Sepeda BMX Custom

WTH: BMX-Bike Road Legal Ini Bikin Ngiler, Kepengen?

Pernah punya kenangan manis gowes sepeda BMX kesayangan? Well, anak-anak generasi millennial pasti nggak paham deh.

 

 

Sebagai kids generasi 90’an, EA’s Blog tumbuh besar mengendarai sepeda gowes, dari sepeda gunung sampai BMX. Dari kecil sampai lulus SD (bahkan sampai awal SMP) saya gowes sepeda kesayangan. Lantaran minta diajarkan motor saat itu sama aja minta ceplakan gesper ke orang tua… It wasn’t always ended well.

 

 

Saat sudah tumbuh dewasa, acara gowes tentu cuma jadi selingan weekend (karena untuk kegiatan sehari-hari, sepeda motor tentu lebih logis). Itupun hanya jenis sepeda tertentu saja, jarang ada yang pakai sepeda BMX – which is jadi identitas teenagers kelahiran era 80-90’an.

Nah, gimana kalau keduanya digabungkan jadi satu? Sepeda BMX plus mesin motor?

 

 

Ini dia sepeda BMX custom racikan Jay LaRossa dari Lossa Engineering. Terinspirasi dari modifikasi sepeda bermesin Honda Super Cub dari Jepang, pria yang satu in sempat kepikiran memasang engine Honda CL350 Scrambler ke sepeda BMX kesayangannya. Tapi karena ukuran mesin yang masif plus kerumitan dalam pengerjaan, konsepnya diubah.

Jay kemudian menggunakan Honda CT90 Cross Cub untuk dijadikan basis sepeda customnya. Yang lebih kerennya lagi, modifikasi ini bukan semata-mata menempelkan mesin ke sasis sepeda laiknya yang dilakukan Soichiro Honda sebelum merk sayap tunggal terkenal seperti sekarang. Konsep yang satu ini dibuat tanpa menghilangkan unsur legalitas motor aslinya!

 

 

Seperti yang bisa Brosist lihat pada gambar diatas. Frame bagian bawah merupakan bagian sasis asli Honda CT90… Dipertahankan sang owner lantaran disitulah tempat nomor VIN rangka. Sementara bagian atas disulap menjadi tangki bensin berkapasitas 1,9 liter. Kecil sih, tapi kalau ingat efisiensi mesin C-series yang tanpa tandingan, sepeda BMX custom ini bisa dipacu menempuh jarak lebih dari 25 km.

Sementara itu, sasis bagian belakang dibuat dari kombinasi swingarm original dan baja stainless steel demi mempertahankan setelan rantai.

 

 

Mesinnya sendiri saat ini sudah diganti menggunakan Lifan 110cc yang lebih bertenaga. Namun bagian engine cover & cover kruk as telah dimodifikasi memakai part original CT90… Again, supaya tidak mengilangkan legalitas (nomor mesin). Sementara itu bagian footstep original digantikan pedal sepeda BMX, supaya kelihatan kayak sepeda gowes beneran.

 

 

Gile, asli, keren banget nih konsep & finishing touch nya! Nggak kalah sama Yamaha Chivicker, konsep Motor-BMX yang diracik langsung pabrikan berlogo garputala.

 

 

12 comments

Tinggalkan Balasan