Spesial: “Data AISI” KTM, BMW, Piaggio & Ducati, Siapa Pemenangnya?

Oranje Silent Attack

KTM Industries AG

 

KTM RC390

Keputusan KTM bekerjasama dengan Bajaj Auto India terbukti moncer! Kebayang kalau kerjasama dengan CFMoto (China) sudah berjalan…?

 

Pernah terpikir siapa pabrikan sepeda motor Eropa paling jumawa di dunia? BMW yang jualan GS-series, atau Ducati yang jualan Scrambler? Well, nope… Jawabannya adalah KTM Austria!

Faktanya, pabrikan yang identik dengan warna oranye ini sudah menjadi brand Eropa penguasa pasar roda 2 dunia selama 4 tahun berturut-turut, sejak tahun 2016 silam! Dan di tahun 2017, mereka kembali memperpanjang rekor tersebut dengan catatan penjualan 238.334 unit motor (KTM & Husqvarna) di seluruh belahan dunia! Naik 17% dari tahun sebelumnya.

 

 

Soal angka, KTM hanya kalah dari Vespa (Piaggio Group). Itupun dengan catatan, Vespa menjual skuter matik, bukan sepeda motor… Dan berbeda dari Indonesia – yang penjualan motor & skutik digabung – pasar luar negeri membagi kedua genre roda 2 ini kedalam kategori yang berbeda.

 

KTM 790 Duke diproyeksikan sebagai pengusik dominasi Jepang dikelas mid-end

 

Dari sisi finansial, KTM Industries AG juga mencatat kenaikan 14%, dengan laba bersih mencapai 117 juta Euro. Kenaikan sisi penjualan tersebut diklaim KTM bukan hanya berasal dari produk Austria-Made, tapi lebih banyak dihasilkan dari produk hasil kerjasama mereka dengan Bajaj Auto di India… You know, KTM Duke & RC 125, 200, 250 & 390 series.

Setidaknya KTM memasarkan 35.000 unit lebih produk berbasis India ke Malaysia, Indonesia, hingga Brazil selama 2017 lalu… Baik dalam bentuk unit utuh (CBU), maupun part terpisah (CKD).

KTM menargetkan peningkatan penjualan yang signifikan di tahun 2018 dengan hadirnya produk anyar di segmen low-mid end. Contohnya seperti Husqvarna Vitpilen & Svartpilen yang mengisi kelas A2-license, serta Duke 790 Inline-Twin yang bakal menggempur pasar mid-end – which is selama ini dikuasai kompetitor asal Jepang.

 

Sementara di segmen moge berkapasitas besar, KTM bakal tetap mengandalkan genre Adventure…

 

Ngomongin soal rencana, KTM juga punya sesuatu yang besar untuk market kedepannya. Dengan memperkaya segmen 125-500cc lewat diferensiasi produk, pabrikan oranye ini berencana menjual 360.000 unit sepeda motor di 2021, kemudian meningkat jadi 400.000 unit di tahun 2022.

WOW!

 

 

6 comments

Tinggalkan Balasan