Jawa 350 Special

Motor Jawa Reborn Lagi… (Jawa 350 Special)

Jangan tertipu dengan judulnya, karena Jawa 350 Special sama sekali nggak ada hubungannya dengan Indonesia.

 

 

Di tahun 2016 lalu, raksasa manufaktur India, Mahindra, mengakuisisi beberapa merk motor legendaris dunia. Selain BSA (Inggris), mereka juga ‘membeli’ merk motor Jawa! Tapi asalnya bukan dari pulau Jawa di Indonesia lho.

 

Jawa 350 Special

 

Dan seperti janjinya 2 tahun lalu, mereka akhirnya sukses membangkitkan kembali brand Jawa yang pernah ngehits era 70-an silam. Lewat motor cafe racer full fairing Jawa 350 Special, Mahindra coba untuk mengingatkan kita kepada masa kejayaan brand asal Ceko Slovakia ini.

Karena kalau dilihat secara tampilan, 350 Special jelas identik banget dengan Jawa 350 V4 Type 673 – motor balap Jawa yang pernah ikut ajang GrandPrix akhir tahun 60’an silam. Ya, Jawa juga pernah ikut WorldGP (MotoGP) lho… Dan lagi, pebalapnya juga bukan orang ‘Jawa’.

 

Jawa 350 Special

Tampang & livery-nya terinspirasi dari motor balap Jawa original lho!

Jawa 350-V4 Type 673

Yang ini nih…

 

Dari sisi permesinan, Mahindra mengambil jalan singkat untuk development jantung pacunya. Jawa 350 Special menggendong mesin silinder tunggal, 397cc, racikan Shineray, Tiongkok. Mesin yang juga digunakan di Shineray XY400 ini diklaim mampu mengail power maksimum 28 HP @ 6.500 RPM.

Dikombinasikan dengan bobot 170 Kg, not bad lah! Asal jangan harap performanya bakal setara motor balap sungguhan, karena Jawa 350 Special didesain untuk pasar motor klasik. Khususnya untuk menyaingi kesuksesan Royal Enfield dipasar Eropa & Asia.

 

 

Kalau Brosist sekalian bingung soal asal-usul motor Jawa yang EA’s Blog bahas kali ini… Langsung saja lanjut baca ke halaman selanjutnya!

 

Next Halaman > Sejarah JAWA, bukan dari Indonesia…

13 comments

  • kebo berpedang

    Pas baca judul mikirnya ada kaitan sama Jawa, Indonesia,, taunya…., hahahaha.
    Seandainya masuk ke Indo dan tetap bawa merk “Jawa” kira-kira gimana ya ?

  • k4121m

    Pas juga amah indonesia,, selain namanya jawa,, livery moto gp nya juga berwarna merah putih apa inspirasinya dari sini ya..

  • Elek Elek

    Anjay, Pabrikan india, buatan Tionngkok

    Arti kata ‘Jawa’ dalam bahasa Ceko itu apa ya?

  • anonimus

    di indonesia keqnya masih jarang ya yg modifan retronya ala2 worldgp gini? bosen ane liat modif retro itu2 aja genrenya :v

  • Skidrow

    Jawa itu merek gabungan dari dua pabrikan, Janecek & Wanderers

  • Skidrow

    Lah kok nyempil disini wkwk

  • blackfirez

    Yakin kang kaga ada kaitannya sama Orang Jawa? Ane agak ragu. .soalnya merknya JAWA, pewarisnya bernama Janc*k. .kayanya sih ada keturunan deh. .

  • Ultraman

    Ngoahahaha……orang jawa timur donk…

  • Hr15de

    Bakal lebih asyik kalau BSA yg masuk sini. Secara BSA punya nama yg harum bagi pencinta motor klasik. Macam RE saja lumayan laku, ini di parkiran kantor ane ada 1 yg parkir tiap hari. Cakep banget euy..

Tinggalkan Balasan