5 Motor Konsep yang Harusnya Jadi Kenyataan

Hydrogen Fuel Cell

 

Suzuki Burgman Fuel Cell & Honda Hydrogen Concept

 

 

Suzuki Burgman Fuel Cell

Suzuki Burgman Fuel Cell

 

Dibanding menggunakan tenaga dari baterai listrik, teknologi yang satu ini punya efek ‘green’ yang setara motor listrik – tapi jauh lebih efisien & simpel. Ya, berbeda dengan teknologi motor listrik yang disuplai baterai lithium-ion, Hydrogen Fuel Cell menggunakan teknologi sel bahan bakar hidrogen!

Memangnya apa sih kelebihan Hydrogen Fuel Cell, Kang Eno?

 

 

Yang pertama tentu adalah zero emission. Karena sistem ini menghasilkan energi lewat reaksi sel bahan bakar hidrogen (H) & oksigen (O2), maka satu-satunya emisi yang dihasilkan hanyalah H2O… Yup, yang keluar dari knalpotnya (kalau ada) bukan gas karbon berbahaya laiknya mesin bensin – melainkan uap air!

 

Patent motor konsep Hydrogen terbaru Honda

 

Dan jangan lupa, lantaran penggerak rodanya menggunakan motor bertenaga listrik, otomatis motor dengan bahan bakar hidrogen juga bebas polusi suara laiknya electric bike…! Kelebihan lainnya, motor listrik juga dikenal memiliki hentakan torsi yang 3 kali lipat lebih dashyat dari motor bertenaga bensin konvensional.

 

 

Masih kurang? Hydrogen Fuel Cell juga memiliki tingkat efisiensi yang sangat luar biasa… Dalam sebuah presentasi mobil Honda Clarity, teknologi ini diklaim 5 kali lipat lebih efisien dibanding mesin bensin konvensional yang harus melewati reaksi pembakaran. Mesin bertenaga hydrogen tersebut bahkan 3 kali lipat lebih efisien dari mesin hybrid (electric + bensin) yang sebelumnya dikenal sangat irit bahan bakar!

 

 

Dan karena sistem pengisiannya mirip seperti bahan bakar minyak, so nggak perlu lagi yang namanya nge-charge lama laiknya motor bertenaga listrik tulen.

Saat artikel ini ditulis, baru Suzuki & Honda yang terang-terangan sedang mengembangkan motor berbasis Hydrogen Fuel Cell. Suzuki Burgman Fuel Cell bahkan tengah diuji coba langsung di Inggris lho! Nah, layak banget nih ditunggu realisasi konsepnya!

20 comments

Tinggalkan Balasan