Honda PCX Hybrid

Honda PCX Hybrid Resmi Dirilis, ‘Hybrid’ For Everyone

Honda PCX Hybrid memang nggak se-advanced & se-kompleks yang kita duga sebelumnya. Tapi menurut EA’s Blog, maxi-scoot dengan tambahan baterai lithium-ion & unit elektronik canggih ini punya seabrek potensi luar biasa!

 

 

Via ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, PT. Astra Honda Motor akhirnya merilis Honda PCX Hybrid – skuter matik Hybrid pertama di Indonesia. Gokilnya lagi, bahkan diklaim yang pertama di Dunia lho! Meskipun tentunya dengan tanda * kecil dipojokan.

Memangnya apa saja sih keunggulan PCX Hybrid ini, Kang Eno?

 

Honda PCX Hybrid

 

Sebenarnya ada banyak banget yang bikin saya kaget saat menghadiri acara presentasinya kemarin… Yang pertama, Honda PCX Hybrid ternyata sudah diproduksi lokal di Indonesia, via pabrik PT. Astra Honda Motor plant Sunter. Bukan motor impor (CBU) seperti yang saya, ataupun Brosist perkirakan sebelumnya.

Bahkan, tingkat komponen dalam negeri (TKDN) dari Honda PCX Lokal ini diklaim sudah mencapai 95%! Yang menandakan hampir seluruh komponen partsnya sudah diproduksi secara lokal di Indonesia.

 

 

Kalau melihat secara konstruksi sih seharusnya ini bukan hal yang mengagetkan. Pasalnya, Honda PCX Hybrid pakai basis PCX 150 Lokal tipe ABS. Perbedannya terletak di aksen LED headlamp, LED stoplamp, speedometer, wiring (perkabelan), emblem ‘Hybrid’, unit motor assist (kita bahas di paragraf selanjutnya), plus warna Hybrid Blue yang super blink-blink bak make up artis dangdut.

 

Honda PCX Hybrid

Nih dia generator ACG di PCX Hybrid

 

Yang bikin kaget selanjutnya, konsep ‘Hybrid’ yang dipakai oleh Honda PCX Hybrid ternyata nggak se-kompleks yang kita kira sebelumnya. Maxi-scooter ini TIDAK menggunakan unit motor listrik terpisah yang bisa dipakai secara mandiri (baterai) untuk menjalankan motor tanpa bantuan mesin bakar… Seperti yang saya pelajari di mobil hybrid seperti BMW i8 ataupun Porsche 918.

Konsep Honda PCX Hybrid sepenuhnya bergantung pada mesin 150cc eSP laiknya PCX Lokal standar. Baterai tambahan yang dimiliki PCX Hybrid berfungsi mengalirkan voltase tinggi ke generator ACG yang selama ini kita kenal sebagai motor starter super senyap dari Honda. Karena voltase yang diterima sangat tinggi, generator pun berputar sangat cepat.

 

Honda PCX Hybrid

Yang lampu berwarna diatas merupakan alur voltase listrik dari dan menuju baterai lithium-ion

 

Buat apaan muter generator ACG, Kang Eno? Nah, disinilah kata kunci ‘Hybrid’ yang ada di Honda PCX Hybrid.

Putaran di generator ACG tersebut menghasilkan ‘boost’ tenaga tambahan ke mesin 150cc eSP yang dipakai PCX Hybrid. Seberapa besar? Menurut spesifikasi, boost tenaganya sekitar 1.9 HP serta 4.3 N.m di kitiran mesin rendah! Nah, lumayan ganteng kan?

Yang perlu digaris bawahi, ekstra ‘boost’ tersebut hanya berlangsung selama 3 detik. Setelah itu, kerja mesin bakal kembali menggunakan dapurpacu 150cc eSP seperti halnya PCX Lokal bermesin konvensional.

 

 

Cuman 3 detik doang, Kang Eno? Singkat banget sih ekstra power dari motor assist Honda PCX Hybrid…?

Eits, nggak perlu khawatir. Karena seperti halnya di mobil hybrid papan atas, generator ACG bakal kembali mengisi daya baterai lithium-ion hingga siap digunakan kembali saat tidak terpakai… Contohnya saat kondisi diam, riding santai, ataupun deselerasi. Baterai li-ion bakal diisi ulang untuk diajak boost power lagi ketika dibutuhkan. Begitu seterusnya.

Honda bahkan memberikan indikator khusus untuk boost & indikator baterai lithium-ion di speedometer PCX Hybrid, untuk memantau ekstra boost. Sayang karena belum diproduksi masal, jadi saya belum diberikan kesempatan test unitnya sambil merasakan sensasi ‘ekstra boost’ tersebut.

 

Honda PCX Hybrid

 

Nah, sistem inilah yang disebut Honda sebagai ‘Motor Assist’… Jangan salah paham dulu ya, maksudnya BUKAN motor tambahan! Tapi kayaknya salah Honda Motor Co. sendiri sih, kasih nama teknologinya terlalu hebring, jadi banyak yang salah paham, wkwkwk.

Sebenarnya sistem kerjanya nggak sesimpel ini, masih banyak part elektronik lain yang bertugas mengatur aliran voltase tersebut. Tapi lebih baik kita bahas di rubrik Engine Holics aja ya! Sekarang kita bahas sesimpel & semudah mungkin bagi Brosist sekalian. Lanjut…

 

Honda PCX 150 Hybrid 4

 

Untuk kenyamanan user, Honda juga turut membekali PCX Hybrid dengan riding mode yang bisa dipilih. Mulai dari D (tambahan power minim), S (ekstra power terbesar), serta ISS Off untuk mematikan kinerja Idling Stop saat menggunakan ekstra power… Tombol switch riding modenya mirip seperti milik CBR250RR, di sisi kiri yang biasanya digunakan sebagai dim lampu jauh.

Terus, kenapa bahan bakarnya bisa dibilang lebih irit? Karena saat boost power tersebut, ECU tidak memerintahkan injektor menyemprot bahan bakar ekstra… Seperti yang dijelaskan tadi, tenaga putarannya datang dari unit motor assist. Klaim keiritannya cuma beda 3% sih dari PCX Lokal.

 

Honda PCX Hybrid 2

Honda PCX 150 Hybrid

 

Dirilis hanya dengan 1 pilihan warna: Hybrid Blue, Honda PCX Hybrid ditargetkan diproduksi sebanyak 2.000 unit pertahun, yang dimulai pada semester II 2018 mendatang. Karena ini merupakan teknologi baru yang belum ditemui di motor manapun, nampaknya Honda ingin ‘main aman’ dalam tahun kehadiran perdana sang Hybrid.

Harganya? Belum dipastikan, namun para bos-bos PT. Astra Honda Motor memberi bocoran harganya bakal diset Rp. 40 jutaan – atau lebih mahal sekitar 10 jutaan dibanding PCX Lokal varian ABS yang menjadi basic PCX Hybrid… Asal masih 40-43 jutaan loh ya, semoga bukan Rp. 49,99 juta.

Nggak perlu khawatir pajak tahunannya bakal melambung, karena biaya pajaknya sudah dipastikan sama aja kayak PCX biasa kok!

 

 

Sebagai seorang yang terus belajar dunia technical, jujur-jujuran aja nih ya, mekanisme teknis Honda PCX Hybrid tentu saja diluar ekspektasi saya.

Tapi kalau membuka mata, melihat kondisi Indonesia yang sangat tidak mendukung kendaraan elektrik, plus kultur masyarakat yang masih enggan berpaling dari mesin bensin konvensional – nampaknya Honda PCX Hybrid jadi win-win solution soal perkembangan motor hybrid di Indonesia.

Kalau sudah ada basis Hybrid seperti ini kan enak, tinggal dikembangkan lagi supaya menghasilkan power setinggi-tingginya, dengan efisiensi bahan bakar yang seirit-iritnya. Iya nggak?

 

Honda PCX 150 Hybrid 3

 

Dan yang lebih mind-blowing lagi, tahukah Brosist kalau Honda Vario 150, Vario 125, Scoopy R12, bahkan hingga Honda BeAT-series sekalipun – saat ini (kalau AHM mau) bisa disulap jadi motor Hybrid?

Yes, welcome Honda PCX Hybrid! 2 jempol keatas karena sudah mengantarkan Indonesia ke pintu gerbang era Hybrid Bike… Bukan Hybrid versi sultan bergelimang harta, tapi Hybrid for Everyone.

 

 

37 comments

  • Pelupa dan pemimpi

    Ohh… Itu toh mksudnya HYBRID versi AHM…

  • Puyeng

    Klo kata saya mah biasa aja kang gk ada wow y. Kirain kalau lg posisi speed 0-40 pakai motor listrik.trus 40-poll pakai mesin bensin. Baru spektakuler ya kang.. wkwkwkwk

    • enoanderson

      Buat saat ini saya belum bisa komen banyak kang, soalnya belum nyoba juga sih, wkwkwk…

    • Hondagelan

      Busettt teknologi absurd dari ahm, ini sih sama aja ikut mekanisme lawas super kips pada ninja 2 tak

      • Colimen

        Hondadagelan

        Secara teknis performa, mirip.. Tp beda sumber dayanya.. Kips jelas dr konsumsi bensin yg lebih boros, kalo hybridnya pcx, sisa dr tenaga yg disimpan dibaterei..

  • SPV

    Wih Honda emang canggih…
    Beda ama si yahaha..
    ..
    Dekat ama Honda = auto kaya…
    Dekat ama Yahaha = auto melarat…
    ..
    Honda emang terbaik untuk bloger…
    Duit ngalir trus euy….

  • Red Satellite

    Hybrid ala” kyk ertiga diesel & cr-z
    Rada sangsi rasanya kalo dibilang hybrid beneran

  • widhy980

    ini lebih pasnya diaebut dengan mild hybrid kaya suzukin ertiga diesel juga pake sistem demikian, starter dinamo bertugas memberikan tambahan tenaga pas akselerasi …

    • enoanderson

      Kemarin sempet ngobrol sama ipanase pertamax7, katanya sih memang begitu. Bedanya buat sumber voltasenya si ertiga ini katanya pakai accu segede gaban ya kang?

  • Standar Ganda

    Ngibrit x ah.. aktif cuma 3 detik itupun klu gas d betot mendadak dr keadaan diam..
    Masa iya macet2an gas maen betot aja.. biasanya sih diurut..

    • enoanderson

      Nggak harus dalam keadaan diam kok kang, pas mau overtake selap-selip juga kepakai

    • Medimore

      Beda biker beda perlakuan mlintir
      Liat dah di lampu merah , banyak banget type biker ada yg maen betot ada juga yg santai

  • permana_yogas

    Mild hybrid ala ertiga
    Power nambah tapi ga bisa dipungkiri kalo berat juga nambah
    Menurut ai beda power ga akan terlalu berasa dibanding versi konvensional
    So jika harus memilih tentu ai pilih nmax sampai masalah2 pcx kek shock bengkok, kaca speedo retak sudah diperbaiki ahm

  • goezman

    Awal muncul info2 pcx baru ini terus terang menurut saya biasa aja gak menarik. Klo yg full elektriknya 40 jutaan jg baru tuh mantap. Mild hybrid kyk gini cuma buat marketing gimmick aja

  • Elek Elek

    2 paragraf terakhir adalah harapan

    • enoanderson

      Betul, karena teknologi kendaraan yang berhubungan sama elektrik, kita masih jauh dari harapan.

  • robotic.munky

    saya bner2 tertarik sama WARNAnya, teknologinya sih sederhana bgt, tapi kalo emang bner2 bisa assist di low speed (macet2an) harusnya sih efisiensinya bisa diatas 3%

    normal avg. bensin pcx saya rute macet2an 50% lancar 50% perjalanan 50km, 43-45km/L
    tadi pagi macet parah bgt + low speed gara2 grimis2an, cuma dapet 41km/L,

    perhitungan PCX hybrid aja sih gimana bisa 3% trafficnya gimana.

  • Joko

    Cuman gitu aja? Padahal saat ngisi battery, sebagian power akan hilang menjadi energi listrik… Dan ada loss energy. Saat boost, energi listrik diubah jadi gerak…. Ada loss energy lagi…. Adeuh. Masih lebih simple VVA… Bisa boost tenaga di high rpm… Ga pakai itungan detik lagi… 3 detik cuman 1 sentakan gas saja

  • rio

    sistemnya mirip ertiga diesel kang..

  • mesblu

    semi hybrid okelah, nambah tenaganya ajegile cuma sepadan ga sama bobotnya?? Nah kalo hybrid masal di seri 110/125 bisa hybrid itu masalahnya worth pa ga xixixi

  • uzhenk

    Beda sama pcx jepun yang gak pake snalpot ya? Ini malah pcx turunan F1 yang pake Kers…

    Mang.. itu pcx hybrid ada lampu footstepnya gak?

    • enoanderson

      PCX Elektrik? Elektrik mana ada sendalpot nya kang? Wkwkwk…

      Wah, saya nggak merhatiin. Keknya sih nggak ada deh

  • Juan

    Yg spektakuler itu angka 3%… Jauuh bangeet dari ekspektasi keiritan teknologi hybtid di mobill…

Tinggalkan Balasan