Jawa 350 Special

Motor Jawa Reborn Lagi… (Jawa 350 Special)

Jawa Logo

 

Singkatnya, Jawa Motors (Jawa Motokov) adalah pabrikan yang dahulu dibangun di Cekoslovakia pada tahun 1929. Pabrikan ini dirintis dan dibangun oleh František Janecek yang saat itu berhasil mengakuisisi pabrikan Wanderers asal Jerman yang hampir bangkrut. Nah, dari sanalah awal mula munculnya merk JAWA.

Asal kata JAWA diambil dari nama 2 Pembesar pabrikan ini yaitu JAnecek (Sang Perintis & Owner) & WAnderers (Pabrikan sebelumnya). Nah, sekarang sudah paham kan sedikit arti tentang asal usul nama merknya? Yuk kita bahas juga sejarah yang lainnya.

 

 

Frantizek Janecek sebenarnya bukanlah seseorang yang berasal dari dunia otomotif, latar belakang dirinya justru berasal dari bidang produksi persenjataan. Maklum, dulunya WAR was everywhere…

Untungnya, pengetahuan & pengalaman Janecek di bidang manufakturing tetaplah mumpuni. Beliau memilih mengakuisisi pabrikan Wanderers asal Jerman yang saat itu memiliki konsep motor 500 cc yang mumpuni namun belum sempat memproduksinya lantaran terancam bangkrut.

 

Jawa 350 Original

Jawa 350 Original

 

Setelah diakuisisi oleh Janecek, pabrikan ini pun berubah menjadi JAWA Motors dan langsung memperkenalkan motor 500 cc tersebut ke publik pada 23 Oktober 1929. Waktu demi waktu berjalan – akibat pergolakan ekonomi – Jawa mulai menggarap segmen motor kecil lainnya, termasuk Jawa 350-series yang nantinya jadi inspirator lahirnya motor terbaru bermerk Jawa (dibawah kendali Mahindra).

Meski ditinggal oleh sang founder pada tahun 1940, namun Jawa Motokov tetap melanjutkan inovasi & kreasi produknya. Mereka bahkan mampu unjuk gigi di balapan sekelas WorldGP (MotoGP) lho!

 

Jawa 350-V4 Type 673

Jawa 350-V4 Type 673, what a monster!

Jawa 350-V4 Type 673

Yang ini nih…

 

Gokilnya, mereka nggak mau hanya sekedar meramaikan balap WorldGP. Berberkal mesin 2-Tak 350cc V4 dengan lengkingan 15.000 RPM, Jawa 350 V4 Type 673 seakan menggambarkan ambisi Jawa Motokov merebut juara kelas 350cc, yang saat itu dikuasai motor gokil dari Honda.

Motor ini selesai diracik pertama kali pada akhir musim 1967, hingga kemudian baru dipakai untuk balapan resmi musim 1969 silam. Jawa 350 V4 Type 673 mengundang decak kagum dari berbagai jurnalis & pengamat kala itu… Karena spek, teknologi dan kompleksitas mesinnya dirasa terlalu tinggi untuk pabrikan (amatir) sekelas Jawa.

 

Jawa Retro 350 Type 640

 

Brand Jawa terus eksis, sampai akhirnya pada tahun 1993 terjadi perpecahan di negara Cekoslovakia. Akibat negara tersebut terpecah menjadi Republik Ceko & Slovakia, Jawa Motors pun ikutan terkena imbasnya – yakni ikutan terpecah menjadi beberapa anak perusahaan.

 

 

Baru di tahun 2016, Mahindra – dalam rangka ekspansi besar-besaran ke market Eropa (termasuk Asia) – mengakuisisi beberapa merk motor legendaris dunia. Selain BSA yang jadi legend di tanah Britania Raya, mereka juga mengakuisisi merk motor Jawa yang jadi ikon dari Eropa Timur.

 

 

13 comments

  • kebo berpedang

    Pas baca judul mikirnya ada kaitan sama Jawa, Indonesia,, taunya…., hahahaha.
    Seandainya masuk ke Indo dan tetap bawa merk “Jawa” kira-kira gimana ya ?

  • k4121m

    Pas juga amah indonesia,, selain namanya jawa,, livery moto gp nya juga berwarna merah putih apa inspirasinya dari sini ya..

  • Elek Elek

    Anjay, Pabrikan india, buatan Tionngkok

    Arti kata ‘Jawa’ dalam bahasa Ceko itu apa ya?

  • anonimus

    di indonesia keqnya masih jarang ya yg modifan retronya ala2 worldgp gini? bosen ane liat modif retro itu2 aja genrenya :v

  • Skidrow

    Jawa itu merek gabungan dari dua pabrikan, Janecek & Wanderers

  • Skidrow

    Lah kok nyempil disini wkwk

  • blackfirez

    Yakin kang kaga ada kaitannya sama Orang Jawa? Ane agak ragu. .soalnya merknya JAWA, pewarisnya bernama Janc*k. .kayanya sih ada keturunan deh. .

  • Ultraman

    Ngoahahaha……orang jawa timur donk…

  • Hr15de

    Bakal lebih asyik kalau BSA yg masuk sini. Secara BSA punya nama yg harum bagi pencinta motor klasik. Macam RE saja lumayan laku, ini di parkiran kantor ane ada 1 yg parkir tiap hari. Cakep banget euy..

Tinggalkan Balasan