Honda Super Cub C125

The Heritage of Honda Super Cub C125… Now Gone!

Intro

Honda Super Cub C125 mungkin punya styling yang identik dengan versi originalnya yang dirilis tahun 1958 lalu. Tapi, something is missing…

 

 

60 tahun yang lalu, hadirlah motor berdesain timeless, bandel, tangguh, friendly, murah meriah, menjangkau semua golongan, dan punya durability lebih kuat dari badak. Namanya Honda Super Cub.

 

 

Jika Brosist berfikir di artikel ini EA’s Blog bakal bully Honda Super Cub C125 yang harganya amit-amit dan nggak sebanding dengan spek & fiturnya… Atau kalau cari urusan perbandingan harga yang 3 kali lipat Supra X 125, tapi spek mesinnya mirip, go somewhere else.

Sudah banyak rekan blogger lain yang bikin artikelnya, dan nggak sedikit juga yang ikut-ikutan bikin artikel model begitu.

 

 

Karena menurut EA’s Blog, ada poin lain yang lebih penting untuk dibahas soal kehadiran Honda Super Cub C125 di Indonesia. Dan hal tersebut, bahkan jauh lebih nyelekit dibanding bahas spek & harganya.

Tapi sebelum melangkah lebih jauh, alangkah baiknya kalau kita mengetahui dulu sejarah singkat dari Honda Super Cub original.

 

38 comments

  • Ryan

    Waduh dalamnya filosofi supercub ini,personifikasinya ngena banget sampe buat kita berpikir, ketika kita sudah di atas, kita bisa lupa tujuan kita sewaktu dibawah

  • Reteng

    Mantap kang .

  • Ian

    Salut beperti yang ane pikirin jg gan.

    Satu hal yang hilang adalah esensi “motor perjuangan”. Dulunya Cub adalah motor kuda beban para masyarakat kelas bawah yang berjuang untuk hidup hari demi hari, yang tahan segala medan dan segala siksaan, Cub saat ini adalah motor horangkayahhh, eman2 kalo sampe lecet, apalagi kena poldur..

  • dik2

    Kesang nepi k bool, njir aya* wae si mang mah

    Tanya nih mang emang harga di thailand berapa klo di konversi k rupiah, emang sekarang ehem udah kebangetan main harga(dari dulu juga sih), dan bq yg kian jelek, dan status impor yg jadi alasan semua motor ehem jadi mahal padahal tetangga sebelah pun bisa jual dengan harga wajar.

    Jujur sebagai fbh saya kecewa karena ehem, dimata masyarakat awam seakan jadi hilang filosofi yg dipegang opa Soichiro yg membangun motor sepenuh hati dan tenaga juga pikiran(dan juga ide gila yg berhasil bikin orang bengong) dan dengan susah payah membangun nama brand ini jadi besar, ya moga kedepannya ehem lebih baik

    Liat nr750 jadi inget game tourist trophy mang

    • enoanderson

      Masalahnya, nggak ada pembanding harga dari negara asalnya (Thailand) kang. Pembanding satu-satunya cuma di Jepang (Rp. 52 jutaan), dan mungkin itu yang dimanfaatkan AHM.

    • dik2

      Lah? Di thailand belum launching mang?

  • dik2

    kena jaring mang

  • Rudee

    Honda Supercub apa identik dengan Honda 70?

    • topman

      iya, di indo lebih terkenal honda C70 (pispot/pitung), supercub lebih terkenal yg next gen headlamp/taillamp kotak sein di tebeng, tapi sasis ga berubah
      mungkin di jepang sana nama awalnya emang supercub

  • Abs

    pertama tau ini motor bakal diboyong kemari via ahm, ekspektasi harganya sh udah pasti ngga banget, balik ke kasus pcx atau sempak 150 yg tembus 40an jt. dan bener aja lho. malah yg ini bisa tembus sampe 50an jt, gembel! entah ya mungkin lagi dimanfaatin buat menyasar biker yg demen motor tua antik cling cling yg harganya bisa tembus puluhan juta. atau emang dari AP Honda nya sendiri udah mahal (mencoba positive thinking)

  • kalau ini sih bisa di artikan bagai 2 gadis kembar yg sama cantiknya satunya tinggal didusun yg mau kerja keras yaitu super cub yg lama . sementara c125 ini kayak siti badriah yg nyanyi lagi syantik…. aka manja puolll. yakin yang beli ni motor gk dipake riding tpi dinaikin trailer karena takut kecipratan lumpur

  • subaru

    Ai dari awal udah ngira harganya pasti mahal minimum 40 jutaan tapi ga nyangka juga tembus 50
    Cuma kurang suka sama velg yang seharusnya jari2 dan shockbreaker depan yang jika dibuat seperti model awal akan sangat sempurna

  • Fery ace

    Widih.. Mantaf kang ulasan nya
    Setuju..

  • ” .. kehadiran Honda Super Cub C125 ditujukan kepada seluruh kalangan pengendara — Priyayi Aristokrat — demi memenuhi gaya hidup modern di perkotaan,..”

  • kehadiran Honda Super Cub C125 ditujukan kepada seluruh kalangan pengendara — Priyayi/Aristokrat — demi memenuhi gaya hidup modern di perkotaan,

  • Sukupal

    Sudah sejak awal pesimis body/sasis monokok, ternyata benar cuma bungkus plastik.
    Bagaimana kalau kita sebut saja ini motor Replica Cub, Pop Cub atau Plastic Cub, soalnya yang asli Metal sudah tidak diproduksi lagi.

    • Kalau body monokok dari plat metal, mungkin harga 55jt itu masih termaklumi (itung2 adjustment harga baja dari th 70/80 ke jaman now yg sdh 30 thn lbh).

      • topman

        gimana dengan vespa yg made in Vietnam?
        masih monokok + plat besi loh, mesinnya aja ganti ke matic, harga masih 30-50

  • Hr15de

    Kalau dibandingin ama Gazgas Gazelo 125 gimana, kang? Menurut ane malah ini motor yg “melestarikan” heritage supercub. Sayangnya bukan berlabel sayap..

  • rick thorne

    Yah sama sih sama filosofi Mobil Rakyat Volkswagen…coba skrg harganya berapaan masih murah gak

  • Oncom garing

    Ayo buktikan slogan “one heart” kalian….
    Beli dan miliki …..buat mengenang sejarah.

  • Rifli

    Mas eno, gara2 baca artikel suzuki bandit truz liat iklan gsx-s disini malah jadi suka sama gsx-s

    • enoanderson

      Lah? Yaudah kalo udah sreg sih tinggal boyong aja. Cuman jok keras & jok boncenger aja yang annoying, hahaha.

  • zzz

    Biarlah peran c70 jadoel diestafetkan ke “anak cucu”nya (revo,beat?). Krn mungkin peran tsb sekarang sdh terlalu berat disandang mengingat kondisi jalan raya yg sdh berubah lebih “kejam”?.
    Akhirnya c70 diangkat dlm bentuk lebih modern dgn fitur kekinian utk menghormati jasa2nya. Tentu dg hilangnya orisinalitas peran dan bentuk berakibat dg kenaikan harganya. Imho.

  • emblue

    Para barisan sakit hati fans motor ikonik spt sy cuma ngelus dada….mimpi ketiban duren biar kebeli. Jd intinya lupakan supercub, serta sedret motor mimpi qubix,vox, msx,zoomer dkk.

  • Umay

    Haha..kalem mang kalem…nepi ka baper kitu….geus mang geus keun bae ..da jelema mah emang kitu….wwkwkwk..but.. artikelna gaspoolll keren..keren…sy jd ngerti klo mang eno orng yg berpendidikan namun ga berduit…

  • iyain ajah

    pemahaman tentang mahal atau murah atau normal harga sebuah barang harus juga dihubungkan dengan konteks harga komoditi lain pada saat barang tersebut pertama diedarkan. kakek adalah seorang bike enthusiast, seorang mandor hutan di sebuah daerah di jawa, membeli honda s90z pada tahun 1971 (jauh sebelum saya lahir) kalo gak salah, sebelum meninggal pernah bercerita bahwa untuk meminang s90z beliau harus merelakan beberapa ekor sapi (estimasi saya antara 2 atau 3 ekor) untuk bisa memboyong sang motor. kalau tidak salah s90z sudah di ckd kan di indonesia di awal 70an. bayangkan harga motor cbu dari jepang pada saat itu?

    dari fakta tersebut.
    – harga motor mahal, pada rentang pertengahan 60an hingga pertengahan 70an, setara sekitar 2 hingga 4 ekor sapi (harga seekor sapi standard sekarang di 20jutaan rupiah)
    – jumlah pemilik motor bisa dihitung dengan (beberapa) jari, hanya mereka yang kelebihan uang atau yang mau benar benar mengorbankan sapi yang bisa memiliki sepeda motor.
    – sekarang, di negara eropa, us atau negara maju lainnya harga motor paling murah di kisaran 2000an gemuk hingga 3000an us dollar, sekali lagi paling murah. (kecuali produk china ya) sila dikonversi sendiri.

    kesimpulan
    -bicara legenda 60 atau 70 tahun, konteks awal kelahiran supercub sebagai kuda beban, all rounder sejuta umat dst adalah adalah kurang tepat, karena di awal kelahirannya hanya segelintir bukan juta umat yang bisa menggunakannya. jadi kembali lagi hanya diperuntukkan untuk segelintir orang. not really a “volume maker” kind of things…..
    -bahwa kemudian di pertengahan 80an hingga 90an terjadi booming ekonomi dan mulai berkembangnya pasar/konsumen maka industrialisasi dan lokalisasi hingga membuat harga supercub mulai menjadi relatif lebih murah dan terjangkau untuk sebagian besar konsumen.
    -konteks harga sebuah produk sebaiknya dilihat dari harga pokok produksi (hpp) bukan dari ukuran ukuran lain yang sifatnya subjektif dan relatif.
    -seandainya supercub ini diproduksi di indonesia, dengan cost labor lebih murah, material standar indonesia, tidak ada bea impor, insurance cost, ongkos kirim dari jepang, bea lain lain dsb maka mungkin akan diperoleh harga 25 jutaan (or maybe a lot more less than that) dan itu menjadi make sense atau murah. dan harus juga tetap diingat tentang “harga” eh “nilai” eh “value”, ah tubrukan deh, unsur historis dari supercub itu sendiri.
    – terakhir, motor apa sih yang kalo kita impor dari negara maju, maka harganya di indonesia, menjadi atau tetep, murah?

    • enoanderson

      Bantu jawab & koreksi ya…

      – Pertama Super Cub C125 ini dari THAILAND, bukan dari negara maju kek JEPANG!
      – Mau bocorin HPP disini kang, punya bocorannya? Atau kalau nggak, mau minta langsung ke pabrikan? Saya sih seumur2 jadi blogger nggak pernah dikasih tahu, bahkan sedikitpun pertanyaan tentang ini nggak pernah dijawab.
      – Yang saya permasalahkan bukan harganya, tapi AHM ngejual ini motor (KHUSUS) cuma untuk orang berduit. Saya nggak becanda, ini statement langsung dari mereka. Kalangan menengah mana mau beli motor bebek 125cc cicilannya 2,5 juta selama 3 tahun? Meskipun punya finishing edan & fitur Keyless.
      – Mau contoh yang sama2 dari A.P. Honda Thailand, plus juga dijual di Jepang? Nggak usah jauh2… Ada dari Honda juga kok! Silahkan pakai CRF250 Rally buat bahan pembanding… Harga Japan: 85jt, Indonesia: 63jt. Atau kalau mau saya komenin lebih nyelekit lagi, silahkan cek Forza 250… Harga Japan: 84,7jt, Indonesia: 70jt.

      See? Yang salah bukan harganya? Silahkan didiskusikan lagi, bebas tuker pikiran kok.
      Yang saya komentari lebih kemana Honda ngarahin pasar ini motor. Itu alasannya saya bikin artikel ini, dan kalau ada yang mau debatin hal ini, I’m fully ready to answer.

      • anak langit

        jozzzzz, thats why i loooooveee this blog. yang ngisi komentar fans motor tulen!!!

        oiya mang, itu knapa harga crf yang rally bisa nggak jauh beda dari harga nongpoy ya ?

  • bdt

    spt kata orang, kita harus menghargai ibu / orang tua , jasa pahlawan

    begitu juga motor ini,

    anak dancucu lah sekarang yg meneruskan perjuangannya (revo, supra , beat dll),

    masa buyut nya suruh kerja keras lagi kaya dulu?

    sekarang waktunya mengangkat derajat buyutnya dgn memberikan sesuaty yg lebih untuk dihargai.

    gitu kira kira pemikiran org jepang sono.

    mwenurut saya tdk ada yg tidk pas

  • Prima

    All about price, kalau dijual 15 jutaan ya paling pandangan kang Eno berubah total.
    Untuk AHM pakai platform mesin yang sudah ada aja supra x 125 apa revo , tinggal mainan body, jual murah….

  • ChrisNug

    Dulu classic, sekarang plastic…

  • Draco

    Menurut ane kang eno sudah sangat cocok, memang ada detail yg kurang menurut ane ya salah satunya saya setuju dg peleknya, mestinya pelek almu jari2, tpi selebihnya spot on,
    Honda tidak bertujuan untuk menempatkan supercub ini seperti supercub dulu which is gak bakal mecahin rekor penjualan di zaman modern ini, tpi hanya nostalgia bagaimana produknya dulu yg legendaris, dan agar smw orang tetap mengingat atau tw bahwa dulu ada produk honda yg merupakan pahlawan bagi mereka, dan honda ingin itu d abadikan tpi tetap harus menarik generasi milenial, jdi fiturnya mesti d update, n juga agar buatnya gak repot ya sasisnya pke motor modern, cetakan rangka monokok dulu udh gak ada, n kalo paksa pke monokok harga tambah bikin sakit hati, which is malah jdi pajangan aja d museum atau dealer
    Yah walaupun harga n BQ seperti ini bakal bikin orang enggan pke nih motor bwt nguli sehari hari
    Setidaknya orang2 jadi tertarik dg motor ini n mencari tw apa sih heritage dri motor ini, akan membuat honda semakin d kenal generasi millennial
    Ya menurut ane seperi itu

  • Rian

    Menurutku motor ini diciptakan untuk nostalgia secara esensi, karna sebuah pabrikan pasti punya cara sendiri untuk menghormati produk legendanya..
    Namun karna ini dunia bisnis, tergantung bagaimana pelaku bisnisnya, di buat massal ato menjual nilai historis nya .
    Karna super cub reborn ini bukan dari riset pasar tapi lebih ke arah pride dari pabrikan itu sendiri

  • Yanyan

    Sumpah artikel yg briliant.. dari bloger otomotif Roda 2. Kang eno bener2 beda..tetap semangat kang

Tinggalkan Balasan