Moge CF Moto

Produsen Mocin Tiongkok Ini Resmi Gandeng KTM (Plus Beli Mesinnya)!

Tiongkok & Austria join buat bikin moge 1 liter? Ketikkan #2 dan share untuk melihat hasilnya…

 

 

CF Moto adalah salah satu produsen lokal Tiongkok yang paling terkenal di segmen motor berkapasitas besar (moge). Kalau mau tahu apa saja tipe moge yang dijual, Bro & Sist bisa cek gambarnya dibawah ini, lumayan kan? Daripada lumanyun…
Moge CF Moto

 

Nggak puas sampai disitu – demi memperbarui line up produk – CF Moto saat ini sukses menggandeng produsen motor yang tengah naik daun di Eropa, KTM Austria. Selain melakukan kerjasama bisnis & manufaktur, CF Moto juga sukses membeli hak paten mesin moge KTM lho!

 

Rise of Mocin?

 

KTM LC8 Engine

Ini lho mesin KTM LC8 yang diboyong CF Moto

 

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, CF Moto membeli seluruh hak paten mesin V-Twin “LC8” 999cc milik KTM untuk dipasang di moge miliknya. Mesin ini pastinya sudah sangat familiar bagi para fans pabrikan oranye, lantaran jadi basis mesin moge KTM Austria sejak tahun 2003, hingga digantikan oleh generasi 1190cc terbaru pada tahun 2013 silam.

Mereka bahkan berkonsultasi langsung dengan engineer KTM untuk sektor pengembangan mesin, sebelum nantinya diproduksi mulai tahun 2020 mendatang di China. Mereka juga merencanakan kenaikan kapasitas mesin menjadi 1.080cc, dengan spek power & torsi yang jauh lebih mumpuni dari produk lawas KTM.

 

Konsep CF Moto V.02

Konsep CF Moto V.02 – pakai mesin KTM LC8 & Desain ala Italia!

 

Bukan cuma menggandeng KTM dalam urusan mendevelop mesin, CF Moto juga sukses menggaet mantan desainer Benelli Italia, Pierluigi Marconi. Pria ini dikenal sebagai sosok yang mengembangkan Benelli Tornado Tre, serta salah satu motor dengan paling gokil, Bimota Tesi. Marconi bakal bertanggung jawab terhadap desain moge terbaru. Contohnya seperti yang bisa kita lihat pada konsep CF Moto V.02, yang punya desain unik ala motor Italia.

Mesin KTM Austria, Desain Italia & Harga Tiongkok? Wah, resep luar biasa buat kembangkan motor lokal Tiongkok nih!

 

 

Keuntungan Bagi KTM

 


Apa keuntungan yang didapatkan KTM Austria sehingga mau diajak kerjasama dengan CF Moto – yang punya citra buruk karena punya ‘Cap Tiongkok’? Well, banyak! Yang pertama adalah soal produksi. Ya, perjanjian kerjasama tersebut membuat KTM punya plant produksi tambahan via pabrik baru CF Moto di Hangzhou, China.

Produsen yang identik dengan warna oranye ini bahkan berencana memindahkan plant produksi motor kelas menengahnya – yang saat ini diproduksi di pabrik Mattighofen, Austria – ke pabrik Tiongkok lho! Ya, moge 799cc MADE IN CHINA. You know, penghematan cost.

 

KTM Duke 250 2017

 

Pemindahan plant produksi ini masuk ke dalam rencana jangka panjang KTM, yang punya target menjual 400.000 unit sepeda motor (merk KTM & Husqvarna) pada tahun 2022 mendatang. Saat ini, sekitar 150.000 unit motor KTM diproduksi langsung di pabrik Mattighofen, Austria.

Sementara itu, 90 ribuan unit lainnya diproduksi lewat kerjasama Bajaj-KTM di pabrik Chakan, India. Nah, plant produksi terbaru CF Moto nantinya diharapkan bisa menyumbang lebih dari 50.000 unit sepeda motor pertahun.

KTM nampaknya belum puas, meski sudah mendapatkan gelar sebagai produsen Eropa terlaris – dengan rekor penjualan tembus 238.334 unit di seluruh dunia sepanjang tahun 2017 lalu.

 

 

Meski bakal diproduksi di plant produksi yang sama, namun KTM & CF Moto memutuskan untuk tidak melakukan hal yang sama dalam sisi sales & penjualan. Ya, keduanya berjalan di jalurnya masing-masing soal jualan motor.

Mungkinkah kerjasama ini bakal membawa angin segar bagi CF Moto & KTM Austria? Kalau dilihat prospeknya, “ngeri” juga nih!

 

 

12 comments

Tinggalkan Balasan