Apaan Sih: G-Sensor ABS di Honda CB150R Exmotion?

Inertial Measurement Unit

IMU

 

 

Berdasarkan penjelasan Wikipedia, Inertial Measurement Unit (IMU), adalah sebuah perangkat elektronik yang mengukur dan melaporkan kecepatan, orientasi, dan gaya gravitasi – menggunakan kombinasi akselerometer dan giroskop, kadang-kadang juga magnetometer.

 

Inertial Measurement Unit memanfaatkan akselerometer & giroskop untuk memantau axis sepeda motor berikut ini… Jadi, hampir semua level kemiringan bisa dikontrol!

 

Penjelasan gampang ala EA’s Blog, IMU ini adalah perangkat elektronik yang membaca seluruh keadaan sepeda motor. Bukan cuma kecepatan & putaran roda (kayak sensor ABS), tapi juga kondisi kemiringan motor, dan gaya gravitasi dari 3 axis yang berbeda.

3-Axis ini biasanya kita temui di kamera & kamera smartphone yang sudah menggunakan fitur Optical Image Stabilization… Yang berfungsi menyetabilkan sensor berdasarkan gerakan tangan, sehingga gambar yang dihasilkan nggak blur karena getaran tangan kita.

 

Hanya dengan menggerakan posisi smartphone, kendali game bisa dikontrol. Fungsi utama Accelerometer & Gyroscope…. Note: saya bukan fans Samsung.

 

Atau kalau kamera ber-OIS masih terlalu mahal untuk dirasakan, contoh lebih gampangnya juga ada di smartphone Brosist sekalian. Pernah main game balap yang mengandalkan orientasi layar? Game balap yang bisa belok kalau posisi smartphone kita miringkan?

 

 

Dalam kasus game di smartphone, sensor accelerometer & gyroscope yang ada membaca kondisi kemiringan smartphone… Hasil dari sensor tersebut kemudian diteruskan ke processing unit (CPU) alias otak dari semua sensor di smartphone… Sehingga game yang kita mainkan bisa belok dengan lancar, hanya dengan menggerakkan kemiringan smartphone masing-masing.

 

Anti-wheelie memanfaatkan perubahan sumbu (axis) Pitch, sementara Cornering ABS lebih bergantung ke sumbu Roll & Yaw… Gambaran sederhana pemanfaatan 3-axis di IMU.

 

Nah, seperti itu kira-kira fungsi Inertial Measurement Unit (IMU) di sepeda motor. Bedanya, sensor accelerometer & gyroscope tersebut tersimpan dalam paket IMU. Sementara posisi CPU digantikan oleh ECU, alias otak dibalik seluruh proses elektronik di sepeda motor. Proses tersebut yang nantinya menghasilkan fitur canggih seperti Cornering-ABS (kombinasi IMU & ABS), Anti Wheelie, Launch Control, Hill Start Assist, dll.

 

 

7 comments

Tinggalkan Balasan