Sketsa Patent Suzuki GSX-R250

Beneran Patent Suzuki GSX-R250 Nih?

Baca judulnya baik-baik ya, EA’s Blog serius nanya lho… Ini beneran patent Suzuki GSX-R250? Atau justru sketsa desain mocin terbaru yang memang banyak banget betebaran di dunia maya?

 

 

Beberapa hari ini, jagad blogsphere sedang ramai pemberitaan sketsa patent Suzuki GSX-R250… Sportbike 250cc terbaru dari geng biru langit, yang bakal diposisikan sebagai penantang langsung Honda CBR250RR & Kawasaki New Ninja 250R.

Jangan tanya EA’s Blog soal bocoran Suzuki GSX-R250… Karena saya belum pernah diajak langsung ke pabrik Suzuki Motor Co. di Jepang, nggak punya hubungan spesial dengan para tetua PT. SIS, yang akhirnya bikin EA’s Blog nggak punya bocoran apa-apa.

 

Sketsa Patent Suzuki GSX-R250

 

Melihat sketsa patentnya, saya langsung paham mengapa Suzuki GSX-R250 langsung disambut antusias para fans Suzuki diluar sana. Karena motor satu ini emang potensial (pake) banget!

Gimana nggak, suspensi depan sudah pakai upside down, kaliper cakramnya juga kelihatan sudah menganut tipe radial. Belum lagi ditambah swingarm asymmetric, monoshock plus link (eheemm, halo R25?), velg Y-spoke, sasis trellis, hingga desain yang full sporty banget. Dan ingat, part tersebut hampir semuanya berstatus all new, alias diracik dari NOL!

Kalau berdasarkan sketsa, modalnya ngeri-ngeri sedap juga nih GSX 1/4 liter! Dengan catatan, BASED ON SKETCH.

 

Sketsa Patent Suzuki GSX-R250

Sketsa Patent Suzuki GSX-R250

 

Gak cukup sampai disitu, bahkan mesinnya juga gak kalah bikin penasaran. Mesin 2 cylinder yang diusung Suzuki GSX-R250 terlihat menggunakan konfigurasi 2 silinder. Tapi bukan twin-cyl lemot seperti punya Inazuma, melainkan mesin yang benar-benar baru!

Karena waktu saya cocokkan dengan basic mesin di patent Haojue HJ300 – which is bakal jadi pengembangan GSX-S300 – bedanya jauh banget bak bumi langit.

 

 

Desainnya jauh lebih compact, sudah pakai konfigurasi DOHC 4-Valve (per silinder), sudah pakai tipe intake downdraft, plus box filter udara segede gaban. Segini aja sudah jauh lebih modern dari mesin prehistoric ala Ninja 250SL… Gimana kalau nantinya ditambahin teknologi baru lainnya?

Cocok banget deh buat nyaingin mesin Honda CBR250RR yang saya kagumi sejauh ini – baik secara teknologi, maupun performa. Tapi ingat, BASED ON SKETCH.

 

Sketsa Patent Suzuki GSX-R250

 

Tapi jujur, yang bikin saya sumringah sambil tersenyum di depan layar PC sewaktu lihat sketsa yang satu ini bukan speknya lho… Saya jadi keingetan obrolan ringan punggawa D’Gujubar (Jang Alki, Mangketu Kobay & EA’s Blog) dengan sosok Chief Engineer Suzuki Motor Co. sekaligus desainer Suzuki GSX-R150, Mr. Keisuke Namekawa, yang bertanya soal harapan di Suzuki GSX-R250.

Karena BASED ON SKETCH, semua unek-unek yang kami obrolkan di acara launching perdana Baby GSX-R tersebut jadi kenyataan…

 

11 comments

  • Usman

    Semoga nyata mang,semoga suzuki serius.kalo perlu nama mtornya serius r 250 hihihi

  • Gondes12

    Semoga nggak keburu tua,, pinginn nyicipin produk 1/4 Ltr punya suzuki,, yg udah jadi kodratnya suzuki punya performance yg bagus,, semoga cepat mbrojole

  • lynrd

    nah ini kan udh ada desain baru utk R250, mdh2an desain 250R nanti akan menurun ke R150 facelift ya.. hehe.. jujur kalo desain nya 250R saya suka masalahnya cuma di mesin aja sih

  • B lmp

    Yg aneh itu paten part yg menggantung atas fender belakang itu apa yah kira” msa fender smpe ada dua gtu atas bawah.. Apa stoplamp nya menggantung gitu?
    Hemmzz… Tpi sebenernya gak aneh sih karna suzuki biasa ngasih produk yg aneh aneh

    • robotic.munky

      saya juga merhatiin itu, kayanya sih stop lamp, soalnya bawah jok belakangnya kliatan sempit n kecil.

      • B lmp

        Wah klo bener stoplamp bakal aneh bgt nih apalgi klo nantinya mau di jual di indonesia susah di terima kebanyakan org

        • enoanderson

          Apalagi dikasih ke orang Indonesia (baca: EA’s Blog) ya, aneh sedikit pasti disindir teruuussss. Wkwkwkwk

  • Lord Jared

    Di Indonesia yang penting tampang ganteng dulu mang… wkwkwk Speed bisa jadi nomer kesekian wkwkw

  • Jack

    Obrak abrik abrik peta persaingan kelas seperempat liter..
    Cone and visit please:
    https://bramotor.wordpress.com/2018/05/15/honda-cbr1000rr-fireblade-akan-menggunakan-mesin-v4-mirip-rc213v/

  • Wayo

    setelah cbr250rr yang pure supersport 250, mungkin gsxr250r bakal habis2an menciptakan pure supersport sprempat liter berikutnya…

    new ninja 250 mskipun mesin d tuning ulang buat ngejabanin cbr tapi stylenya k sport trourer..

    dan disini yg bakal paling minder dan terbully yaitu R25 , Apa mau facelift nya cuman ganti tampang depan ama tuning mesin aj?

    ngelihat suzy bakal all out dgn sasis trelisnya yg aduhai (mirip cbr250rr sepintas) , downdraft intake + box dan ram d tangki depan (cbr250rr jg gitu)

  • uzhenk

    Untuk saat ini kayaknya jualan sport 250 hanya sebagai flagship menara gading puncak teknologi motor -di Indonesia- no thing to loose masalah MS nya berapa, yang penting juara ARRC dan WSS, toh RCV – CBR juara, yang lakunya tetep vario-mbit..

Tinggalkan Balasan