Suzuki Satria F115 Young Star

Young Star ohh Young Star, Begini Nasibnya Sekarang…

Ada yang masih ingat Suzuki Satria F115 Young Star? Begini nasibnya sekarang…

Masih ada yang ingat Suzuki Satria F115 Young Star a.k.a ‘Adik’ Satria F150? Good. Kalau ingat, EA’s Blog yakin pengetahuannya soal dunia roda 2 Indonesia pasti lumayan tokcer deh. Pertanyaanya, gimana sih kabar sang Ayago bermesin 115cc ini, Kang Eno?

 

Rilis 2015, Stop Produksi 2015

 

 

Suzuki Satria F115 Young Star merupakan salah satu motor dengan siklus produksi yang paling singkat di tanah air. Bersaing ketat (in a bad way) dengan Aerox 125 yang juga punya masa bakti singkat pada 2016 yang lalu.

Bayangkan saja, baru dirilis awal tahun 2015, PT. Suzuki Indomobil Sales langsung stop produksinya untuk pasar domestik pada akhir tahun yang sama! Gokil, andai kencengnya ‘Satria Junior’ ini sama kayak lifespan produknya yang kayak kilat…

 

Nggak Laku Karena Kemahalan

 

Suzuki Shogun Axelo - Satria F115 Youngstar

Yep… Nightmare duo!

 

Kenapa begitu cepat distop produksinya, Kang Eno? Nah, beberapa tahun pasca discontinue, pihak PT. SIS akhirnya buka suara perihal Satria F115 Young Star yang sama sekali nggak laku dipasaran! Pihak Suzuki Indonesia mengklaim penyebab kegagalan Young Star ada di blunder soal harga – yang menurut mereka terlalu mepet segmen diatasnya.

Saat awal dirilis 2015 silam, Satria F115 Young Star dibanderol Rp. 16,5 juta (Standard) & 16,8 juta (Versi MotoGP). Harga tersebut hampir sama dengan banderol motor bebek 125cc yang saat itu bermain di harga Rp. 17-18 jutaan.

 

Barang (Super) Langka

 

Suzuki Satria F115 Young Star

 

Sebagai bukti betapa gagalnya penjualan Suzuki Satria F115 Young Star, Brosist sekalian bisa cek langsung ke situs jual-beli sepeda motor bekas kenamaan di Indonesia. Satria Young Star bahkan lebih langka dari Suzuki RK Cool & Raider 125 yang notabene masuk kategori barang super rare.

Terus julukan yang tepat untuk Satria mungil ini apaan ya? Hyper Collector item gitu? Damn, ternyata benar-benar nggak laku dipasaran…!

 

Masih Diproduksi, Tapi…

 

Suzuki Satria F115 Young Star

 

Loh, tadi katanya sudah stop produksi? Ya, memang sudah discontinue kok! Akan tetapi, Suzuki Satria F115 Young Star masih diproduksi khusus untuk pasar ekspor ke Filipina – dengan nama Raider J115. Edan, ternyata ‘Pinoy’ doyan beginian…

Sebagai informasi, selain Satria Young Star, Suzuki Filipina juga sekaligus mengimport motor bebek lain seperti Satria F150 Injeksi (Raider R150 FI), Satria F150 Karburator (Raider R150), serta Smash FI (Shooter 115 FI).

 

10 comments

  • Ncex

    Masih lebih keren athlete face lift

  • alsylend

    lah di sono laku
    di sini ga laku

    btw kualitas import sama lokal suzuki sama ga ya?

  • aku bulan desember kemarin beli motor ini di salah satu delaer suzuki tangerang new old stock 12 juta, yah iseng aja biar di jalan ga ada yang nyamaain.. yah emang ga bisa kenceng sih tapi stabil di bawa 60-70 km perjam dan itu cukup buatku..

  • Agus

    Kasian kasian kasian

  • the_ebs

    ada lagi yg masih dijual di filipina, skydrive, tapi sudah pake FI.

  • Gobleh

    Menurut saya, tahun dimana desain Suzuki lagi bagus-bagusnya, keren-kerennya itu puncaknya di tahun 2010, contohnya shogun FL 125 a.k.a shogun robot, saya masih pelihara versi night rider vin 2010. Begitu masuk 2011, lahirlah axelo dengan desain yang unik (kalo gak mau disebut jelek). Beruntung banget keburu punya sebelum disuntik mati di akhir2 masa baktinya.
    Dijalan populasinya juga jarang, terasa exclusive gitu, wkwk.

  • ChrisNug

    Klo pke monosok mungkin ceritanya bakal lain.

  • kemahalan dan gak bisa di nego, sales suzuki sangat yakin ini motor akan laku keras makanya nego nya susah sekali dibandingkan gw nego MX King atau Vario 150. Bagusnya sih 125cc mesin Rider, Monoshock, Injeksi, Speedo Fu Karbu, TB 28MM kekx dah joss banget, harga pepetin di 19jt an msh bisa laku.

  • uzhenk

    Motor bagus.. tapi muahal.. lebih parah mahalnya dari kawak athlete

Tinggalkan Balasan