipake verza mesin ini udah dipake crf di luar negeri, mereka juga kayaknya belum ngerasain letoynya mesin klx150 , annoying buat motor dual sport

  • Owi

    Kang Eno….., bikin artikel mesin gsx rr yg agak tiduran tu dong……, sama juga sasis nya yg agak nyeleneh……..

Tinggalkan Balasan