Massimo Tamburini T12

WTH: Ebusyet, Motor Ini Harganya 13 Milyar!

Ada ‘sultan’ yang punya uang nganggur 13 milyar? Nah, motor yang satu ini layak untuk jadi bahan koleksi di garasi rumah… Tamburini T12!

 

 

Perkenalkan, motor yang satu ini bernama Tamburini T12. Motor limited edition yang didesain khusus untuk menghormati sosok desainer motor legendaris, Massimo Tamburini, yang tutup usia tepat 4 tahun yang lalu. Memangnya do’i siapa sih, Kang Eno?

 

Massimo Tamburini

 

Massimo Tamburini adalah salah satu pendiri Bimota (BiMoTa = Bianchi, Morri & Tamburini), yang juga pernah menjabat sebagai desainer utama 3 pabrikan terbesar Italia sekaligus: Cagiva, Ducati & MV Agusta.

Sepanjang hidupnya, Tamburini terkenal sebagai desainer motor ultra eksotis yang sekaligus jadi identitas motor Italia hingga saat ini. Contohnya seperti Ducati 916, MV Agusta F4, Bimota Tesi, hingga Cagiva Mito yang pernah ngehits di Indonesia era 2000-an silam.

Kalau Brosist rajin baca EA’s Blog, yang disebutkan tadi motor legendaris semua lho!

 

Massimo Tamburini T12

 

Sementara itu, Tamburini T12 adalah project motor terakhir yang didesain langsung oleh sosok Massimo Tamburini. Motor ini didevelop sebagai ‘ultrabike’ dengan bobot yang sangat ringan, plus power mesin yang setara motor balap MotoGP. Sayang, Tamburini justru meninggal dunia 6 April 2016 silam – sebelum bisa menyelesaikan project tersebut.

 

 

Lantas, apa yang membuat Tamburini T12 begitu mahal – bahkan sampai tembus Rp. 13 milyar? Jawabannya bisa Brosist lihat langsung dengan mata telanjang. Selain jadi motor limited edition, T12 juga pakai spesifikasi teknis ultra-eksotik, bahkan setara MotoGP lho!

Suspensi contohnya, didesain khusus oleh Ohlins dengan spek yang setara MotoGP… Pun demikian dengan sektor pengereman, disuplai langsung oleh Brembo dengan spek ala Valentino Rossi.

 

Massimo Tamburini T12

 

Dan bukan cuma itu saja, velgnya pakai forged magnesium, single sided swingarm pakai magnesium alloy, sasinya pakai baja berstandar militer, body terbuat dari carbon fiber, ban Pirelli berspek sama persis WSBK, serta masih banyak lagi part lain yang dibuat pakai material super mahal.

Tujuannya apa? Supaya bisa mewujudkan konsep dasar Massimo Tamburini sebelumnya, ultrabike berbobot ringan.

 

Massimo Tamburini T12

 

Sementara itu, di sektor mesin Tamburini T12 bakal menggunakan mesin 1 liter berkonfigurasi inline four, yang mirip dengan superbike kebanyakan. Mesin ini berbasis BMW S1000RR yang dituning ulang, sehingga mampu mengail power maksimum lebih dari 230 HP! Wow, setara motor balap tim satelit MotoGP nih!

Harganya sendiri nggak dipublikasi, tapi bocorannya seharga (USD) 1 Juta US Dollar – atau lebih dari Rp. 13 Milyar! Ebuset, yang beli pasti sultan banget deh!

 

 

11 comments

Tinggalkan Balasan