TVS Apache RR310

First Impression: TVS Apache RR 310, Mysteriously Impressive

THE DETAIL

 

TVS Apache RR310

 

Sejak kehadiran Honda CBR250RR, spek motor eksotis dikelas 250-500cc jadi terasa nggak begitu menarik. Tapi sekalipun dibandingkan dengan Baby-RR Honda, jagoan ‘RR’ milik TVS bahkan masih punya sesuatu yang spesial tersendiri.

 

 

Dari depan misalnya, suspensinya sudah menggunakan upside down 41mm besutan KYB yang digabungkan dengan kaliper cakram radial ByBre (Brembo)… Lebih gambot & seksi dari milik CBR250RR yang pakai ukuran 37mm dan model cakram konvensional (Axial) dengan brand kaliper saingan Indomie.

Wait a sec… Suspensi upside down 41mm besutan KYB? Hmmm, kayaknya hilal Yamaha R25 Facelift mulai kelihatan nih.

 

TVS Apache RR310

 

Melangkah sedikit ke bagian tengah, kita disuguhi sasis trellis kekar ber-spek balap. EA’s Blog nggak ngada-ngada lho, karena di sasisnya ada tulisan ‘Race Spec’. Plis, tolong jauhkan pikiran Brosist dari sasis CB150R Streetfire, karena sasis TVS Apache RR 310 bahkan lebih seksi dari sasis Z250SL milik saya.

 

 

Yang unik, leher knalpot yang ditempatkan dibelakang mesin (reverse inclined cylinder), ternyata ukurannya gambot juga. Dan area yang kelihatan menganga tersebut dibiarkan terekspose tanpa tertutup body… Bakal bikin betis mateng nggak ya kalau macet?

Apa mungkin ini yang bikin bobotnya tembus 169,5 kg – alias lebih berat hampir 20 kilogram dari motor 250cc silinder tunggal? Entahlah itu yang berat apaan… Padahal hampir seluruh detailnya sudah dibuat dari material yang terkenal ringan lho!

 

TVS Apache RR310

 

Gimana dibagian belakang? Well, kasusnya masih tetap sama, detailnya maknyus! Desain lampu belakangnya setajam silet, swingarm nya juga sudah menggunakan tipe alumunium die-cast dengan model unik… Khas ala BMW G310 R.

Bahkan ketika Brosist jumpalitan nyari sisi lemahnya, saya jamin bakal susah. TVS Apache RR310 ini punya banyak variabel yang seharusnya sejak lama kita temukan di sportbike 250cc milik pabrikan Jepang… Contohnya seperti detail chrome, finishing CNC dibagian kemudi, ban gambot 150/60 dengan spek mid-end (Michelin Pilot Street Radial), dan seabrek yang lainnya.

For Your Information, ban yang digunakan TVS Apache RR310 ini harganya 4 kali lipat lebih mahal dari ban bawaan sport 250cc Jepang.

 

 

Loh, kok bagian detail ini kayak nggak ada kurangnya sih, Kang Eno? Eits, jangan salah… Salah satu yang menurut saya jadi kekurangan di TVS Apache RR 310, justru ada di bagian yang diharapkan lebih oleh Brosist sekalian.

 

30 comments

  • Roel

    Semoga laku banyak..aaminn..
    Sahur, Mang Eno..

  • Kyrielight Shaeffer

    Pajak Per-Tahun nya Sama Kayak 250cc gak, Kang Eno?

  • Kapten Jack

    Puuujaaaaaa kulit kerang ajaiiiibb…

  • SDDM

    G310 R mahal di emblem merknya
    😀

  • joki suzuki

    ndlosor, mlumah, murep
    hmmm…

  • Orgrasional

    Kenapa bisa segitu harga nya? Sepertinya ada perjanjian dagang khusus antara pemerintah India dan Indonesia. Btw, BMW lebih refined kang walaupun spek teknis nya bak pinang dibelah dua. Apakah refinement nya seharga 60an jt sepadan ?? Biarkan EMBLEM yg berbicara. Kata nya mereka2 yg ngejar pride (baca: pret) sih gitu wkwkwk

  • blackfirez

    Seandainya beratnya setara RC390, pasti banyak yg berpikir sangat-sangat keras buat angkut nih motor. .kok rc bisa jauh lebih ringan ya?

    • mblue

      KTM dr sononya mahir bikin motor terbang alias cross, jd soal material ringan dan kuat juara. Nah kl bmw dr mobil/motor terkenal heavy tp berat karna material jg.

  • udin petot

    yg beli gini pasti langsung buka fairing plus pasang stiker bmw

  • Setdah

    Tetep aja singel silinder..dah titik

  • Syfa

    Fix kalo bener di jual. Saya mau beli ini motor. Saya mau jual byson fi saya buat dp.

  • Stevanie

    Hampir saja wheelie waktu baca kalimat ” Gimana caranya motor yang kena pajak barang mewah 60%”
    Terbaca kena pajak BAWANG MERAH 60%

  • Berhebz

    Mungkin nih, kayaknya TVS bisa masang harga murah karena mereka memasang NJKB rendah juga…
    Iseng ubek² website njkb ketemu kode motor TVS U347 dengan njkb Rp.28,2jt. (Jelas ini buat si rr310, sebab varian tertinggi mereka sebelumnya, rtr200, cuma dijual 23jeti dgn njkb 19jeti)
    Nah dari njkb kode motor itu tadi, jika ditambah ppnbm 75%, dapet angka 49jeti…

  • Berhebz

    Btw, njkb segitu kurleb sama loh sama njkb cbr150 cbu thai, dikisaran 28jtan

  • Kuncing

    Gimana kalo tvs bikin mesin multi silinder sendiri kang? Pasti bikin geger

  • serreniti

    Selisih 1 mata (40 vs 41 cuman 1-2 jt an utk merk sss yg terkenal senyap), nah selisih 58-59 juta nya ini kang diembat sama pergantian emblem kuda ke bmw nya.. wkwkwkwk

  • serreniti

    Tapi jujur saya liat ini motor pertama tertuju sama bi-led projector ny,, spek gimana nih keren udah selevel sama biled duo pajero fortunerkah.. heuheuhue ngileerr brp ya hrgane kalo hrga terpisah.. lah motore ae njkb 28jt an doang ih.. new pula

  • iwak bayaran

    harga 250cc dobel silit seken bisa terjun bebas nih

  • Medimore

    Pertanyaan yg paati adalah
    Down grade ap ajah kok bisa semurah itu kang eno ?

  • Medimore

    Diantara motor single piston mana menurut kang eno yg paling kecil getaranya?

    TVS 310
    K Z250/RR mono
    Cbr250r jomblo
    KTM 250/390
    Royal enfield 300 (Walopun beda type mesin)

  • robertdenura

    Jujur, impresi pertama langsung kesengsem dengan desain stoplamp yang super keren menurut saya.. Tapi emang lebih keren lagi strategi pricingnya sih. Waktu dijelaskan oleh SPG di PRJ kmaren, lumayan shock juga.. Bahkan harganya lebih murah dari KTM RC390.. wooow.. kang Eno, kalo udah nemu rahasianya pricing maknyuss dari KTM itu, jangan lupa share disini yak.. “sungguh mati aku jadi penasaraaaaan..” (kayak lagunya Rhoma Irama)

Tinggalkan Balasan