Viar Motor Indonesia - CFMoto 250NK

Viar Hadirkan CF Moto 250NK Ke Indonesia? Bring It On!

Kabar baiknya CFMoto 250NK bukan sekadar motor cina (mocin) biasa. Naked bike 250cc ini telah terkenal hingga ke 4 benua!

 

 

Beda dengan Minerva yang seakan ‘mati suri’, Viar Motor Indonesia tetap eksis ditengah persaingan pasar yang semakin pahit bagi pabrikan non Jepang. Yang paling baru, mereka siap menghadirkan CFMoto 250NK ke tanah air!

 

Viar Motor Indonesia - CFMoto 250NK

 

Diinfokan oleh lek Iwanbanaran, Viar berencana menghadirkan naked bike terbarunya ini via ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Kalau lihat dari spyshot awalnya, ini sih bukan barang baru… Karena terlihat seperti rebranding CFMoto 250NK yang sudah meluncur sejak tahun lalu di pasar global.

For your information, rebranding motor keluaran CFMoto sebenarnya bukan kasus yang pertama, karena sebelumnya kasus serupa juga ditemui di Inggris – yang dibranding WK Bikes.

 

 

Bakal mengisi kelas yang sama seperti motor kesayangan EA’s Blog (Kawasaki Z250SL), CFMoto 250NK punya seabrek modal yang membuat ZED kelihatan prehistoric jika dikomparasi. Bukan cuma desainnya yang IMHO lebih ciamik, detail yang diusung juga nggak kalah keren.

 

Viar Motor Indonesia - CFMoto 250NK

 

Sama-sama mengandalkan sasis baja trellis, CFMoto 250NK usung part yang lebih advanced seperti knalpot underbelly, mud guard unik yang sekaligus jadi tempat plat nomor belakang, plus footpeg boncenger alumunium.

 

 

Meskipun area velg-nya terlihat seperti part sisa Minerva Megelli 250R, namun detail kaki-kaki milik CFMoto 250NK jelas sekelas diatas Z250SL. Silahkan lihat sendiri saja di bagian suspensi upside down, kaliper rem radial, ban CST Adreno Sport Radial (110/70 & 140/60), plus swingarm trellis yang seksi banget!

 

Viar Motor Indonesia - CFMoto 250NK

 

Beralih ke area mesin, nah ini dia yang unik. Entah mengapa, mesin 250cc silinder tunggal milik CFMoto 250NK ini punya banyak banget kesamaan dengan Kawasaki Z250SL… Mulai dari ukuran bore x stroke, rasio kompresi, bahkan hingga tampilan blok silinder & head pun sama persis!

Selain cover crankcase yang membedakan (ya iyalah), perbedaan lain juga bisa kita temui di output powernya… Dimana Kawasaki Z250SL punya power hampir tembus 28 HP, sementara CFMoto 250NK punya power hanya sekitar 19,5 kW (26 HP) @ 9.000 RPM.

Bakal getar dan berisik juga dong, Kang Eno? Ya iyalah, karena memang itu karakteristik mesin 250cc single-cylinder.

 

 

Dan yang terakhir, jangan remehkan motor keluaran CFMoto. Selain terkenal sebagai produsen lokal Tiongkok penghasil motor berkapasitas besar (moge), pabrikan yang bermarkas di Provinsi Zhejiang (China) saat ini sukses menggandeng produsen motor yang tengah naik daun di Eropa, KTM Austria.

Selain melakukan kerjasama bisnis & manufaktur, CF Moto juga sukses membeli hak paten mesin moge KTM lho! Nah, langkah bagus buat Viar Motor Indonesia?

 

9 comments

Tinggalkan Balasan