Terkadang, Konsumen Juga Ingin Produk Yang Fresh… Ft. Yamaha Lexi

Kalau Brosist follow akun Instagram EA’s Blog, pastinya paham kalau saat ini saya sedang test harian All-New Honda Vario 150 eSP… Nah, ini cerita dibalik layarnya, yang justru diisi oleh Yamaha Lexi.

 

 

Karena unit All-New Honda Vario 150 eSP harus diambil langsung ke Main Dealer Wahana Honda Gunung Sahari, maka EA’s Blog memutuskan naik bus dari Ujung Tangerang, plus andalkan ojek online ke TKP. Turun dari bus, saya dapet rider grab yang pakai Honda Verza 150 lawas.

Suspensi belakang lembut, mesinnya smooth, suara rantai tergolong adem (untuk ukuran sport Honda, you know lah), menandakan motor sang abang grab termasuk rawatan. Cuma kampas koplingnya aja yang terasa mengganggu saat macet-macetan. Loh, kok jadi review boncenger Verza 150 sih? Hahahaa…

 

 

Singkat cerita, perjalanan dari Tomang – Gn. Sahari yang padatnya luar biasa, kami berdua terlibat percakapan seru. Saking asiknya, menurut saya cocok juga dijadikan bahan artikel.

 

Abang Grab: Mau kemana mas bawa helm, mau ambil motor baru? (karena maps grab saya set di Wahana Honda)

Eno: Nggak pak, ada perlu ngambil motor unit test harian. Vario yang baru.

Abang Grab: Maksudnya gimana ya mas?

Eno: (Ngejelasin panjang lebar sampai berbusa dari lampu merah Kebon Jeruk – Taman Anggrek).

Abang Grab: Oiya mas, Honda nggak ada niatan bikin lawannya metik Yamaha yang baru itu?

Eno: Lawan NMAX, atau Aerox 155?

Abang Grab: Bukan.

Eno : Yamaha Lexi?

Abang Grab: Nah iya itu mas!

Eno: Lha, yang mau saya ambil ini lawannya Yamaha Lexi pak.

Abang Grab: Bukannya Vario yang baru (150) itu sekarang mahal ya mas? Lexi kan masih dibawah 20 (juta – red).

Eno: Bener pak, Lexi yang standard memang dibawah 20 (saya tahan-tahan nggak bahas harga Yamaha Lexi S).

Abang Grab: Nah iya itu mas. Lihat teman driver (ojek online) ada yang pakai kok modelnya bagus ya. Nyaman, bisa buat bawa barang juga.

Eno: Sepengetahuan saya Honda belum ada niatan kesana pak, dikelas metik dibawah 20 juta mereka kayaknya cuma fokus ke Vario 125.

Abang Grab: Vario bosen mas modelnya, pengen yang model baru gitu, yang bagus kaya Lexi. Honda nggak ada niatan bikin model begitu (Yamaha Lexi) mas?

Eno: Nggak ada pak. (dalem hati, “keep dreaming, sir”).

 

All-New Honda Vario 150

Akhirnya, EA’s Blog berkesempatan test Vario 150 eSP…

 

Poin utama yang saya dapat dari percakapan tersebut, kombinasi styling unik yang menggabungkan maxi-scooter & skutik standar di Yamaha Lexi ternyata ampuh juga menjaring minat konsumen. Dijalanan sudah mulai banyak juga sih.

Apalagi kalau konsumen mulai melek soal VVA yang diusung Lexi, beuuuhhh…! Banjir order itu Yamaha.

 

 

Kedua, Yamaha Lexi ternyata lebih identik dengan banderol dibawah 20 jutaan (kelas Vario 125). Karena memang itu pasar yang harusnya dibidik Lexi… Lebih tinggi dari itu, biarkan Aerox 155 VVA yang bungkam lawannya.

Yang bilang Lexi S nggak kemahalan, saya amat sangat yakin belinya kredit.

 

 

Ketiga, gak salah dong kalau konsumen minta sesuatu yang fresh? Konsep yang beda dari Vario-series, which is sudah terjual jutaan unit selama eksistensinya di pasar Indonesia. Beda dari konsumen lawas, konsumen jaman now sepertinya lebih cepat bosan. Selalu terus ikuti perkembangan.

Meskipun, still, brand tetap salah satu pertimbangan paling utama membeli motor.

 

 

35 comments

  • Suhe

    Byk yg mengira kang eno…lexi ini cc nya 150cc…
    Dan di bandingkan sama pcx lokal….padahal kelas cc nya beda.terus….konsumen ane juga ada yg bilang mau ambil nmax dan vario 150 model nya gitu gitu aja,cuman sedikit ubahan,mau ambil aerox 155 dan pcx lokal …kegedean body nya…dan akhirnya pilih lexi S yg katanya body nya kagak kecil dan kebesaran.padahal kalau lexi di jejerin nmax,aerox,pcx tidak begitu jauh.
    Harga lexi s full fitur hampir sama aerox standar dan vario 150.yah itu mah selera konsumen.
    Tapi dengan model baru dan pengalaman mengendarai motor type baru akan mempunyai sensasi sendiri.motor harian ane soul gt125 ,vario150 dan supra.pas sudah beberapa bulan bawa lexi s….terus bawa soul gt,supra dan vario150….kok beda banget “feel” nya.enakan handling dan sensasi bawa lexi….cuman kalau putaran bawah sd menengah dan selap selip di macet enakan soul gt 125 bluecore.vario dari menegah ke atas…supra oprekan papas head enak dari bawah sd atas cuman harus nunggu mesin panas,kalau belum panas …payah…
    Nah si lexi ini kagak enak di bawa pelan kaya soul gt….atau supra.enak nya dan irit di rpm 4500 sd atas ,apalagi saat menyentuh rpm 6000….
    Satu lagi….suara knalpot nya kasar banget…..
    Sorry..kepanjangan

  • Roel

    Ditunggu review Fuel consumption dan karakter sok depan/belakangnya.. trims sebelomnya, Kang..

  • Skidrow

    Makanya larisin dulu itu Lexi, biar Honda ikutan turun karena marketnya sexy

    Masalahnya, bisa ga YIMM bikin si Lexi ini laris ? Hehe

  • Rezim Gila

    Dear yamaha,
    Santai aja cak lek mu dodolan lexy, ojo banter2..
    Sing penting mungkur, payu lan lumintu.

    Lek banter2 payune, honda ngetokne produk saingan.
    Wuzzz, mlayu kabeh konsumenmu ndek raine honda.

  • anonimus

    Dear Yamaha, kurang alasan apa lagi coba kang eno gak dikasih unit test ride. Udah ngambil unit test ride merk sebelah gak dikasih ongkos, dibikinin artikel tentang produk berkedok judul produk sebelah, tapi tetep aja gak diperhatiin :v

  • mending jangan terlalu laku, ntar langsung dicontek sebelah. YIMM demen amat jadi pengetes pasar hihihi

  • Yimm salah strategi…? Kalo ikutin produk blue ocean dengan keluarin produk2 di segmen baru trus laku pasti di contek sama sebelah.
    Alangkah baik’a segmen yang udah kuat lebih di perkuat lagi…? Seperti vixion, mio n n max.
    Sayang dah mikir2 keras tp pas laku di contek orang.

    • Emang

      Yang dicontek apanya?ban nya?

      • aris

        imho mungkin yang dimaksud dicontek konsepnya atau segmentasinya seperti yang sudah-sudah, mari kita buka sejarah dari paling awal, yamaha sukses buka segmen pasar matic entry level lewat mio lalu diikuti honda bikin vario dan beat, yamaha sukses jualan vixion lalu honda bikin cb150r, yamaha lokalin r15 v2 honda lokalin cbr150 k45, yamaha sukses jualan nmax honda bikin pcx lokal, yamaha sukses jual mx king honda bikin supra gtr, kawasaki sukses jualan klx 150 honda bikin crf 150

  • athleters

    Kang, mau tanya sesama pengguna spacy,
    Saat mesin menyala kondisi diam, bagian stangnya kok getaranya mantep ya(kaya kena tremor), normal ga sih kang?, kebetulan juga dua motor spacy yang jejeran bareng dilampu merah, jadi kaya getar serentak

    • Medimore

      Normal om
      Kondisi getar di stang juga terjadi pada beat & kawan kawan dengan type mesin sejenis

      Pengamatan ngawur ala sya
      Getar terjadi karena ban belakang terhubung langsung ke mesin, jadi vibrasi mesin langsung terhubung yg mana kondisi ban pada posisi bebas. Hal ini bisa d atasi dengan menekan tuas rem belakang, dengan itu kondisi ban dalam keadaan rigit dengan permukaan jalan.

      Khusus kasus mio series
      Getar terjadi pada saat kecepatan diatas 40kpj kena polisi tidur (marka warna putih atau bisa disebut speed trap) hal ini terjadi karena rangka mio didesain lentur

    • mPy

      itulah motor jepang….
      beli motor gratis vibrator….
      coba rasain kymco….tidak ada getaran sama sekali, pas di geber poll malah makin nyaman tanpa getaran.
      https://www.youtube.com/watch?v=8PtHyOYFW8o&t=113s sample “betapa getarnya” mesin kymco. coba cari kymco bekas meski dapat unit yg bulukan sekalipun getaran mesinnya gak kayak mopang.
      getaran mesin yg diteruskan ketangan bikin tangan berasa kesemutan, kebas, badan cepet pegel.

      • Oli

        *motor Ahemhem

      • hahahah … bener banget dah, bini ane juga gak mau pake Kymco Easy gegara makin di gas malah makin gleser alus pisan, tau-tau jarum spido udah > 60 kpj

        akhirnya cari Mio biar ada getar-getar alarm buat warning klo udah kekencengan larinyah hahahahaha

        • mPy

          hahaha .. vibratornya malah dijadiin alarm …..
          yg jadi masalah vibranya itu dari awal RPM udah muncul sampai mentok RPM makin terasa…..
          di kymco yg gak tau teknologi balancing engine bagaimana dari awal gak terasa ada vibrasinya…bahkan makin di gas mentok RPM malah makin alus….padahal suara mesin udah teriak….
          memang sih kelemahan kymco adalah baru jalan ketika RPM menyentuh 4000….tp itu malah jadi keungguluan…soalnya peak powernya kymco rata2 di 4000-6000 jadi pas mulai “jalan” (clutch cvt engage di mangkoknya) power sudah pas….gak ada gejala drop power ketika jalan << yg biasanya drop power timbul getaran hebat di mopang

    • bdt

      normal om, nanti stelah 1 – 2 detik, hilang itu,

      wajarlah kan mesin baru hidup, ,mesin apapun kalu baru start,

      pasti geterannya lebih .

  • niceguy

    Satu hal yang pasti, dari tulisan diatas bisa diambil kesimpulan kuatnya brand “Honda”. Walaupun mereka mau produk baru, tapi kalau bisa merknya Honda, bukan Yamaha, Suzuki, dll. Ini tugas yang tidak mudah… tidak hanya membuat produk yang “best performance” atau “value for money” tapi pabrikan kompetitor masih menghadapi lawan terberat yaitu: MINDSET KONSUMEN. Bagaimana merubah image bahwa produk mereka pun bisa tangguh dan irit (even better) dibanding produk Honda secara umum.

    • P.e.k.k.a

      Nah… Butuh effort lebih menantang mind set yg sudah mengakar , ibarat mau pindah kepercayaan

    • #CariAman

      Nunggu bobroknya kualitas produk yg dirasakan konsumen,lambat laun pasti kejadian,tapi entah berapa puluh tahun lagi konsumen nya pada sadar,

  • adenaga

    kampas kopling verza mengganggu itu kyk gmn sih om ?

  • Setdah

    Mnding lexi emang…tipe std aja

  • emblack

    Pencerah nih, sy ngidam jg matic >20jt vario udah ada semua. Lirik lexy minus joknya boros & tinggi bgt. Nunggu Yamaha Freeride kayak apa ntar.

  • Padahal menurut ay desain matic paling keren ya vario 125 n 150.belakang keren,samping keren,depan jg keren,apalagi pas pakai lampu jauh.klo yg all new skrg malah jelek.

  • andri

    masih berharap semoga pabrikan merilis varian dari Vario / PCX dan Lexy / Nmax / Aerox yg pakai kick starter.

    • @andri : betul bro….? Model sekarang malah g ada kick stater. Yang ane takutin ketikan motor terjebak banjir/ kelewati genangan. Mesin mati trus nyalain’a pake apa…..
      Modal tombol stater aja mah g akan nyala…? Minimal di kick.

  • awe andri wibowo

    hahahahahah
    vario aja laris manis bak kacang rebus
    ngapain ikutin calon penghuni gudang
    ups
    sadis.
    ayo yamaha rebut market honda yg lebih dari 70% itu
    ckckckckcckk

Tinggalkan Balasan