Diskon Sampai 5 Jutaan, Honda SH150i Jadi Layak Beli?

Optimisme PT. Astra Honda Motor terhadap SH150i malah berujung kelam. Skutik yang berstatus made in Vietnam tersebut kini berada dalam fase ‘hidup segan, mati tak mau’. Pasalnya, penjualan Honda SH150i sampai saat ini masih jauh dari target!

 

 

Nggak percaya? Sejak mengaspal sampai saat ini, berdasarkan data yang dirilis Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI), penjualan Honda SH150i pada tahun lalu hanya berhasil terjual 140 unit secara nasional! Karena skutik ini baru rilis pertengahan 2017, itu artinya cuma rata-rata 20 unit perbulan!

Itupun belum tentu terjual murni 20 unit sebulan. Bisa saja unit yang didiskon ini merupakan sisa yang belum terjual dari 20 unit tersebut, iya nggak?

Padahal saat rilis perdana bulan mei 2017 lalu, Presiden Direktur AHM Toshiyuki Inuma pede menargetkan penjualan SH150i sebanyak 300 unit hingga akhir tahun. Faktanya, setengahnya pun nggak!

 

Honda Sh150i 4

 

Untuk itu, Honda secara diam-diam memberikan diskon khusus untuk Honda SH150i. Bersumber dari lek iwanbanaran.com, skuter matik yang diimpor dari Vietnam ini mendapat diskon hingga Rp. 5,5 juta. Dari harga semula yang mencapai Rp. 44,9 juta, kini bisa ditebus via dealer Honda Big Wing dengan banderol Rp. 39,4 juta.

Sayang, unit yang mendapat diskon adalah produk yang berstatus VIN tahun 2017. Atau bahasa ‘halus’ ala EA’s Blog nya, program menghabiskan stok Honda SH150i yang tersisa di gudang Big Wing.

 

 

Apakah dengan diskonan harga yang besar tersebut, Honda SH150i jadi layak untuk dimiliki Kang Eno? Kalau Brosist punya duit segudang, motor apapun jadi layak dibeli. Kemudian dibakar juga nggak masalah kok. Tapi kalau kondisi ekonominya kelas menengah seperti EA’s Blog, banderol diskonan tersebut bahkan masih keterlaluan mahal lho!

Dan bukan tanpa alasan, pasalnya beberapa fitur andalan milik Honda SH150i kini bisa ditemui di skutik yang harganya jauh lebih murah. Smart Key + Alarm anti maling? Bisa ditemui di PCX Lokal yang harganya 27 jutaan. Mesin 150cc eSP? Bisa ditemui di Vario 150 yang harganya bahkan cuma setengahnya.

Double Disc Brake? Ada di NMAX sejak 2015 lalu. Kaki-kaki gambot? Semua sudah tersedia di Aerox 155 VVA yang jauh lebih murah.

 

Honda Sh150i 6

 

Keluarin uang 15-20 jutaan untuk beli finishing jempolan & velg 16 inci (plus tampil beda)? No thanks.

So, buat apa jualan Honda SH150i? Untuk sekedar memenuhi hasrat kaum berduit? Mungkin iya… Tapi satu hal yang pasti, orang berduit juga bisa mikir keleuss.

 

 

41 comments

  • bram

    kagak, sayang duit segitu dibuang cuman buat beli honda

  • Kondisi gak punya uang jelas gak bisa beli, kalau duit banyak jelas gak beli juga

  • Kuya

    Paling keren kalimat “orang berduit juga bisa mikir keleuss.” mantap !!!

  • sejujur-jujurnya, ane malah tertarik lho sama si SH150 ini.. well, mungkin karena ane tipikal yang (sok berusaha) anti-maintsream.. yang dimana ane memutuskan beli Aerox 125LC di awal 2016 karena yakin dari awal motor ini pasti ga laku & ga banyak yg pakai di jalan (ya..ya.. silahkan saya di-bully, kang Eno :P)

    jujur, pengen banget coba test-drive matic satu ini sekedar 1st impression ya.. kebetulan rencana mau ambil motor harian 1 lagi di pertengahan tahun..

    tapi kemudian, Lexi membuat ane galau..

  • the_ebs

    mm.. masih banyak yang lebih valuable.

  • klo mau goblog goblogkan,, mending masukin msx125,, hadeh… AHM

  • Hahihu

    Oo…sampeyan kelas menengah to Om

  • Saya malah kepengin beli SH150, alasannya sama kaya pas beli Address yaitu : jarang yang make 😀

  • Ciplux

    Kalau dijual 25jt pasti laku. Diatas itu orang pasti lebih pilih PCX

    • enoanderson

      Diskon setengah harga dong ya?

      • Ciplux

        Nah itu dia, AHM gak bakal mau haha

        Sering banget liat ini motor dipajang di showroom, memang sih body lebar tapi terlihat biasa aja kaya liat spacy modif (sorry kang) gak ada yg istimewa bahkan ane sama sekali gak ada niat untuk deketin ini motor. Tapi begitu liat pcx lokal secara langsung “wow” ini motor keliatan mewah banget, langsung foto2 deh haha

        • enoanderson

          PCX tampangnya memang warbyasah, nggak ngiler waktu pertama lihat mah boong kang, wkwkwk

          • ane pertama liat pcx lokal beneran ga ngiler. ngiler liat fotonya doang wkwk

            padahal ngeliat pertama di kalimantan sana, jauhh sebelom orang di jawa pada nerima unitnya.

            yg ada malah heran, loh kok ni motor ada duluan di kalimantan ?

  • robotic.munky

    diatas picex dikit, kasih 31jt deh, pasti abis.
    entah survey kemana ini ahaem, bisa2nya masukin produk ga jelas bgini, hehehehe

  • Rian

    Too much expensive..
    Karna harga pcx udah 30jutaan, kalo sh150i dikasih 32/33jutaan yakin pasti laku, maksimal 35juta nett selebihnya yaa trima nasib ajaaa hehehe

  • UMU

    efek AHM yg kepedean

  • Click!

    Ban ring6 kena paku malam2.. Siap2 kunjungan ke bengkel tambal ban sepanjang jalan kenangan.

  • Slow_Rider

    Modelnya itu yang bikin tepok jidat…matic mahal tapi ngak ada aura mewah2nya… mending aura kasih lah daripada ini…..

  • Alsylend

    Belum baca artikel
    Tp ga layak beli nih

    Knp?

    Karna ga pasaran
    Orang orang kebanyakan beli motor honda karna pasaranya

    Yg ga pasaran sulit laku
    Misal beat pop… vario remote

  • Bibir

    Modelnya tak menjual. Ya nggak laku

  • fans boy garis lunak

    di eropa motor ini adalah matic paling laku, menjual sh150 buat ahm hanya sekedar upaya membaca karakteristik konsumen indonesia aja sih, sebagai studi pembanding saja tentang bagaimana respon konsumen indonesia dibanding respon konsumen eropa, pada sebuah produk yang sama. walau memang enggak bisa head to head juga karena pendapatan perkapita orang inggris sekitar 39.000an US dollar dan indonesia sekitar hanya 4.100an us dollar, jadi enggak perlu kaget juga kalo motor ini cuma laku 15-20an unit per bulan di indonesia.

    di inggris sh125 dijual seharga 3.349 poundsterling = 63 juta idr, (sh150 mungkin dekat 70 jutaan idr). estimasi saya, harga pokok produksi sh150 di kisaran 40-50an juta rupiah (pabrik perakitan di eropa) dan sekitar 25-30jutaan untuk pabrik perakitan di vietnam/asia. dengan mengetahui harga pokok produksi vario 150 di thai/indonesia/asia, kita sudah bisa menebak berapa harga vario 150 di dataran inggris, andai dijual.

    pointnya adalah:
    ketika audi s8 dijual dengan harga 1/3 lamborgini gallardo, padahal keduanya pake mesin yang hampir identik sama, dan keduanya laku keras, tidak ada konsumen eropa yang komplain terkait harga.

    lexus menjual mesin yang sama dengan toyota, tetapi dengan bandrol yang 1,5 kali lipat lebih mahal, enggak ada konsumen amerika yang komplain? kedua brand tsb laku keras. apakah saya perlu menambahkan fenomena avanza-xenia?

    ketika sebuah hotel selalu terisi penuh, tetapi hanya kita sendiri yang komplain tentang harga inapnya yang terlalu mahal, maka, pasti ada yang salah dengan diri kita sendiri.

    • enoanderson

      So, kalau CBR150R harganya cuma beda sedikit dari All-New R15, dan beda jauh dari baby GSX…

      Ingat, kesalahan ada di diri kita sendiri.

      • Kuya

        ia Kang eno, ud tau produk ala kadarnya n operpret tp ttp di beli, kesalahan ada di diri kita sendiri hehehe..
        Just joke kang eno…

      • fans boy garis lunak

        saya dari tadi kan bilang, ada “hal hal yang tidak terukur”, jangan kita selalu berpatokan linear pada masalah harga, avanza lebih mahal dari xenia, apakah ada konsumen atau orang yang melakukan protes atau demo? selisih puluhan juta bukan angka yang sedikit, tetapi avanza tetap menjadi market leader? apakah konsumen roda4 lebih bodoh daripada konsumen roda2? emang ada yang salah kalo jadi market leader? padahal, kenyamanan dan built quality ertiga jauh lebih baik, performa mobilio jempolan. ada yang salah dengan fenomena ini? nope.

        daripada “memaksakan” versi benar menurut kita, akan lebih baik dan lebih bermanfaat bila, kita mencari tahu “hal hal yang tidak terukur” lantas mencuri dan meniru resep sukses dari mereka yang “berhasil”

  • masoed

    malah baru tau ada tipe motor beginian di line up honda

  • Adi

    Di kelas yang sama malah ada lexi yang sangat value buat di beli, dr harga dan fitur jg rasanya lebih unggul, kalo diluar “faktor yang tak dapat diukur” sih ini motor ga bakal laku wkwkkw

  • SKOBA

    honda coba meng copy paste piagio dan hasilnya zonk

  • Stevanie

    Hmmm…
    Kiro kiro yo ngunu kui…

  • Masbruw

    AHM memang badak!!! Kita ingin zoomerx atau msx malah dikasih esha satusseket hoaaahmm. Vario 110 msh jd andalan motor enyak 😀

  • eddy

    dulu pcx baru keluar belakangnya irip spacy. sekarang ngeluarin yang bener mirip spacy cuma harganya 3 x nya…. weleh…weleh….

Tinggalkan Balasan