Honda CBR250RR Kini Ada Ekstraknya, Feely Phantom!

Kabar gembira untuk kita semua, Honda CBR250RR kini ada ekstraknya – bernama Feely Phantom!

 

 

Sejak dirilis perdana akhir 2016 lalu, Honda CBR250RR sukses jadi sosok motor 250cc (modern) paling canggih & paling eksotis di dunia. Hal tersebut juga yang menjadi inspirasi sebuah produsen Tiongkok memproduksi sosok kloning CBR250RR di negeri tirai bambu: Feely Phantom!

 

Feely Phantom - Kloning Honda CBR250RR

 

Honda CBR250RR mengikuti jejak Ninja 250, Z250, CBR250R CBU, hingga YZF R25, yang jadi inspirasi motor kloningan Tiongkok. Akan tetapi, lantaran punya desain & detail yang luar biasa kompleks untuk motor dikelasnya, CBR250RR jadi mimpi buruk bagi engineer Feely Phantom. Ya, kloningan yang satu ini terlihat nggak semirip motor copy-paste 250cc lain dari negeri tirai bambu.

 

Feely Phantom - Kloning Honda CBR250RR

 

Dari sisi tampilan contohnya, kemiripan cuma bisa dilihat dari bagian headlamp, tangki & buritan. Meskipun lampu utamanya mengusung tipe LED yang persis CBR250RR, tapi alis lampu senjanya nggak bisa difungsikan sebagai lampu sein. Harus ada tambahan lampu sein terpisah tambahan. Itupun detail lampu utamanya nggak mirip-mirip banget, nggak sesangar facia Honda CBR250RR original.

Sementara itu, bagian fairingnya terlihat beda banget dari sosok aslinya. Demikian juga bagian sasis yang pakai frame tubular standar, bekas kloningan Kawasaki Ninja 250 & Z250.

 

Feely Phantom - Kloning Honda CBR250RR

 

 

Feely Phantom - Kloning Honda CBR250RR

 

Desainer Feely Phantom juga terlihat berusaha keras mengcopy detail keren milik Honda CBR250RR. Suspensi depannya sudah dibekali dengan upside down, meskipun nampak ketinggian dan nggak serasi dengan bagian body. Dan karena belum punya mold casting velg & swingarm alumunium milik sang CBR, mereka mengakalinya dengan model velg Y-spoke, plus swingarm baja yang didesain mirip KTM Duke-series. Well, setidaknya masih lebih baik dari swingarm New Ninja 250, uhukk ehemm.

Supaya konsumen nggak kecewa karena detailnya beda jauh, Feely Phantom membekali dirinya sendiri dengan rem depan double disc brake – yang belum ditemui di CBR250RR original. Sayang, kaliper 2-piston yang digunakan sama seperti Mocin Supra X yang eksis di Indonesia 1 dekade lalu.

 

Feely Phantom - Kloning Honda CBR250RR

 

Kalau tampilannya berbeda jauh, gimana dengan mesinnya Kang Eno? Well, biasanya sosok copy-paste motor 1/4 liter dibekali dengan mesin 250-350cc twin-cylinder yang identik dengan mesin Benelli Patagonian atau Regal Raptor. Tapi yang satu ini beda banget, lantaran Feely membenamkan mesin 450cc 2 silinder, Liquid-cooled. Mesin yang kapasitasnya hampir 2 kali lipat sosok aslinya lho!

 

 

Mesin ini diklaim mampu mengail power maksimum hingga 30 HP @ 7.000 RPM – which is masih jauh dibawah power mesin CBR250RR yang kapasitasnya 200cc lebih rendah. Untungnya, mesin ini punya torsi yang tinggi (33,5 N.m), plus konfigurasi firing order 360° yang mirip motor keluaran Benelli Indonesia.

Kelebihan mesin 2 silinder seperti ini terletak pada suara knalpotnya yang padat, bak suara mesin 4 silinder.

Well, nggak mirip-mirip banget Honda CBR250RR sih. Tapi setidaknya kelihatan ada perjuangan yang lebih, dibanding saat Kawasaki develop New Ninja 250. Oiya lupa, New Ninja 250 adalah motor 250cc terkencang di jagad raya, ayo dibeli para bos-bos fansboy Kawasaki!

 

Feely Phantom - Kloning Honda CBR250RR Feely Phantom - Kloning Honda CBR250RR Feely Phantom - Kloning Honda CBR250RR Feely Phantom - Kloning Honda CBR250RR Feely Phantom - Kloning Honda CBR250RR Feely Phantom - Kloning Honda CBR250RR

 

27 comments

Tinggalkan Balasan