Spesial: “Data AISI” KTM, BMW, Piaggio & Ducati, Siapa Pemenangnya?

Borgo Panigale

Ducati S.p.A

 

 

Sama seperti ketiga pesaing manufaktur lain, Ducati juga mengalami kenaikan penjualan meskipun angkanya amat sangat kecil, hanya 420 unit. Pabrikan yang dikuasai VW/Audi Group ini mencatatkan angka penjualan sebanyak 55.871 unit sepanjang 2017.

 

Penjualan Multistrada 950 ternyata biasa-biasa saja…

 

Ducati mengklaim penjualan produk terbarunya masuk dalam kategori ‘lumayan’. Multistrada 950 Adventure, Monster-series, Super Sport, serta Panigale 1299 Superleggera yang diproduksi terbatas juga turut menyumbang terhadap kenaikan penjualan tersebut.

Scrambler-series tetap jadi andalan Ducati di market global. Motor bertema retro-modern ini sukses terjual 14.061 unit. Italia tetap jadi pasar ‘buyer setia’ Ducati, sementara perkembangan yang paling signifikan ada di pasar Spanyol.

 

Panigale V4 diharapkan jadi ‘juru selamat’ Ducati di tahun ini…

 

Gimana di Asia? Well, Ducati hanya mencatatkan penjualan 5.805 unit, jauh lebih rendah dari BMW, apalagi KTM. Satu-satunya pasar yang diklaim mengalami peningkatan 31% adalah China, tanpa menyebutkan bagaimana kondisi Ducati di negara Asia lain.

 

 

Meskipun mengalami stagnansi, namun Ducati tetap pede penjualannya bakal mengalami kenaikan di tahun 2018… Dengan penambahan produk flagship anyar seperti Scrambler 1100, Multistrada 1260, serta Panigale V4-series.

 

Harusnya sih Scrambler Sixty2 ini yang jadi fokus utama Ducati, tapi entah mengapa justru seakan dilupakan begitu saja…

 

Kalau menurut EA’s Blog, kayaknya bakal tetap gitu-gitu aja deh…. Kecuali Ducati mau mengembangkan motor 400cc nya (Scrambler Sixty2) jadi lebih beragam.

 

6 comments

Tinggalkan Balasan