Yamaha Jupiter Z1 vs Honda Supra 125

Melihat Peninggalan Motor Bebek High-End, Jupiter Z1 Masih Lumayan

Yamaha Jupiter Z, Suzuki Shogun SP, Honda Supra X 125R, Kawasaki Athlete… Ahh, miss those era.

 

 

Seiring dengan eksistensinya yang mulai ditinggalkan konsumen, pabrikan pun ikutan meninggalkan genre motor bebek (cub) high end. Yamaha Jupiter Z1, Honda Blade 125 & Supra X 125 FI jadi spesies terakhir yang masih bertahan di ekosistem nyaris punah ini.

 

 

Dulu, segmen ini sempat jadi pilihan utama para konsumen lantaran harga yang tergolong lebih terjangkau dari bebek super laiknya Yamaha Jupiter MX & Suzuki Satria F150. Tapi sekarang, kelas bebek super justru lebih banyak dipilih… Entah karena ekonomi konsumen kita yang membaik, atau karena gengsi.

Nah, gimana kiprah peninggalan motor bebek high-end tahun 2018 ini? Well, seperti yang bisa ditebak, hancur. Honda Blade 125 contohnya, hanya terdistribusi 7.000-an unit sepanjang Januari – Juni 2018… A.k.a cuma seribuan unit perbulan! Jauh lebih rendah dari pemimpin kelas entry level (Revo FI) ataupun bebek super (MX King).

 

 

Tapi nggak semuanya kok! Masih ada beberapa nama yang nggak tergerus zaman. Pasar Honda Supra X 125 FI masih super seksi, dengan angka distribusi lebih dari 60.000 unit selama semester pertama 2018… Wow, salute untuk kiprah sang ‘Raja Bebek’ Indonesia.

 

Yamaha Jupiter Z1 vs Honda Supra 125

 

Tapi, ada nama lain yang bikin EA’s Blog kagum, yakni Yamaha Jupiter Z1. Bebek high-end pabrikan garputala ini mampu mencatatkan angka distribusi 22.713 Unit, angka 2 kali lipat lebih besar dari demand Honda Supra GTR150, dan hampir setara dengan total distribusi yang ditorehkan Yamaha MX King.

Padahal kalau dilihat secara desain, Yamaha Jupiter Z1 sudah mengaspal sejak 6 tahun yang lalu tanpa ubahan berarti! Hanya ada update teknis berupa emisi gas buang (EURO 3) pada awal 2015 lalu… Setelah itu, loss.

 

 

Pun demikian dengan fitur, Yamaha Jupiter Z1 nggak punya lampu All-LED, USB Charger,
Speedometer digital, apalagi Keyless… Yamaha Jupiter Z1 bahkan belum dibekali dengan Double Disc Brake, fitur yang sudah ditemui di pesaing beratnya, Honda Blade 125.

Tapi jangan salah, mesin & sasisnya adalah yang terbaik dikelas cub standar. Saya pernah mengetest Yamaha Jupiter Z1 edisi perdana 2013 lalu, and I like it! Ada karakteristik tersendiri yang membuat motor bebek high-end ini likeable meskipun kalah spek dari Blade 125… Butuh bukti lain? Silahkan tengok kiprah Z1 di ajang balap pasar senggol.

 

 

EA’s Blog cukup gembira mendengar kabar motor bebek high-end laiknya Honda Supra X 125 FI (durability) & Yamaha Jupiter Z1 (excitement) belum sepenuhnya ditinggalkan konsumen… Dan saya bakal lebih gembira lagi jika di semester kedua 2018 ini, kedua motor tersebut mendapatkan update signifikan.

Ada yang sependapat dengan EA’s Blog?

 

Data Penjualan Motor Bebek (Cub) Standard Semester 1 2018:

 

Entry Level

Honda Revo X : 76.295 unit

Yamaha Vega Force: 7.945 unit

Suzuki Smash: 1.189 unit

TVS Neo XR : 2 unit

 

High-End

Honda Supra X 125 Fi: 60.553 unit

Yamaha Jupiter Z1: 22.713 unit

Honda Blade 125R: 7.161 unit

Honda Supra X 125 Helm In: 1.999 unit

TVS RockZ : 3 unit

 

*Data by Lek Aripitstop

 

25 comments

  • anonimus

    keqnya pasar bebek masih lebih seksi di malaysia, disana hampir gak ada matic, adanya bebek2 jadul (atau tampangnya aja jadul) atau bebek high performance kayak mx king sama gtr (yeah, gtr bernasip lebih baik disana :v), sisanya moge
    wajar aja sih karena jalan raya di indonesia sama di malaysia beda, tapi ane yakin di luar pulau jawa, motor bebek masih bisa diandalkan

  • Bimzzz

    Supra 125 generasi terbaru malah downgrade speedometer kembali menggunakan kabel, payah!!!

  • saya malah masih pake nih Jupiter Z1 keluaran pertama, emang mantep sih handlingnya apalagi konsumsi BBM nya irit bgt
    mungkin kalo di update kasih kopling manual lebih cakep nih

  • SDDM

    Saya sependapat

  • aris

    setuju, untuk ukuran bebek handling jupiter z dan z1 menurut saya memang superb sangat fun to ride melebihi kakaknya sendiri jupiter mx 135 series, apalagi kalau dimodif kopling manual makin mantab.. durability nya juga tergolong baik, tidak kalah dengan supra series nya honda..

  • Tempebongkrek

    jupiter z1 mmng masih jadi line up jualan bebek entry levelnya yamaha karna masih bnyk konsumen yg nyari dan laris manis. kbnyakan sih sneng karna akselerasinya yg mak nyus. yg unik mlahan motor macam jupiter mx135 trnyata msih bnyak peminatnya dan itu kbnyakan ABG. disodorin bebek super mx king malah ogah. kasian tu bocah gk tau klo motor yg dicari dah disuntik mati. hhaha

  • Bbwolf

    Itu motor kenceng banget kang nyium angka cepek enteng

    • enoanderson

      Seinget saya Z1 ini suara knalpotnya amit2 cemprengnya, sama kayak larinya, wkwkwk

      • tho

        bener.. downgrade kualitas material knalpot.. lebih baik knalpot vega ver 1. masih krom dan tebel.

        yang saya ga suka sama bebek honda adalah fitur body geternya.. annoying banget. suara motor tuh keluar di knalpot, bukan di bodynya…

        wwkwkwk

  • Praxoso

    ah i miss you so much the legendary shogun sp!

  • mblack

    Mantan bebek lovers shogun&supra . Supra masakini sdh sama sekali tdk berminat, material rantai gir hanya setahunan. Lebih tahan lama belt vario malah. Dan sayangnya sepakat pindah matic alasan kepraktisan & kenyamanan.

  • P.e.k.k.a

    Jupiz1 dongo grade kang..
    Meskipun handling lebih baik tapi durabilitas part mesin jauh lebih baik new Vega r berakhir 2009 dan jupi Burhan .
    Masih pelihara 1 biji jarang dipakai cuman gue liatin doank tuh motor digarasi

  • Heru

    Banyak hal yang g bisa di tandingin sama motor matic, durability sama ongkos perawatan motor bebek yang lebih murah, maka nya buat gawe ya motor bebek ga cengeng

  • Mas Hendrik

    Ada tambahan supercub C125 cbu mang tahun ini, tp baru launching doang, belinya taon depan pas pemilu, inden awal tahun, distribusi dekitar bulan kedua

  • B lmp

    Dlu itu shogun125fi dsain terbaik eh di ganti axelo yg dsianya bikin gelo yg melihatya…

    Menurut ane sih jika suzuki reborn nma shogun msh cukup bsa bersaing shogun150SP misalnya basic dri satria fi.. Memang market nya mulai nyusut tpi msh lebih besar di banding market ayago..
    Tpi akan sia sia komentar panjang karna kuping itayama san kan kesumbat jdi budek

  • Iwan maros

    Geli s3ndiri sy kadang ingat zaman bebek booming di kala sy kenal motor awal awal. Sy masih pakai bebek sampai sekarang dan andai upgrade tetap yg pakai perseneling yaitu motor sport. Maklum manusia keluaran dulu.bertahun tahun kaki kiri dan kanan main, tindis depan atau belakang perseneling full atau setengah lalu dobel gas atau blayer blayer, sensasi yg mendarah daging jdsusah pindah ke matic. Kyak ada yg hilang di jiwa. Gas, rem. Gas, rem. Itu doang

  • buat harian enakan matik atau bebek, klo koplingan cape tangan kiri

  • Setdah

    Kangen jupitee z se..2005 nih

  • Hanes

    Aaahhh miss that old time… Line up waktu itu pun gokil abis, semua tampil all out. Supra-Revo, Jupe-Vega, Shogun-Smash.
    Sebagai bebek lover komentar saya untuk mobilitas harian yg banyak makan waktu di jalan tetep moped juaranya.
    Segi kepraktisan, handling, konsumsi bbm, durabilitas dapat semua.

Tinggalkan Balasan