Honda 25th Indonesian Technical Skill Contest Regional Jakarta - Tangerang

Adu Mekanik AHASS Terbaik Se-Jakarta & Tangerang, Persaingan Demi Konsumen!

Pernah kecewa dengan pelayanan mekanik AHASS yang nggak bisa menyelesaikan problem motor Honda Brosist sekalian? Tenang, PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) punya jawabannya!

 

 

Berlokasi di Training Center Wahana Jatake Makmur Sejati (main dealer Honda Jakarta-Tangerang), Honda 25th Indonesian Technical Skill Contest Regional Jakarta-Tangerang mencapai klimaks sehari lalu. Masing-masing mekanik senior & Service Advisor (SA) dari AHASS Jakarta-Tangerang unjuk gigi jadi yang terbaik di ajang ini.

 

Honda 25th Indonesian Technical Skill Contest Regional Jakarta - Tangerang

 

Nggak ketinggalan, PT. WMS juga membuka kelas untuk anak SMK binaan Wahana yang berbakat, unjuk gigi mengharumkan nama sekolah… Mengusung tema Honda 9th Technical Contest For High School, acara ini sudah berlangsung selama 9 tahun lho!

Total 1.935 mekanik AHASS, 340 Service Advisor dan 104 pelajar dari 53 SMK Binaan Wahana dalam tahap seleksi yang diselenggarakan selama 10 hari (2-12 April 2018).

Kebetulan, EA’s Blog berkesempatan meliput acara finalnya yang digelar pada Kamis (12/04/2018) lalu. Finalisnya terdiri dari 10 Mekanik Senior, 10 Service Advisor (SA), serta 12 siswa SMK terbaik se-Jakarta & Tangerang.

 

Honda 25th Indonesian Technical Skill Contest Regional Jakarta - Tangerang, Mekanik AHASS

Honda 25th Indonesian Technical Skill Contest Regional Jakarta - Tangerang

Pusing analisa problemnya mas? Lah, apalagi saya, wkwkwk…

 

Acaranya dimulai dari kelas Mekanik AHASS, yang punya tensi super tinggi. Karena 10 finalis di ajang puncak ini nggak cuma berebut untuk mendapat hadiah jutaan rupiah – tapi juga membawa nama besar bengkel AHASS masing-masing, serta berpeluang mewakili Ibukota dalam kontes Honda 25th Indonesia Technical Skill Contest Nasional, bulan Juli 2018 mendatang.

 

 

Bahan oprekan para mekanik AHASS kali ini adalah Honda Supra GTR 150, yang oleh para panitia sengaja dibuat rusak di berbagai sektor… Sepengamatan saya, kerusakannya mulai dari indikator lampu MIL error (kerusakan sistem PGM-FI), lampu-lampu, roda, sampai kelistrikan! Plus ditambah pengecekan (servis) standar juga.

Penilaian kontes kali ini bukan cuma sekadar cepat, tapi juga mencakup ketelitian, kerapihan kerja, plus ketepatan penggantian part. Sesuatu yang (jujur saja) sering dikeluhkan oleh para konsumen setia AHASS diluar sana. Termasuk EA’s Blog.

 

Honda 25th Indonesian Technical Skill Contest Regional Jakarta - Tangerang

 

Mekanik AHASS yang saya liput kali ini memang pantas masuk final. Edan, kerjaannya cepat & rapi banget! Rata-rata kontestan mampu menganalisa kerusakan, plus memperbaikinya dalam waktu kurang dari 30 menit, bahkan ada yang nggak sampai 20 menit – dari 35 menit yang disediakan juri.

Supra GTR 150 yang sebelumnya mati total, langsung siap geber!

 

Honda 25th Indonesian Technical Skill Contest Regional Jakarta - Tangerang

Nah ini baru namanya Kids Zaman Now yang oke punya!

 

Sesi kedua digelar khusus untuk anak SMK (sederajat) binaan Wahana dari seluruh Jakarta-Tangerang. Kali ini bahan oprekannya adalah Honda BeAT eSP terbaru! Sama seperti sebelumnya, BeAT ini juga dibuat rusak oleh panitia – sementara para anak muda tersebut diminta menganalisis kerusakan & melakukan perbaikan.

Di sesi kali ini, kondisinya agak berbeda dengan para mekanik senior. Dari 12 peserta final, terlihat ada beberapa yang masih gugup ditonton EA’s Blog (pede banget, wkwkwk), dan ada juga yang over-acting dalam pengerjaan.

 

Honda 25th Indonesian Technical Skill Contest Regional Jakarta - Tangerang

 

Yang bikin tambah greget, saat 1 orang siswa SMK bisa memperbaiki masalah PGM-FI dan sukses menyalakan motor, anak muda lainnya nggak mau kalah ikut menyalakan motor sambil geber-geberan… Darah muda, Bro!

That being said, siswa SMK ini ternyata nggak kalah dari para senior. Meski problemnya lebih sederhana, tapi para peserta yang rata-rata baru kelas 2 SMK ini sukses mengerjakan tugas sebelum waktu yang disediakan panitia habis! Sorak-sorai supporter dari sekolah masing-masing bikin suasana tambah exciting bagi para anak muda tersebut.

 

Honda 25th Indonesian Technical Skill Contest Regional Jakarta - Tangerang

 

Dan sesi terakhir, digelar khusus untuk para Service Advisor (SA). Nah, kali ini metode pengerjaannya beda banget dari 2 sesi sebelumnya. Para SA tersebut diharuskan menjamu konsumen, mendengarkan keluhan konsumen, serta turut membantu pekerjaan mekanik memperbaiki sepeda motor! Wow harus bisa semua dong, Kang Eno?

Nah ini dia yang baru saya pahami… Karena sepengalaman saya, orang-orang yang duduk di meja pelayanan servis konsumen ini biasanya cuma duduk-duduk doang sambil mencetak bon transaksi servis. Ternyata (aslinya) ribet juga lho! Bahkan mereka juga harus siap jika harus diposisikan sebagai mekanik utama. Walah…!?

 

 

Para juri kali ini bertindak sebagai konsumen, dan harus dipuaskan oleh kinerja para finalis Service Advisor Jakarta-Tangerang. Sepengamatan saya, mereka melakukan good job saat menangani keluhan konsumen, tapi masih kesulitan saat dipaksa memperbaiki kerusakan di Honda CB150R Streetfire yang jadi bahan oprekan.

Ada beberapa yang mampu memuaskan juri & memperbaiki motor dalam waktu 35 menit yang disediakan, tapi ada juga yang belum berhasil saat memperbaiki motor.

 

 

Dan akhirnya, waktu yang ditunggu-tunggu… Pengumuman pemenang! Brosist yang tinggal di sekitaran wilayah Jakarta-Tangerang bisa langsung sambangin para Mekanik & Service Advisor (SA) terbaik berikut ini di bengkel AHASS mereka masing-masing:

 

Honda 25th Indonesian Technical Skill Contest Regional Jakarta - Tangerang

 

Pemenang Kategori Mekanik AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) Terbaik

Juara 1 : Misbakhul Munir (Wahana Artha Ritelindo Jatake, Tangerang)
Runner-up : Gerry Panaula (Tunas Dwipa Matra)
Juara 3 : Ari Kusnandar (Tunas Dwipa Matra)

 

Honda 25th Indonesian Technical Skill Contest Regional Jakarta - Tangerang

 

Pemenang Kategori Service Advisor AHASS (Astra Honda Authorized Service Station)

Juara 1 : Waluyo (AHASS Honda Cengkareng)
Juara 2 : Joswanto (AHASS Robinson)
Juara 3 : Ahmad Mulyadi (AHASS Clara II)

 

Honda 25th Indonesian Technical Skill Contest Regional Jakarta - Tangerang

 

Dan ini dia, para siswa SMK terbaik binaan PT. Wahana Makmur Sejati

Juara 1 : M. Iqbal (SMK Strada)
Juara 2 : Muhammad Salam H (SMK Wipama)
Juara 3 : Adriansyah Nur (SMKN 5 Kabupaten Tangerang)

 

 

9 comments

  • Roki

    Kalo mekanik resmi nya gw ga ragu kang, garapan nya bagus & rapi (di ahass langganan gw). Tapi semua berubah saat ahass tsb dimasuki anak magang. Waow, yang namanya salah pasang part sampe masalah yg seperti nya ga di sentuh sama sekali bikin gw ogah bgt balik ke sana.

  • Fbh kecewa

    Hahahahaaa cuma bisa ketawa jahat, dilapangan mekaniknya ancur semua ilmunya dikit, servicenya gak kompeten, pelayanannya terburu-buru

  • Nerrazzurri

    MangEno sbg Juri kok ga ikutan Exist kejepret kamera..

  • Gobleh

    Pengalaman servis vario 150 di salah satu AHASS terbesar di kota kelahiran saya Purwokerto, dipegang sama mekanik resmipun baut cover CVT bisa ilang dua biji !!!
    Kaget waktu mau service lagi di bengkel AHASS berbeda, mekaninknya ngasih tau.
    Dan saat tanya ketersediaan part baut yang ilang di setiap bengkel AHASS di Purwokerto, mereka gak nyediain, disuruhnya ke toko biasa aja beli bautnya. Ckckck.

  • Fbh kecewa

    Mekanik ecek ecek khas sayap

Tinggalkan Balasan