Yamaha R25 Facelift, Ekspektasi Vs Realita

Masih ada yang ngarep Yamaha R25 Facelift bisa se-advanced CBR250RR? Bakal lebih nge-hype dari New Ninja 250R?

 

 

No. Not really. Saran EA’s Blog, lebih baik turunkan dulu deh level ekspektasinya… Karena kalau kita lihat dari beberapa jepretan spyshot terakhir, Yamaha R25 ini nampaknya lebih ke arah update logis… Persis New Ninja 250R. Bukan tipe Aura Kasih kayak CBR250RR.

Kira-kira begini kalau kita bikinin artikel khas “Ekspektasi vs Realita” ala EA’s Blog…

 

Desain

 

Yamaha R25 Facelift

Ketika Young Machine Japan sudah bersabda… Teuing, tulisannya apaan, nggak ngerti, wkwkwk…

Ekspektasi: Desain Yamaha R25 terbaru harus keren, kalau bisa dibikin mirip kayak R6 atau R1 terbaru. Muosok sport 250cc kalah cakep sama adiknya yang 150 #eh 155cc?

Realita: Desain keren itu relatif, tergantung siapa yang melihat… Kalau ada yang bilang desain R25 lawas sudah tergolong keren, pastinya bakal suka banget bocoran desain Yamaha R25 Facelift yang minimalis. Tapi kalau ngarep tampangnya bakal dirombak ekstrim, sangar, dan setajam CBR250RR, maka siap-siap kecewa.

 

Karena kalau Kita lihat dari bocoran spyshot terbaru, nggak begitu banyak ubahan di sisi tampilan Yamaha R25 Facelift. Cuma update di sisi tebeng depan dengan lampu LED, serta buritan yang nggak kalah sporty dari All-New R15. Sementara desain bodi samping & tangki sepertinya nggak bakal ada banyak ubahan demi menghemat cost.

 

Mesin 39,9999999 HP

 

Ekspektasi: Kalau sekarang sportbike 250cc bermain di kisaran angka power 37-38 HP, kenapa Yamaha R25 Facelift nggak bisa dibikin 39 HP?

Realita: Jadi begini……. Upgrade power itu gampang – selama ada duitnya. Tapi untuk membuat sebuah mesin yang kencang, plus punya daya tahan (durabilitas) tinggi – yang dibutuhkan bukan cuma uang, tapi juga membutuhkan waktu yang sangat panjang untuk proses development.

 

Mesin Yamaha R25 Current

Buat EA’s Blog, in my opinion, bisa mencapai angka ‘benchmark’ power-to-weight-ratio yang sama seperti Kawasaki New Ninja 250R atau CBR250RR itu sudah merupakan pencapaian tersendiri. Apalagi rumornya Yamaha R25 Facelift juga bakal disisipi fitur tambahan berupa Assist-Slipper Clutch yang bahkan belum ada di CBR250RR!

 

Detail Juara

 

Yamaha R25 Facelift

 

Ekspektasi: Ya kayak CBR250RR lah Kang… Mau mari perbandingan apa lagi? Kan nggak lucu kalau spek detailnya ‘standaran’ kayak Ninja 250 terbaru.

Realita: Kalau dilihat dari bocoran terakhir, kabar baiknya Yamaha R25 Facelift bakal kebagian suspensi depan upside down lho… Ukurannya 41mm pula, gambot euy!

Sayangnya, that’s it. Untuk detail lain yang lebih advanced, sepertinya fans Yamaha R25 harus bersabar menunggu 4-5 tahun lagi sampai R25 version 3 dirilis. Itu artinya, nggak ada riding mode, nggak ada swingarm aluminium, nggak ada kaliper cakram model baru, dan juga nggak ada ubahan velg.

 

Harga Paling Murah

 

 

Ekspektasi: Oke. Kalau ternyata spek Yamaha R25 Facelift bakal nggak terlalu spesial… Apakah nantinya bakal unggulkan harga jual yang terjangkau alias murmerceng, Kang Eno?

Realita: Saya yakin, Yamaha R25 Facelift bakal tetap mengandalkan harga jual yang lebih kompetitif dari pesaing, seperti versi lawasnya. Apalagi kalau kita lihat dari sisi harga, New Ninja 250R saat ini sudah menembus angka Rp. 62 jutaan – sementara CBR250RR justru lebih mahal lagi di angka Rp. 64 jutaan. Besar kemungkinan, harga Yamaha R25 Facelift bakal diset dibawah 60 jutaan.

 

 

Masalahnya cuma satu, Honda terlebih dulu mengantisipasi hal tersebut dengan menghadirkan CBR250RR ‘Versi Murah’ dengan banderol Rp. 59,9 juta. Nah ini pasti bikin Yamaha mumet kasih harga sesuai untuk R25 Facelift. Karena mau nggak mau, harganya harus dibawah 59 juta – which is mepet versi lawasnya yang saat ini dibanderol Rp. 57 jutaan.

Nah ini dia keputusan yang harus kita tunggu dari Yamaha.

 

Final Words

 

 

Dari apa yang kita lihat di beberapa jepretan spyshot terakhir, sosok Yamaha R25 Facelift ternyata memang belum bisa lepas dari dilema pelik yang selama ini menghantui… Persis seperti apa yang pernah kita bahas di artikel terdahulu: Dilema Yamaha YZF R25 Facelift

Pertama, statusnya sebagai motor global (bareng YZF R3) bakal menyulitkan jalan Yamaha R25 Facelift untuk mendapatkan spek fantastis. Karena konsep R3 – sportbike dengan fitur seadanya tapi value tinggi – diluar sana masih laku keras. Buat apaan dirubah? Nah kalau konsep Yamaha R3 nggak dirubah, jangan harap R25 terbaru juga bakal ikutan dirombak total… Karena keduanya punya basis yang sama.

 

 

Kedua, kondisi market sport 250cc yang cenderung menurun juga jadi penyebab Yamaua R25 Facelift terkesan ‘layu sebelum berkembang’. Karena kalau dipikir-pikir, “ngapain develop ulang motor yang cuma terjual ratusan unit perbulan? Mending urus yang terjual ribuan, hingga puluhan ribu unit perbulan”. Jadi jangan heran kalau kedepannya XMAX 250 bakal punya fitur & detail yang bahkan lebih ciamik dari sportbike 250cc Yamaha.

Sementara Yamaha R25 Facelift? Semoga saja nggak terkesan cuma jadi penggembira di pasar 1/4 liter.

 

 

17 comments

  • krisandra

    Pasar 250cc yang lesu membaut RND nya lambat

  • Bbwolf

    We need more than two fifty,

  • niceguy

    Kalau R25 sudah ketebak arah desainnya, kira2 untuk MT25 apa bakal ngikutin seperti xabre juga nggak ya?

  • Thurston River

    CBR250RR di untungin sama pemasarannya yang rada sempit hanya beberapa negara asia aja soal spek ga seribet negara eropa/amerika, kalo YZF-R25 sama Ninja 250 udah produk global yang mau gak mau kudu nurutin designer marketing mereka biar sesuai sama negara yang di tuju tanpa harus keluar biaya cost lain biar sesuain spek buat negara di tuju.

    dari dulu ga ekspektasi gede buat next R25 sama Ninja 250 bisa se wow CBR250RR mereka produk global otomatis bermain aman soal spek/fitur.
    Entah nanti CBR250RR kalo misalkan mereka keluarin beast versionnya yang di namain SP1/SP2

  • harapannya cuma GSX-R250 kang. R25 is out of competition lagh. liat spyshoots (puke)

    • Siap terima kenyataan desn “wajah” suzuki kan?

      • Sapilaut

        Kenapa dgn wajah suzuki kang? Bagus2 aja kok kaya gsx-r150. Simple everlasting dan punya karakter kuat.

        • Lantas kenapa cuma laku “segitu”?
          Sorry, no offense

          • Faishol Alma'un

            Bagi saya, tak ada yg salah dengan product Suzuki kok kang. Yg sering saya lihat malah mereka kurang tajam di product knowledge ujung tombaknya dilapangan plus 3Snya yg kesini makin ancur (sorry to say)
            Saya suka dengan produk Suzuki, pengen rasanya bisa servis “dikandang sendiri” bukan dibengkel “teman”

          • Sapilaut

            Karena dia terlahir sebagai suzuki kang

          • Sapilaut

            Klo mau bahas MS, R15 yg superior secara desain dan fitur jg masih keponthal2 lawan honda kok. Intinya logo yang ditempel di tangki yang menentukan penjualan kang

  • topman

    ya harusnya dengan spek minimalis new R25 main di desain, mumpung 2 seterunya secara desain lagi ‘kurang disukai’
    bayangkan seperti baju R155, upside-down + mesin GSX-R150 diterapkan ke R25 ini.. minimalis tapi sangat menjual

  • Mata Kail

    mrnt ane sih desain yang skrg udah bagus, gak neko2.. apalagi faktor produk global, mesti main aman buat facelift.
    yg agak sayang emang dimensinya, kecil utk ukuran 250 cc..
    dimensi 11 12 dengan New R15 155..

  • Komentator

    New model scoop young machine…..
    Eta katakana…tapi bukan katakan “terangkan lah” kang eno..
    Hurup kanji nya…sudah lupa …maklum di indonesia kebayakan micin sama cireng…

Tinggalkan Balasan