Tak Ada Exmotion, Yamaha Xabre Facelift Pun Jadi…

Yamaha Xabre Facelift alias MT-15 alias Vixion RRRRRR, atau apapun namanya nanti – based on spyshot – layak jadi naked bike paling ditunggu di 2019 mendatang.

 

 

Di awal kehadirannya, Yamaha Xabre adalah sosok pembeda dikancah naked-bike 150cc. Motor ini jadi satu-satunya yang sudah pakai suspensi depan upside down, swingarm alumunium, velg Y-spoke, plus desain yang segarang tim sukses kampanye pilpres. Plus harganya juga masih dibawah YZF R15… Klop!

 

Yamaha Xabre 2016

 

Kalau saja waktu itu petinggi Yamaha nggak super angkuh dan bikin sensasi bawa-bawa nama blogger di sosial media, EA’s Blog mungkin bakal hype unitnya… Apalagi, saat itu saya posisi saya sedang cari motor baru. Tapi akhirnya ya gitu, semuanya jadi ilfeel.

 

 

Namun setelah pabrikan garputala move-on dari mesin 150cc LC4V ke 155cc SOHC with VVA, Xabre jadi kelihatan outdated banget dari sisi teknis. Motor yang namanya terinspirasi film Star Wars ini bahkan kalah dari Yamaha Vixion R dalam hal permesinan. 3 tahun berselang, finally, Yamaha Xabre Facelift mulai menunjukkan batang hidungnya.

 

Yamaha Xabre Facelift

 

Dan seperti pendahulunya, Yamaha Xabre Facelift juga punya unsur surprise yang luar biasa. Silahkan lihat langsung desainnya lewat foto spyshot Lek Iwanbanaran pada gambar diatas… Ajegile, keren banget ya!?

Saya nggak mau bahas perbedaan detailnya dengan versi lawas, karena Brosist bisa langsung cek di blog-blog yang tersebar di google search. Yang mau saya bahas adalah perbedaan dari sisi non-teknisnya. Yup, kalau Brosist sekalian ngeh, spyshot Xabre edisi lawas berawal dari Thailand & Vietnam lho!

 

 

Pun demikian dengan perilisannya, Thailand jadi negara pertama yang kebagian Yamaha Xabre (M-Slaz) pada tanggal 2 Desember 2015… Disusul Indonesia (Januari 2016), Vietnam (Agustus 2016) & Filipina (September 2016). Apakah ini tandanya Yamaha Xabre Facelift bakal lebih disesuaikan dan ditujukan untuk pasar Indonesia? I hope so.

Satu hal yang jelas, ergonominya nampak sedikit berubah. Dari pengamatan EA’s Blog, jadi lebih terasa ala naked bike tulen, dibanding edisi lawas yang ala Supermoto. Dan kabar baik kedua, jok Yamaha Xabre Facelift ternyata sudah pakai model tandem & bakal bersahabat banget buat boncenger. Nah ini nih yang paling saya suka. Fungsional, tapi tanpa mengorbankan tampang! Catat tuh…. #ehem Suzuki.

 

 

Tampang kece, detail seeksotis versi lawas, dan mesin 155cc VVA terbaru ala All-New R15. Konsep yang brilian untuk mewujudkan nama Yamaha MT-15…!

Tapi jangan sekali-kali ngarep harganya bisa murah ya, apalagi bisa dibawah harga Yamaha Vixion R. Prediksi ngawur ala EA’s Blog sih soal banderol tetap nggak bakal beda seperti pendahulunya… Which is dibawah harga All-New R15 yang saat ini tembus Rp. 35 jutaan.

32 jutaan mungkin, setuju?

 

Yamaha Xabre Facelift

 

Kok motor makin mahal wae ya Kang Eno? Lho, masa mau semua kelas naked-bike 150cc pakai spek yang biasa aja kayak Suzuki GSX150 Bandit? Jangan dong, nggak ada kemajuan! Lagipula kalau soal harga miring, silahkan lihat harga Yamaha Xabre Secondhand… Gila tuh harga secondnya sudah sampai ke angka Rp. 15 jutaan (2016)!

Harus ada juga produk yang jadi pembeda, sosok yang bisa bikin part upside down & swingarm alumunium yang tabu dikelas ini jadi sesuatu yang sifatnya mass-produced. Sosok yang nantinya bikin Honda (AHM) dipaksa keluarkan CB150R Exmotion ke pasar Indonesia… Tapi seperti judul artikel ini, Tak Ada Exmotion, Yamaha Xabre Facelift Pun Jadi…

 

51 comments

  • Lone Rider

    Dan yamaha xabre green army saya nanti akan kelihatan seperti veteran perang yg mengalami post war syndrome

  • topman

    dan sy pun sesenggukan di pojok ruang sambil ngelus2 xabre merah

  • Gsx

    Plastik na masih loba teing…

  • Kabar Burung

    Copot rear fender. ..ganti mudguard..
    Mantabbbbsss.

  • Reteng

    Kenalpotnya ganti underbelly mantep kayaknya kang

    • enoanderson

      Pasti dong, eces lah modip knalpot & mudguard. Daripada modip sasis, swingarm & upside down, beraaaattt, wkwkwk

      • udin petot

        ini lagi ngomoning maling 150 sese ya

        • jossslahh

          Kalo harga katakanlah 33 juta..si maling maen 23 jta..beda 10 juta..ecessslahh beli usd cinak 5 juta sisa 5 jta buat beli penambah ganteng..teleskopik bawaan dijual lagi,800 pun laku..tmbah buat modif..total masih sisa 5.8,buat beli swing arm,sendalpot,lampu depan,cukuplah…yg g bisa dimodif ntu kitiran 13 rpm tp g bengek n g geter,bisa g modif gitu???

          • enoanderson

            Begini kang. Modip kaki-kaki nggak segampang yang kita kira. Kecuali ada duitnya, baru deh semuanya jadi gampang… Which is berkebalikan dengan komen diatas. Ambil contoh upside down aja deh.

            Kecuali yang logo “S” itu sudah penuhin janjinya rilis upside down SARP yang plug n play. Sekarang usd assy (set) xabre lawas masih manteng 6 jutaan. Okelah bisa 5,5 kalo jual teleskopik aslinya. Tapi masangnya? Printilannya, komstirnya, bubutnya, breketnya, gratis gitu?

            Belum swingarm, braket, sesuaian sasis, modip sasis pake tubular (biar kelihatan keker dikit), ban. Coba hitung2 lagi deh.

            Makanya saya selalu suka motor yang partnya wah, beda dari sekelasnya. Selain emang cakep (ya iyalah), ini juga bisa jadi kemajuan buat tipe produk lain yang masih satu brand.

            Gitu aja.

          • jossslahh

            Ohh…jd gitu ya kang eno..
            Modif kaki kaki mahal ternyata…pantes crf hrga beda jauh ma verza..
            Tuhh dengerin tuh itayama san,dsni mesin no.13..yg no satu tmpilan…bikin aja naked yg gantheng,pake usd 43 mm,arm banana,ban gambot 150/60,tmpilan aduhai,rem depan double,radial semua,sendalpot underbelly,headlam sangar,mesin pake.in aja mesin titan,hrga ksh 30 jeti….dijamin laku kerasssssss sukan..

  • Infatri

    Kalo beneran pake mesin r15 boleh lah nyomot sebiji buat pelampiasan alter ego hehe

  • anonymous

    pinter nih yamaha dgn xabre facelift kayanya prepare duluan sebelum ahm boyong / lokalin exmotion. atau sengaja mancing ahm?? hmm… we’ll see

  • anti_mainstream

    andai saya jomblo… udh tak bawa ke KUA ni xabre…..(lirik jok nya yg ngirit)

  • Alsylend

    Kalau yamaha mmg serius jualan
    Dengerin kata gw

    Buatin wadah bwt mantel 2 biji
    Drpd kompong di tutupi mending di manfaatkan

    Tempat mantel bisa jadi senjata bwt bertahan dr gempuran matic

  • Vendeta

    kerentuh…aksesorisnya pnp gak ya ma xabre laws?
    #ngarep

  • Pengendaramoge

    Anjay kalimat penutup nya wkwkwkwk. Tergantung sih kang eno, kl motor I.C.E tapi suaranya kayak e-bike masih banyak yg suka untuk apa harus mendatangkan motor eksotis exmotion?

    • exmotion exotis dari mananya? swing armnya aja baja biasa, kalo MT15 aluminium.

        • kaliper radial? b aja kali, emangnya mau balapan pake motornya? swing armnya juga bukan aluminium, swing armnya sejenis punya R25. baca aja di IWB.

          • enoanderson

            Komen ini sebenernya gampang banget balikinnya. Tapi nggak apa2 lah biar FBY senang.

            Oiya, kalo mau banggain calon xabre facelift nanti bukan swingarmnya mas, tapi mesin nya. Nanti kalo prothol dimaterai lagi lho.

          • hehe gw dicap fb, gpp kang. balikin aja, gw sih gak peduli kalau kenyataannya MT15 tidak seeksotik CB150R, gw cuma penasaran aja apa yang membuat situ bisa bilang CB150R ex seeksotik itu.
            mesinnya sama persis dengan CB150R di sini, 16.8 bhp @9000 rpm, 13.7 nm @7000 rpm. sedangkan mesin calon MT15 sudah jelas 19,3 BHP @10000 rpm, material kelas wahid (piston speed 22 m/s). rangkanya? sudah sewajarnya rangka CB150R lokal sama seperti milik exmotion untuk kekuatan yang lebih baik. yang gw lihat lebih baik dari calon MT15 cuma kaliper radial, usd 43 mm, ada lagi….?

          • enoanderson

            Begini kang.

            – USD 41mm + Radial 4-Piston. Kecuali di Duke 200 yang harganya amazing, ini part yang masih gress banget dipakai di kelas 150cc japanese – bahkan belum ada di 250cc (konon katanya baru dikembangin di next R25). Di Aliexpress (Made in China) sekalipun, yang perkembangan manufakturnya secepet kilat, ini masih jarang banget. Saya baru nemu 1 unit, merk XUANKUN pengganti buat CFMoto NK. Itupun harganya lebih dari $400 cuma buat SEPASANG GARPU SHOCK doang. Belum termasuk segitiga, clamp, raiser, kaliper radial, dll. Yang mirip Honda CB190F / Xabre sih banyak, bisa langsung cek sendiri.

            – ABS dual channel + G-sensor. ABSnya sih biasa, di NMAX tipe ABS pun sudah ada, lagipula statusnya masih opsional. Poin pentingnya di G-Sensor, yang fungsinya persis IMU tapi versi murah – kontrol derajat kemiringan, kemudian input data ke ECU > modul ABS > kurangi tekanan minyak rem.

            – Velg lebar + Ban. Mungkin velgnya setara All-New R15, tapi bannya jelas lebih lebar. Bukan cuma lebar doang, ban standarnya Dunlop Sportmax GPR-300 Radial. Mau dibandingin kayak IRC Road Looser eh Winner yang dipake di spyshot Xabre Facelift? Bahkan dibanding ban ZED saya sekalipun (Pirelli Angel CT), masih jauh lebih unggul. Hasilnya apa? Ban ini jadi lebih murah dipasaran. Silahkan kalau mau nyuruh semua konsumen Xabre facelift ganti ban pake Pirelli Supercorsa yang lebih bagus. Tau kan harganya?

            – Mesinnya biasa aja kok, bahkan faktanya BUATAN AHM juga lho kang! Tapi ya gitu, versi Thai speknya sudah EURO 6. Jauh lebih unggul mesin 155cc VVA + ASC punya Xabre facelift.

            – Dengan keunggulan diatas, bobotnya harusnya lebih berat dari Xabre lawas dong. Tapi faktanya? Silahkan cek sendiri datasheet spek keduanya.

            Efek domino nya yang bikin saya respect ke speknya. Yamaha Indonesia juga sama kok, lihat spek R15? Sudah mulai nurun ke tipe produk lain kan? Jauh banget sama AHM yang bener2 pelit development part eksotik.
            Xabre Facelift juga eksotik kok, jangan salah. Kalau bagus saya juga bakal bantu hype, meskipun petinggi pabrikannya kelihatan sama sekali nggak naruh respect ke saya.
            Kesungguhan & keberanian A.P. Honda Thailand itu yang bikin beda. Karena inget, CB-series neo sport cafe (which is keren banget dimata saya) untuk regional Asia lahir dari Exmotion.

          • nah menurut Mas Eno, yang membuat CB150R exmotion exotis radial kaliper, USD 41 mm dan elektronik. kalau ban gw rasa tidak termasuk, karena pabrikan motor manapun bisa menggunakan ban spek tinggi dengan harga jual yang lebih tinggi, jadi lebih ke preference pasar. contohnya orang yang pas2an dan memang gak pernah ke sirkuit mungkin lebih memilih IRC RX-01 daripada dunlop sportmax, selain ban yang lebih awet harga jual juga lebih murah.

            nah menurut gw ya, radial kaliper memang secara spek lebih unggul dari axial kaliper, tapi kita2 yang belum tentu pernah riding di sirkuit sepertinya kind of useless, apalagi berdasarkan review di luar negeri, performance radial kaliper milik RC200 lebih buruk dari axial kaliper milik Ninja 400, honda CBR300R, bahkan R3, jadi seperti mengesampingkan performa demi mengejar tampilan, belum tau sih performa kalipernya xmotion. but still, it is a big plus for CB150R exmotion, dan memang membuatnya lebih exotis dari kompetitor.

            elektroniknya memang lebih canggih dari motor2 sekelasnya. props to AP thai for that. USD 41 mm memang terlihat lebih baik dari 37 mm, tapi spesifikasi suspensi tidak terletak pada ukurannya, tapi pada isinya, dan kita belum pernah melihat perbandingan USD suspension M-Slaz dan CB150R exmotion. mungkin mas Eno sudah?

            yang bikin saya kurang setuju dengan sebutan exotis untuk cb150r exmotion adalah swing arm yang masih baja hollow dan mesin yang sub-par. soalnya seperti mas eno sendiri sering tuangkan di artikel, hal2 yang membedakan motor2 eksotik biasanya terletak pada material dan spesifikasi mesin, namun CB150R exmotion gagal dalam kedua hal tersebut.

          • enoanderson

            Paragraf 1,2,3 mendingan dibuktiin aja kalo udah masuk kesini ya kang. Biar jelas, spek dahsyat dari A.P Honda Thai tadi gimmick atau real. Kita disini based on specs aja, soalnya baru beberapa blogger juga sih yang udah liat langsung di Thailand sana. Saya mah apa atuh.

            Buat paragraf terakhir, saya kurang setuju. Karena kalau mau jujur, case swingarm Xabre lawas (yang sampai intervensi materai) masih saya inget banget. Bukan cuma itu aja, bisa cek sendiri build swingarm almu Xabre lawas itu kayak apa, kopong. Sama kayak “Alumunium Deltabox” yang ternyata cuma lempeng doang. Semoga di Xabre facelift bisa balik lagi pake swingam punya R15 lawas yang keren, tapi berat (dan mahal). Atau minimal pake AN R15 lah yang udah minim keluhan.

            Kesimpulannya terserah sih, masing2 punya opini. Saya pikir penjabaran sebelumnya udah cukup jelas buat pembaca disini ambil kesimpulan, capek ngetik ulang lagi, wkwkwk…

          • mau meluruskan saja, Yamaha gak pernah bilang R125, R15, MT125 pake aluminium deltabox, tapi steel deltabox, tertera di website Yamaha EU. untuk swing armnya saya yakin yang baru lebih terjamin, karena menggunakan swing arm R15 v3 menggunakan konstruksi berbentuk huruf X seperti KTM rc/duke 200-390. kalau yang generasi 2016 milik R15 dan Xabre emang kualitasnya parah, tipis dan tidak menggunakan konstruksi X alias polos.

          • alsylend

            terusin oi jangan berhenti

            kalau bisa sampai next artikel lah

          • enoanderson

            Ogah, kagak dibayar buat ngulang komen, wkwkwk

          • Nero

            Deltabox katanya aluminium.. tapi kok karatan.. mungkin yg murni aluminium untuk versi ekspor kali ya.. yg lokal diubah jadi campuran besi dan baja ringan.. banyak tu rangka deltabox yg karatan..

        • sori aja gw gak pernah asal ngomong. no offence, situ cari website resmi yang bilang cb150r exmotion yang pake aluminium swing arm. di website resmi AP thai aja gak disebut.

          • enoanderson

            Lho, situ kan tanya “exmotion exotis dari mananya?”

            Lha itu saya bantu jawab. Oiya, swingarmnya memang baja, bukan alumunium. Sudah pernah saya koreksi di artikel lawas.

          • Ceberus

            Terus mang lanjutin, saya ga suka kalian akur! Wkwkw.. xD

          • subaru

            Sebagai netijen saya suka lihat keributan

        • ChrisNug

          Sayangnya ExMotion kurang laku di negara asalnya gara2 kemahalan.

          Kata lik IWB sih…

  • Irwin

    modrelnya mirip FZ-1 1000CC

  • yanu

    tinggal ganti knalpot aftermarket yang niscaya bakal tersedia model underbelly lalu ganti headlamp bulet jadi dah MT exmosien wkwkwk..

  • Banditbandot

    Sayang banget masih merk karbu karat. Coba mereknya ganti satu sayap pasti beeitanya sahut sahutan sampai 1 bulan g habis habis.

  • enoanderson

    Summon…. Jones mania!

  • My Name..

    Seharusnya desain vixion itu sealiran seperti ini…desain doang lah meskipun gak pake usd, buat menekan harga…
    yang gak saya suka dari xabre, ya boncengannya itu lo, panjangin dikit lagi lah, masih mending ini sih daripada si gesex s..

  • bose

    Judulnya kaya orang putus asa nungguin exmotion kang…hahaha…berharap rangka cb.exmo aja yg dibawa kesini buat nggantiin rangka cb150r…mungkin ngga ya?udah ngga nuntut banyak lho ini…wkwkwk

  • DBS 31

    Kang Eno kok sekarang banyak dedemitnya kang yang komentar,

  • Umay

    Nyiiirr, sehu uing mang eno keur diwerejit uy ku komen….hampura ah SEHU,oal bs mantuan…kop mere…sugan mangseng kna sirah…hahaha…salam silat jari we(ngetik nepi ka pabeulit ramo)…
    Ayo..ayo..sapa lg yg mo jajal mang eno…. :^ )
    …round 2…

  • robotic.munky

    wah ada FBY (anggap aja FBY) nge-gas gara2 si sebeexmosian dibilang eksotik tik tik . . .

    yang eksotis tuh ducati 916 aja kali……

  • mirsani

    kok kaya kesel njenengan y Mas..hehe

  • Kak tera

    Harga 33jt’n

  • Bowo

    Iyuuh daripada xabre yang ga jelas ini.. mending wr150 segera dilaunch

Tinggalkan Balasan