Yamaha R25 Facelift EA's Blog

Yamaha R25 Facelift, In My Opinion…

 

Saya paham, 99% kemungkinan EA’s Blog nggak bakal diundang acara testride resmi Yamaha R25 Facelift oleh PT. YIMM. Tapi dengan berpura-pura nggak baper, kita tetap kudu ikutan bahas juga… Versi Kang Eno pastinya.

 

Bukan Lagi Andalan

 

Yamaha R25 Facelift EA's Blog

 

Dulu, waktu dirilis pertama tahun 2014 silam, YZF R25 jadi andalan Yamaha dikelas 250cc – baik secara market share, maupun support hal lainnya. Baru diikuti MT-25, kemudian WR250 yang harganya selangit. So, gimana dengan Yamaha R25 Facelift nantinya, Kang Eno?

Masuk ke tahun 2018, status Yamaha R25 Facelift (harusnya) tak lagi jadi andalan. Bukan karena kalah pamor oleh CBR250RR ataupun New Ninja 250R, tapi terpinggirkan oleh saudaranya sendiri, XMAX 250.

 

 

In my opinion, potensi XMAX 250 di Indonesia juaaauuuhhhh lebih mentereng dibanding Yamaha R25 Facelift… Bahkan masih jauh lebih besar sekalipun R25 digabung dengan MT-25 Facelift. Kalau ada nantinya.

Brosist para penggiat Data AISI pasti udah paham, market sport 250cc akhir-akhir ini trendnya bukan naik, tapi justru menurun. Berbanding terbalik dengan maxi-scooter yang angka market-nya naik pesat bak bemper depan Ariel Tatum.

 

 

Harusnya sih Yamaha sudah menyadari hal ini. Kalau belum ya tandanya kudu pecat orang marketing, komplit sekalian dengan buzzer mereka di sosial media yang kelakuannya lebih sering cari penyakit… Khusus buat yang kedua, please dong Yams!

Jadi bakal lebih bijak kalau penjualan difokuskan ke XMAX 250. Gak usah ekstrim deh, cukup unit produksinya saja yang ditambah… Supaya semua peminat kebagian maxi-scooter 250cc berbodi bongsor ini – baik secara online maupun offline. Kan enak, harga sekennya jadi nggak gila kayak sekarang.

Mumpung Honda Forza 250 CBU belum datang, bahaya banget lho itu motor!

 

Racing Pedigree

 

Yamaha R25 Facelift EA's Blog

Beeeuhhhhh…. Edan! *ngimpinya

 

Fokus ke XMAX 250, terus Yamaha R25 Facelift dibiarkan ngejogrog begitu aja, Kang Eno? Ya nggak lah! Absolutely Not. Karena biar bagaimanapun juga, development R25 tetap punya harga diri bagi brand sekelas Yamaha. Harga diri disini maksudnya ajang balap Asia & Lokalan.

Sudah bukan hal aneh lagi lah… Kita sudah paham tahun lalu Yamaha R25 #eh maksudnya tim & rider yang pakai R25, dibully habis-habisan Honda CBR250RR #eh tim & rider yang pakai Baby RR. Baik di kejuaraan balap Asia maupun Lokalan.

Bingung? Jadi maksud saya begini…

 

Yamaha R25 Facelift EA's Blog

Coba cari yang salah dari screenshot spek resmi Yamaha R25 berikut…

 

Kalau mau dikembangkan, mending fokus ke sektor mesin, performa, handling & power-to-weight ratio aja deh. Gak perlu gimmick useless kayak Throttle by Wire yang ternyata sama aja kayak gas biasa, apalagi embel-embel sticker Rossi peningkat 10 tenaga kuda… Untuk riding mode atau traction control sih boleh lah.

In my opinion, suspensi upside down setingkat CBR250RR, rombakan suspensi belakang, kaki-kaki, assist-slipper clutch, ram air intake, plus upgrade mesin (38 HP +) jelas jauh lebih dibutuhkan dibanding socket charger atau tanda tangan ekslusif Valentino Rossi segede gaban.

 

 

Apalagi selama ini Yamaha terkenal sebagai pencetus motor-motor yang potensinya luar biasa di ajang balap. Nggak usah jauh-jauh, Jupiter Z1 contohnya… Motor bebek yang mampu bikin Blade kibarkan bendera putih, sambil hijrah ke 125cc. Kan nggak lucu kalau motor flagship racing mereka justru kalah telak oleh pabrikan sebelah.

 

Desain… oh Desain

 

Yamaha R25 Facelift Julak Sendie

Yamaha R25 Facelift by Julak Sendie Design

 

Saya sempat baca beberapa bocoran desain Yamaha R25 Facelift di tulisan lek IWB. Konon katanya sih desain headlamp depan bakal dirombak total, sementara bagian tengah hingga buritan dibiarkan tanpa ubahan yang signifikan. Pasti Brosist sekalian sudah baca juga kan? Atau malah ada yang sekalian ikut bikin komentar un-faedah di tulisan tersebut?

 

 

Baca artikel tadi – apalagi soal keakurasian bocoran lek IWB yang kayak langsung dapet info dari desainernya – jujur saja, saya agak bingung. Kenapa All-New Yamaha R15 (yang levelnya dibawah R25) justru bakal lebih bagus dari calon R25 terbaru ya?

Update desain di All-New R15 itu total banget lho! Terlihat banget effort Yamaha yang coba menumbangkan kedigdayaan CBR150R. Dan hal tersebut yang membuat sosok All-New R15 like-able, very much, meskipun saya nggak pernah diajak test resmi oleh PT. YIMM… Baper lagi ceritanya.

 

All New R15

 

Yamaha memang harus fokus ke Maxi-series, tulang punggung satu-satunya yang belum mampu digoyahkan Honda. Tapi bukan berarti segmen yang lain dilupakan begitu saja! Jangan sampai karena terlalu fokus ke maxi-series, desain Yamaha R25 Facelift justru dibiarkan apa adanya.

Apalagi nantinya musuh bukan cuma Honda CBR250RR… Bahkan Suzuki pun sudah terang-terangan ngaku ingin meramaikan pasar sport 250cc.

 

Mungkinkah karena pendapat saya soal Dillema Yamaha R25 terdahulu ada benarnya, terkungkung oleh julukan kipas-kipas dollar? Atau Yamaha justru sengaja membiarkan desainnya everlasting – bak New Ninja 250R – supaya bisa aman tanpa update sampai 5 tahun masa bakti?

Please Yamaha, jangan sampai kasus All-New Vixion terulang dong!

 

37 comments

  • Elastex

    Love it

  • DDNV

    Baca sambil sahur, beneran hampir bikin keselek, ngakak

    • enoanderson

      Buahahahahaaa, nanti pas buka bikin artikel apa lagi buat next sahur? Biar pada keselek berjamaah, wkwkwk

  • hafizh

    Kadang saya pernah berfikir,kenapa tidak pakai frame vixion series.toh motor 150cc sekarang frame dan swing arm lebih lebar dari pada motor jaman dahulu.(contoh model rangka scorpio dan megapro series).

    • Sayap Mengepak

      Deltabox jelas lebih berat..Dengan komposisi material yg sama, dan keknya tetep masih lebih murah trelis dibanding deltabox.
      Belom lagi mesin inline twin nya bakal penuh/sesak kalo pake deltabox, ibarat buah dada orang dewasa tapi maksain pake beha remaja.

      Bisa sih ukuran deltabox nya aja digedein, tapi balik lagi ke harga…wani piro cost produksinya.

  • Yunyun

    Yang salah dari screenshot spek resmi yamaha apakah LED headlights nya? :v

  • Penggembala domba

    Seperti dilema antara naksir sama aura kasih vs ariel tatum,dua dua nya cantik dan sesuatu banget….
    Pasti galau atau gagal fokus …sampe tdk bisa melupakannya….

    Ditolak…jangan sampai salah jalan….
    atau kembali ke jalan yg benar.

    seperti tetangga nya yg beberapa kali permak sampe all new.dari cbu sampe di lokalkan…kabar nya akan dipermak dibawa kesalon lagi.bakal diupgrade dan ada perubahan desain karena power saja dan fitur jaman sekarang tidak lah cukup diterima….
    So…konsumen kita cukup unik dan eklusif yg dibagi tiga kategori: 1.konsumen netral dan intelek teknologi & informasi 2.konsumen blok funboy akut baik informasi & teknologi serta doktrin 3.konsumen kurang cakap dlm tekno dan informasi dan cenderung bisa murtad dalam sedikit penggiringan opini dan pembunuhan karakter brand image.
    Prediksi perang marsal /marketing sales stage 3 sdh di mulai di triwulan ke 2 2018…mulai dari data aisi sampe planning control produksi dan ekspedisi.
    Pertanyaan nya apakah data aisi penjualan produksi ke dealer atau pengiriman ekspor ?
    Atau penjualan dari dealer ke konsumen ?
    Segmen scooter entry level ,bebek sport,sport 150,,max scooter 150 cc, sdh dalam stage 3 awal…selanjut nya sport 250 dan max scooter 250 sd 400 cc keatas masuk stage 3….
    Prediksi sport matik yg bisa manual dan otomatis tranmisi/semi hybrid dan motor listrik dikembangkan diantara tahun 2020 an…
    Btw…r25 masih dikembangkan karena diluar negeri
    Sono memang masih di sukai dan di indonesia sbg flagship motor sport 250…
    Hanya saja konsumen kita alergi dgn kata “recall” dan mungkin lebih baik di update diam diam seperti yg sdh terjadi atau mungkin pura pura budeg.

    seperti beli hape andoid/laptop mahal tapi tdk di hidupkan fitur update otomatis dan katanya nya boros kuota…..menyedihkan …..beli barang mahal pingin murah,bertenaga tapi irit dan kepikiran harga jual tinggi tapi sistem operasi dan fitur kagak mau di update.pas waktu hp/laptopnya nge” hang ” “menyalahkan kemana mana ” sampe update status tembus ke komnas ham….
    Sorry analogi nya hp/laptop saja…maklum hp sejuta umat saja …beli …rusak …dan buang….
    Kenapa ….di jepang sana kendaraan sdh berumur dan mau buang kendaraan ke tempat penimbunan saja kena pajak yg lumayan….
    Kalau di indonesia populasi kendaraan sudah tahap mengerikan….dipulau jawa ini.harusnya populasi di jaga…dgn program trade in kendaraan berumur 10 tahun sdh di mulai…sbg bentuk CSR produsen.jangan mikirkan data aisi atau facelift saja.padahal sekarang sudah hampir “stuck” dalam segmentasi dan demand…

    • enoanderson

      Maaf nih ya kang, saya bingung kudu baca apaan… Ringkasannya dong,

    • RomLah

      @Penggembala domba pada 21 Mei 2018 pukul 04:44
      ____________
      Betul mbah,
      Jumlah kendaraan roda 2 populasinya
      di P Jawa memang sudah amat sangat membludak.
      Apalagi 3 taun kedepan bakal lebih parah lagi. Memang harusnya sudah diberlakukan daur ulang untuk yg berumur 10 tahunan..
      Mungkin kendaraan listrik roda 2 harus benar-benar digalakkan & diproduksi secepatnya.
      Yg paling menyebalkan asepnya itu lho kalo dilamer bercampur dg asep roda 4 pribadi & truk2 itu rasanya sesak napas di dada…
      Apalagi dikota2 besar P Jawa, parah abis

    • enang21

      Antara aura kasih dengan ariel tatum memang pilihan yg benar2 amat sangat sulit..

  • hmmm….ariel tatum….

  • Sipp

    ga diundang test ride tapi paling ga diundang buka bersama kan? hahaha

  • visitor

    hehehe…tertarik sama frasa buzzer medsos nya kang, kayaknya menarik jadi bahasan artikel khusus soal marketing

  • xmax 250 mah cara penjualannya mau disamain kayak nmax kmrn… ditahan.. eh giliran pcx keluar, baru deh itu nmax dkluarin semua…
    basi nih yamaha cara jualannya….
    sales nakal yg bikin upping harga jg didiemin..

    • enoanderson

      Beneran ini emang sengaja ditahan2 dari pusat?

    • permana_yogas

      Naini yang bikin banyak konsumen alergi yamaha
      Barang kek dibuat limited dan susah banget
      Kasus nmax sebelum pcx tuh contohnya
      Jadi kesempatan dealer n sales upping price dan kredit kan
      Ga lama lagibkeknya kelibas tuh nmax
      Walaupun lawannya punya cacat xanaxini

      • cacadnya di keluarin dah ntar gak laku PCX… tp sayang cacadnya di tutupin dan blogger juga mayoritas tutup mata jd pasti laku sih

  • Radif

    Mungkin desainer R25 juga kerja jadi desainer Verza…
    Sama2 depan doang yg diubah

  • Stevanie

    Kira kira……,
    Begitulah…..

    • mbaknya cantik.. oops salah fokus
      begitulah gimana mbak, kalo dari masalah desain sih emang yang diincar long lasting sih, kalo performa, masih bisa dioptimalin, kalo dari gimmick, cukup ditambahin usd ajah cukup, secara sebenernya r25 udah enak sih..(belom pernah test ride, baper bareng bareng..)

  • Wayo

    kita lihat saza nanti, time will tell lah yauw….

  • permana_yogas

    Jalurnya memang seperti itu
    Sama seperti R4nya
    selesaikan dibelakang meja atau berikan penjelasan satu arah via media dan buzzer maka berita negatif akan hilang di masyarakat
    Kecuali ada yang mau berbuat lebih seperti kasus c*v*c yang sampai nyewa pengacara agar mobilnya diganti.. pemberitaan jadi gencar dan akhirnya diganti baru
    Mungkin masyarakat yang kena bisa lewat club menghubungi pengacara tersebut
    Mengingat dulu dia juga getol nuntut f*rd yang kabur dr indonesia mungkin bakalan dibantu jg untuk kasus ini

  • niceguy

    Apa mungkin yamaha sengaja “melepas” pasar domestik, lebih fokus untuk global? Jadi seandainya disini laku syukur, ga laku pun gpp, yang penting ekspornya kenceng

    • Hr15de

      Nampaknya memang begitu. Sejak R25 awal bahkan, R25/R3 adalah produk global, dan YIMM kebagian rezeki bagus buat menyediakan stok global. Bukan masalah kipas2 dollar, tapi pure bisnis manufaktur yg membuat YIMM bertahan dengan produksi R25/R3.

  • Thurston River

    Yamaha bikin next R25 ini seperti main aman, R25 sendiri buat pasar global jadinya mungkin ga terlalu extreme buat facelift cukup fascia and tenaga, beberapa fitur kayak TCS cukup buat lawan Ninja and BabyRR and pembeda dari 2 motor tsb.

    motor lebih enakkan produksi buat asia only atau east asia only kayak new R15 bisa all out tanpa mikir (lebih) panjang buat pasar global, persetan dengan selera orang eropa maupun amerika bahkan planet namek sama wakanda sekalipun bodo amat yang penting pasar domestik bisa jualan banyak sesuai keinginan mereka.

  • Masblue

    Nope soal desain R25, yg kayaknya dan memang sudah ada spyshot memang ga WOW. Jd entah knp dg yimm, desain meeka sudah ga edgy layaknya max155-550 series. Suddah gundul dul. Sptnya beli motor skrg tuh g worth (>.<).

  • ChrisNug

    Lah,
    Ga jd 3 silinder?

  • Vendeta4

    Komentar di blog juragan triatmono:

    Blogger kondang pada tutup mulut
    Kaga berani ngebahas dalem

    Mungkin tinggal enoanderason
    Yang masih netral
    Semiga saja tidak teracuni

    #banyakygngarepkangenobahasjuga

Tinggalkan Balasan