Lamborghini Design 90 Superbike

WTH: Mau Tahu Alasan Lamborghini Nggak Bikin Motor?

Mau tahu alasan Lamborghini nggak pernah produksi motor lagi? Karena mereka pernah bikin sebelumnya. Dan gagal, total. Here’s the story…

 

 

Sekitar 3 dekade lalu, Lamborghini coba membuat kejutan dengan menghadirkan superbike 997cc. Sayang, upaya produsen supercar Italia tersebut berbuah pahit, karena unitnya nggak laku saat pertama dirilis – bahkan nggak laku juga saat dijual lewat lelang beberapa waktu lalu.

 

Lamborghini Design 90 Superbike

Lamborghini Design 90 Superbike

 

Lamborghini terkenal sebagai produsen supercar eksotik yang mengandalkan tampilan ‘badass’ & performa diatas segalanya – mulai dari Miura yang lahir era 60’an silam, hingga Huracan Performante yang jadi andalan di tahun 2018. Tapi siapa sangka, ternyata mereka juga pernah bikin sepeda motor juga lho!

 

 

Nggak bercanda kok! Pada tahun 80-an, saat perusahaan berlogo banteng ini mengalami kebangkrutan – kemudian diakuisisi oleh Jean-Claude & Patrick Mimran, kedua bersaudara tersebut memutuskan untuk memproduksi beberapa kendaraan lain menggunakan brand Lamborghini – beberapa contohnya adalah perahu boat & sepeda motor.

 

Lamborghini Design 90 Superbike

Pakai body fiberglass, superbike ini dihadirkan sebagai perayaan 25 tahun produksi Lamborghini Countach

 

Saat itu, Lamborghini bekerjasama dengan Boxer (Boxer Design) untuk merancang motor terbarunya. Produsen Italia tersebut menggunakan basic mesin motor lain, lalu dibuatkan sasis, kaki-kaki, hingga body, untuk kemudian dirangkai menjadi sebuah motor yang utuh.

 

 

Akhirnya, jadilah sebuah motor yang bernama Lamborghini Design 90! Superbike 997cc yang lahir tahun 1987 silam, sebagai perayaan 25 tahun supercar mereka kala itu, Lamborghini Countach. Motor yang kabarnya hanya diproduksi sebanyak 6 unit ini mengusung body fiberglass, yang diklaim senada dengan bodywork yang diusung Countach.

Sayang, lantaran harganya yang sangat mahal kala itu (sekitar Rp. 860 jutaan), membuat Superbike ‘Big Lambo’ tersebut sulit untuk diterima pasar. Hingga akhirnya berakhir sebagai motor langka yang hanya nangkring di museum & pameran otomotif.

 

Lamborghini Design 90 Superbike

Superbike super langka (kurang super apa coba?) dengan nomor urut produksi kedua ini gagal laku di acara pelelangan Inggris

 

Akan tetapi, baru-baru ini 1 unit Lamborghini Design 90 ditawarkan lewat acara lelang di Inggris. Motor dengan kode BOXERL002 (unit nomor 2 dari total 6 unit) tersebut berada dalam kondisi super ciamik, dengan pemakaian hanya 7200 km. Laku berapa, Kang Eno?

Sayangnya, hingga acara pelelangan berakhir, tak ada satupun yang berminat untuk membeli superbike super langka dari Lambo tersebut. Yang sekaligus mengukuhkan statusnya sebagai superbike gagal laku, sejak dulu hingga saat ini.

 

 

5 comments

  • Ciplux

    Kalau kata kang asep mah desainnya itu kaya odong2 indomart kang eno

    Jauh banget sama desain mobil2 lamborghini terkini yg eksotis dan futuristik banget

    • Kolong langit

      Mobil lamborghini taun 80an juga jelek kalo diliat orang sekarang.. Desain itu menyesuaikan zaman..

      Kalo diliat, desainnya mirip kaya ducati paso 907..motor lambo ngga laku ya karena faktor harga…

  • cruut

    padahal desainnya cukup berkarakter, kayak logonya sekarang “sapi metal”

  • Afotsum

    Kok juuuelek ya??

  • uzhenk

    Arem tahu kok mirip ninja yah..

    Mang.. ari lambo molot mah cuma sotosop doang yah? Secara garis desainnya mirip design 90, cuma fairing mirip pulsar

Tinggalkan Balasan