Forza 250 Jadi Motor Terlaris Honda di GIIAS 2018, Apa Kata Konsumen?

Mau tahu kenapa sampai detik ini EA’s Blog belum bahas soal Honda Forza 250? Artikel ini jawabannya.

 

 

2 kali datang ke booth Honda di GIIAS 2018, 2 kali pula saya dikecewakan. Pertama saat undangan resmi dari PT. Astra Honda Motor pada jumat lalu. Kemudian saat ada liputan Astra Financial beberapa hari kemarin. Nggak weekend… Nggak weekdays… Honda Forza 250 selalu penuh dikerubung calon konsumen dan para kepo-ers!

 

Honda Forza 250

 

Saya nggak dibayar Honda buat tulis kalimat diatas (bahkan ongkos bensin undangan pun nggak diganti), tapi memang begitu faktanya. Buat fans Honda, animo semasif ini terhadap Forza 250 mungkin termasuk kabar baik. Sangat baik.

Tapi buat saya, as a blogger, ngeselin tau nggak sih! Karena unit pajangannya cuma ada 2 – dan keduanya penuh sesak dikerubung orang – EA’s Blog jadi nggak bisa eksplor unitnya secara detail. Catat, saya nggak pernah sekalipun mau mengganggu mood konsumen di area pameran… Karena konsumen adalah raja. Saya mah apa atuh. Jelata.

 

 

Dan pengamatan saya sedikitnya terbukti… Kemarin EA’s Blog dikirimkan press release resmi PT. AHM, berisi catatan penjualan Honda selama gelaran GIIAS 2018. Yang saya kaget bukan angkanya (karena jujur aja, nggak ada yang ngagetin kalau kita kaitkan antara ANGKA & AHM)… Tapi sosok motor yang paling laris selama pameran otomotif yang gueedeeee banget ini ternyata Honda Forza 250!

 

Honda Forza 250

 

Honda Forza 250 mencatatkan angka pesanan sebanyak 321 unit! Meninggalkan catatan penjualan CBR250RR (56 unit), Vario-series (66 unit) & Scoopy eSP (47 unit). Yang lebih gokilnya lagi, Forza 250 bahkan melibas angka pesanan Honda PCX Lokal (190 unit)!

Karena shock belakang Forza 250 lebih lurus dari PCX Lokal, makanya bisa lebih laris? Hmmmm, bisa jadi…

 

 

Untungnya, saat mengunjungi booth Honda, EA’s Blog sempat ngobrol langsung dengan salah satu pembeli Honda Forza 250 yang baru saja membayar uang tanda jadi. At first, saya menyangka kalau tampang & fiturnya yang bakal jadi daya tarik utama sang maxi-scooter 250cc besutan A.P. Honda Thailand tersebut. Tapi faktanya, justru agak sedikit melenceng.

 

 

Alasan utama beliau minat Honda Forza 250 adalah karena harganya (Rp. 70 jutaan, estimasi) tergolong worthed banget. Bahkan sekalipun jika dibandingkan dengan Yamaha XMAX 250 yang banderolnya lebih murah 11-12 jutaan. Edan, orang Indonesia duitnya kenceng euy…!

Alasan kedua, adalah karena dimensi Honda Forza 250 yang lebih bersahabat dari XMAX 250. Saya nggak mau bilang Forza kecil, karena faktanya, kalau dibanding BeAT atau Vario, ya jelas jauh lebih gueedeee. Beliau menegaskan yang paling terasa ada dibagian buritan, dimana body belakang nggak membuat boncenger dipaksa ngangkang sejadi-jadinya seperti saat dibonceng XMAX.

 

 

Dan yang terakhir, tentu saja kualitas A.P. Honda Thailand yang susah banget buat dilupakan. Pemilik Honda PCX CBU mengutarakan puas dengan fitur & build quality yang ditawarkan Forza 250. Dan rela menunggu, meskipun unitnya baru mulai dikirim ke konsumen pada Oktober 2018 mendatang.

 

30 comments

  • Mustofa

    klo dilokalkan jadi murah gak kang…atau malah jdi ‘murahan’ ??? Oops….

  • guest

    Test moderasi…

    Kok ga kapok ya jadi kelinci percobaan AHM. Ngeliat animonya nih motor ga lama lagi juga keluar lokalnya. Pas gitu yg punya CBU tinggal nangis aja cari sparepart. Beda memang kalau orang kaya hehehe

    #kapokmukapan

  • Kick

    Karena orang pinter itu gak banyak

    • robotic.munky

      Emang ga banyak bro jumlahnya. Makanya secara bisnis, jualan dengan target orang bego lebih menguntungkan.

      Yg bodoh justru pabrikan yg punya target orang pinter. udah tau jumlah orang pinter cuma dikit, masih belom pindah haluan juga sampe skarang. Zalam zmart deh……..

    • enoanderson

      Kalo banyak yang pinter, berarti banyak juga yang nggak pinter.
      Kalo pinter semua nanti kek Squidward pindah ke perumahan baru…

    • Colimen

      Nah itu lah fby,ngatain yang banyak duit dibilang ga pinter?..iya deh,mreka cuma bisa nyari duit,biar kebeli motor mahal,ga kaya fby yg cuma jasjesjos doang liat produk smart, beli kagak..pantesan MS-nya nyungsep..

  • Azura

    Masih tetap “cinta” motor fairing kang.
    😀

    Tapi jd teringat kata2 “smua akan matic pada waktunya”
    #eh

    • enoanderson

      Saya masih naked. Matic sih udah punya kang, dari dulu malah, wkwkwk… Tapi Maxi-scooter, so far, NO!

  • topman

    ada 3 dipajang kang Eno, tapi di 3 booth yg jauhnya ujung ke ujung
    satu putih yg foto ini, grey di booth ahm koridor, sama grey di booth yg khusus motor/sparepart

  • Commoner

    Kalo udah demen mah gitu, apalagi CBU build qualitynya menghipnotis.
    Btw koq belum bahas Viar Mang.??

  • Nararider

    Artikel yang kedua dari bang eno sepanjang pengamatan saya menyimak blognya yang memuji produk dari honda selain dulu pas kehadiran CBR 250rr…..berarti memang benar si forza ini pasti keren built qualitynya

    • enoanderson

      Gak cuma 250RR kang, kalo rajin baca ada Rebel CMX500, Scoopy R12, BeAT eSP & CRF250 Rally juga kok.

      Btw, Forza emang tjakep sih. Saya emang bukan fans Maxi-scooter, but i like it!

  • Putra

    dari 321 pemesan berapa puluh persen yg beli secara kredit dan cash?, kalau banyak yg kredit ya pasti laris, tinggal pusing di cicilan 😀

  • Hanya buih di lautan

    Mungkin ga sampai pertengahan tahun 2019 nih motor akan ada versi lokalnya, yg kepengen dengan harga terjangkau silakan bersabar, karena lagi on progres.. kode project nya K**A.. sorry saya sensor..

  • Penggembala domba mbeat

    Pembunuh….
    Pembasmi….
    Penjegal….
    Penumpas….
    Perampas…
    Xmax 250…

  • emblue

    Kualitas APHonda menang ajib sejak lahirnya Nova Sonic menyaksikan sendiri. Konsumen skrg cerdas, ga makan merk doank.

  • Iwanmaros

    Banyak yg puji built quality thailand dari Ahm. Bagi saya bkn karena ahm gak bisa menyamai atau bahkan melebihi. Bisa sekali malah. Tp GAK MAU!!!!! karena tau psikologi orang indo ( yg kebanyakan yg dikasi paint quality ala kadarnya yg penting pas beli lkelihatan baru dan 3 bln kemudian motor jd kliatan biasa saja) yg pemaaf, terlalu toleransi dikasi produk secukupnya. Buktinya dulu waktu federal kinclong dan tebal semua cat honda. Sy ingat honda grand sy yg bagian atas tangkinya sampai tua tetap hitam mengkilat. Nah ini helm in saya atas tangkinya sdh banyak gurat guratan tipis garis karat.

  • Iwanmaros

    Banyak yg puji built quality ap honda thailand setinggi langit. Bagi sy bkn ahm gak bisa. TP GAK MAU!!!! kalau kasi paint quality secukupnya dan body plastik tipis dan gampang renggang aja laku, ngapain dikasi bagus. Buktinya waktu zaman federal kan bagus. Bagian atas tangki honda grand sy masih kinclong sampai sekarang. Nah helm ini sy malah sdh banyak guratan guratan garis tipis karat. Ahm tuh mau untung gede kasi ala kadarnya kyak avanza dan xenia nya.

    • Rian

      Sebelom taun 2000an itu hampir semua produk honda di indonesia itu CKD dari jepang/thai, makanya partnya masih oke, disini tinggal di rakit tapi setelah masuk 2000an abia krismon mereka netapin strategi bisnis yang judulnya efisiensi makanya jadi lahh sekarang

Tinggalkan Balasan