Suzuki Bandit 150

Spyshot Suzuki Bandit 150 Beredar, Mengecewakan?

Untuk pertama kalinya, Spyshot Suzuki Bandit 150 akhirnya bertebaran di sosial media. Tapi sedihnya, hanya butuh beberapa menit sebelum mendapat bully berjamaah. So, is it that bad?

 

 

Akhirnya, progres Suzuki Bandit 150 di Indonesia mulai terbuka lebar. Setelah beberapa bocorannya beredar ke dunia maya, kali ini sosok yang diduga sport 150cc anyar Suzuki terjepret kamera tengah dites jalanan pakai plat nomor yang mirip seperti unit test GSX-S150 EA’s Blog beberapa waktu lalu. Sayang, sosoknya dinilai masih jauh dari harapan. Mengecewakan?

 

Suzuki Bandit 150

 

Selain maxi-scooter penantang NMAX & PCX Lokal, sosok Suzuki Bandit 150 adalah salah satu motor yang paling ditunggu-tunggu di tahun 2018. Bagi EA’s Blog pribadi – selain CB150R yang konon bakal dapat update Neo Sports Cafe – Bandit adalah sosok motor yang saya harapkan bisa bikin segmen naked 150cc kembali bergairah. Setelah dirusak oleh duo Vixion & Vixion R yang tampangnya mendadak Honda-ish.

Sosoknya dihadirkan untuk menggantikan (atau menemani) GSX-S150 yang dinilai punya kelemahan dari sisi desain & buritan yang terlalu ekstrim untuk boncenger. Ditambah mesin selembut sutra ala DOHC Overbore, banderol menggiurkan, plus kualitas khas ala Suzuki, wajar kalau kita punya ekspektasi tinggi. Nah, gimana saat melihat jepretan spyshot yang beredar, Kang Eno?

 

 

Hal pertama yang harus dikonfirmasi, Suzuki akhirnya merombak ulang sasis GSX150-series, kemudian meracik buritan yang nampak lebih bersahabat bagi boncenger. Model joknya juga sesuai bocoran, pakai model tandem. Kabar baik selanjutnya, sosok yang diduga Bandit 150 ini juga sudah dibekali rear grip (handle belakang). Yay….! Yang belum pernah pakai GSX-S150 pasti nggak paham betapa annoying-nya geser naked bike ini diparkiran.

 

Suzuki Bandit 150

 

Selain itu, kita juga bisa melihat beberapa detail milik GSX-S150 masih dipertahankan di Bandit 150. Contohnya seperti knalpot, footpeg boncenger, serta fender spakbor belakang khas ala GSX-series yang bisa dilepas sesuai kebutuhan. Sayang, bagian depannya masih belum terjepret kamera. Bikin penasaran aja sih!

 

 

Sementara sektor kaki-kaki nampaknya nggak ada perubahan, motor yang diduga Bandit 150 ini masih mengandalkan suspensi, velg & ukuran ban yang identik dengan GSX-S150. Which is a good thing – karena dari hasil test yang saya lakukan – kombinasi suspensi monoshock (link), shock teleskopik racikan Showa, velg 6 palang Y-spoke & ban IRC Exato di GSX-S150 adalah kombinasi kaki-kaki yang terbaik dikelas 150cc.

Loh cuma gitu doang komennya, Kang Eno? Lha, mau komentar apa lagi, yang kelihatan cuma stoplamp belakang doang!

 

 

Apakah overall desain Suzuki Bandit 150 mengecewakan? Kalau dari belakang – ingat cuma dari belakang – sepertinya iya. Apalagi saat melihat stoplamp yang bulat yang mirip part stoplamp reject bekas Satria F150 Injeksi. Tapi jangan underestimate dulu, karena bagian depannya masih belum terekspose.

Siapa tahu lumayan keren kan? Siapa tahu… Siapa tahu malah bisa menaikkan rate banner Suzuki untuk berkomentar “not bad”? Kabar baik buat yang bermitra – which I’m not.

Meskipun kalau melihat kiprah mereka 1 dekade kebelakang, minta desain keren ke Suzuki itu kayak minta Yamaha ngajak EA’s Blog testride motor baru mereka, atau minta Honda ganti vendor jok yang lebih empuk… S.U.S.A.H.

 

 

20 comments

Tinggalkan Balasan