Ji Ming JM500

Sekarang, Giliran Kawasaki Vulcan S yang Dikloning Mocin Tiongkok

Ji Ming JM500 melanjutkan trend kloning motor geng-ijo yang sudah dimulai sejak beberapa tahun lalu… Welcome to the mocin club, Kawasaki Vulcan S!

 

 

Setelah motor 250cc komplit telah dikloning pabrikan roda 2 Tiongkok, kali ini mereka mengincar pasar yang lebih mewah: Moge, alias motor gede. Dan yang jadi korban kali ini adalah Kawasaki Vulcan S!

 

Ji Ming JM500

 

Pertama, kita lihat dulu apa saja persamaan antara Ji Ming JM500 & Kawasaki Vulcan S. Seperti yang bisa Brosist lihat pada gambar diatas, selain sama-sama mengusung genre cruiser bike, Ji Ming JM500 menggunakan tipe sasis yang mirip dengan Vulcan S.

Bahkan konfigurasi suspensi belakang offset monoshock yang khas ala moge 650cc Kawasaki pun turut ditiru lho! Dan gokilnya nggak cuma itu saja, desain lampu depan, knalpot, speedometer, tangki bahan bakar, jok, hingga velg pun ikutan mirip.

 

Ji Ming JM500

Ji Ming JM500

 

Sementara kalau bahas perbedaan dengan sosok aslinya, Ji Ming JM500 masih menggunakan swingarm belakang konvensional, belum dibekali stabilizer laiknya Vulcan S. Selain itu, body belakangnya juga dibuat berbeda… Kelihatannya sih untuk menghindari tuntutan plagiarisme.

 

Ji Ming JM500

Fitur Ji Ming JM500, ebuset ternyata lumayan juga!

 

Sekarang kita masuk ke bagian yang kerennya, karena kalau ditilik-tilik Ji Ming JM500 ini ternyata nggak bisa dipandang sebelah mata lho… Yang pertama, moge (mocin) cruiser sudah dibekali lampu utama LED projector + LED Day Running Light (DRL) lho – which is lebih seksi dibanding lampu utama Vulcan S yang masih bertipe bohlam standar.

Kemudian, ukuran karet bundar moge mocin ini juga lebih gambot ketimbang ban standar Vulcan S. Dan yang paling keren, sistem clutch nya sudah pakai hidrolik lho! Ya, kopling hidrolik! Ehemm, Vulcan S kapan punya fitur begini?

 

Ji Ming JM500

 

Bagaimana dengan sektor permesinan, Kang Eno? Well, tentu saja berbeda. Meski sama-sama mengusung konfigurasi 2 silinder, namun mesin Kawasaki Vulcan S masih jauh lebih superior dari Ji Ming JM500.

Ji Ming menggendong mesin Inline-Twin, 458cc, Injeksi, Liquid Cooled, dengan muntahan power maksimum hingga 35,5 HP @ 8.000 RPM & torsi 35 N.m @ 5.000 RPM. Jauh lebih inferior dari mesin Inline-Twin 649cc milik Vulcan S yang powernya tembus 60 HP.

 

 

Di Tiongkok, Ji Ming JM500 rencananya bakal dibanderol seharga (CNY) ¥ 25600, atau bila dirupiahkan sekitar Rp. 56 jutaan. Wow, jauh lebih murah dari banderol Kawasaki Vulcan S yang di Indonesia dilego Rp. 170 juta!

 

Ji Ming JM500 Ji Ming JM500 Ji Ming JM500

5 comments

  • Dewew

    Kok njengat gt ya spatbor blakangnya, jadinya mlah nyiptain celah cukup lebar. Jatohnya malah jdi scrambler.. gak jdi cruiser bike wkwkwk.. overall velg nya OK sih.. more goodlooking than vulcan s.

  • anonimus

    Menunggu honda rebel di kloning juga…

  • Hr15de

    Kang Eno, pernah ngebahas selera motor Eropa nggak? Sekalian hubungannya ama regulasi di sana. Apa seluruh Uni Eropa sama atau beda tiap negara? USA gak usah dibahas deh, gitu2 doang soalnya hehehe..

  • Setdah

    Lampu utamanya..ok tuh

  • Chinoy anaknya Asik

    Perbanyak Istighfar… Kalaupun dikasih saya ikhlas menolak. Lebih baik naik FU. Tahu dong tagline-nya?? “No FU No I Love U”

Tinggalkan Balasan