Kengo R350 - Kloning Kawasaki Ninja 250

6 Mocin 250cc Tiruan Ini Bikin Senyum-Senyum, Awas Ketipu!

1 dekade lalu, motor asal Tiongkok dikenal sebagai copypaste motor bebek asal Jepang dengan kualitas rendah. Tapi sekarang beda cerita. Produsen roda 2 asal negeri tirai bambu bahkan kini sukses me-mocin-kan motor sport 250cc yang jadi idola di Indonesia!

 

 

Apa saja daftar motor sport 250cc yang sukses ditiru? Jangan kaget, karena ternyata lebih dari separuhnya sudah berhasil di copypaste lho! Nih dia.

 

Kawasaki Ninja 250

 

Kengo R350 - Kloning Kawasaki Ninja 250

Di Indonesia dan beberapa negara lain, Kawasaki Ninja 250 adalah salah satu produk Kawasaki yang terlaris secara penjualan. Maklum, modelnya yang keren, plus suara mesin 2 silinder yang merdu, memang punya daya tarik yang besar bagi para bikers. Pamor tersebut membuat banyak produsen Tiongkok berusaha membuat versi mocinnya. Namun yang paling mirip adalah Kengo R350!

Coba simak baik-baik gambar yang sudah disertakan diatas. Mirip banget Ninja 250 kan? Ya, secara tampilan memang banyak terdapat kemiripan kok ! Tuh, lihat saja bagian depan, sasis, knalpot, tangki, hingga buritannya. Apalagi kalau lihat warnanya yang juga sengaja dibuat identik, wah bagai pinang dibelah kapak deh!

 

 

Honda CBR250R CBU

 

Jiajue R12 - Kloning Honda CBR250R

 

Sebelum kehadiran CBR250RR Twin-cylinder, Honda CBR250R racikan Thailand menjadi motor sport yang populer di pasar global. Sportbike 250cc ini bahkan dijual di Indonesia sejak 2011 silam lho! Meski tak setenar Ninja 250, namun pamornya tetap disegani lantaran jadi basis motor Global yang dijual di hampir seluruh belahan bumi.

 

 

Senasib seperti Ninja 250, Honda CBR250R CBU juga ikut dijiplak oleh manufaktur lokal China, Zhejiang Jiajue Motorcycle Manufacturing. Mereka menghadirkan model ZJMM R12 yang secara desain sangat mirip dengan CBR250R – mulai dari desain body, lampu, kaki-kaki, bahkan sampai knalpotnya lho!

 

Kawasaki Z250

 

Dayun DY250 - Kloning Kawasaki Z250

Bukan cuma sportbike, bahkan naked bike 250cc pun ikutan dikloning oleh produsen Tiongkok. Adalah Guangzhou Dayang Motorcycle (Dayun) yang memperkenalkan model DY250-3, which is punya tampilan yang mirip banget Kawasaki Z250 – naked bike 250cc dengan tampilan terbengis yang dijual dipasaran.

Dayun DY250-3 mengusung headlamp, half-fairing, plus knalpot yang memang identik dengan sang Z-Series berkubikasi 1/4 liter ini. Bahkan mesinnya pun sama-sama dibuat 2 silinder! Dari gambar diatas juga kita bisa saksikan bahwa Mocin ini punya detail yang nggak kalah dengan sosok aslinya, dengan penambahan suspensi depan upside down, hingga dual disc depan.

 

 

Yamaha YZF R25

 

XGJAO XGJ350 - Kloning Yamaha R25

Setelah sebelumnya Honda CBR250R, Kawasaki Ninja 250R, Z250-Twin disikat habis, alias dikloning habis-habisan. Kini giliran jagoan produsen berlogo garputala di kelas 250cc, Yamaha YZF R25 yang di copy-paste oleh produsen asal China. Nih dia, XGJAO XGJ350!

 

 

Dari bagian bodywork, Mocin YZF R25 asal tiongkok ini sekilas sama persis tuh! Tapi kalau diamati lebih seksama lagi, ada beberapa perbedaan di bagian detailnya. Seperti fairing samping yang ada guratan air scoop tambahan, headlamp depan dengan projector-lamp + angel eyes (yang justru lebih bagus dari aslinya), footpeg rider & boncenger, serta knalpot yang dibuat mirip seperti Z1000 Sugomi.

 

KTM Duke

 

C8 Tomahawk

 

Zhejiang Jiajue Motorcycle Manufacturing Company kembali berulah. Setelah sebelumnya sukses mengkloning Honda CBR250R, kali ini giliran KTM Duke 250 yang jadi inspirasi desain motor terbarunya. Sport 250cc bernama C8 Tomahawk ini punya desain body, tangki, lampu, hingga kaki-kaki yang mirip banget dengan sosok aslinya!

Dan bukan cuma itu, C8 Tomahawk bahkan juga dilengkapui dengan suspensi upside down, kaliper cakram radial, sasis trellis, hingga swingarm belakang alumunium yang mirip banget KTM Duke series! Gokil nih, bukan cuma desain yang ditiru, tapi juga sampai ke detailnya juga!

 

Honda CBR250RR

Feely Phantom - Kloning Honda CBR250RR

Dan ini dia yang paling terbaru, Feely Phantom a.k.a mocin Honda CBR250RR! Motor yang baru dijual secara resmi pada pertengahan maret 2018 ini mengusung tampilan yang mirip dengan CBR250RR. Namun karena versi originalnya punya detail tinggi & spek yang eksotis, Feely Phantom pun kesulitan untuk mengkloning keseluruhan sosoknya.

 

 

Walhasil, motor bermesin 2 silinder 450cc ini punya perbedaan signifikan di bagian fairing body yang didesain seadanya, sasis trellis tubular standar, knalpot model standar, swingarm baja standar, serta detail kemudi yang tak semewah sang CBR. Meskipun demikian, Feely Phantom tetap memiliki keunggulan tersendiri dibagian rem depan yang mengusung dual disc brake.

 

 

4 comments

Tinggalkan Balasan