TVS Zeppelin Concept

Permata India yang Terlupa, TVS Zeppelin Concept

Usung mesin 220cc Hybrid dengan total muntahan tenaga 21,6 HP (20 HP + 1,6 HP), membuat TVS Zeppelin jadi motor konsep yang menurut EA’s Blog perlu mendapat perhatian ekstra.

 

 

Berbeda dengan teknologi mesin full elektrik yang masih jauh dari harapan untuk diaplikasikan di negara berkembang, mesin Hybrid (bensin + elektrik) -secara logika – jauh lebih masuk akal untuk dikembangkan. Hal tersebut juga yang menjadi inspirasi TVS Motor Company India memperkenalkan konsep cruiser hybrid terbaru, bernama TVS Zeppelin!

 

TVS Zeppelin Concept

 

Oke, sebelum kita bahas mesin hybridnya, pertama kita kupas dulu soal tampilannya. TVS Zeppelin dibekali tampang ala power (muscle) cruiser yang macho & padat, bak Yamaha V-MAX ataupun Ducati Diavel. Beberapa bagian seperti suspensi upside down, kaliper cakram radial, hingga bagian kemudi mencomot langsung dari TVS Apache RR 310, which is setara BMW G310R.

Sementara bagian kaki-kakinya mengandalkan velg jari-jari alumunium tapak lebar yang eyecatching.

 

 

 

Beberapa detail dibuat bergaya futuristik. Seperti pada bagian cover radiator, spion model cafe racer, lampu LED bertingkat, undercowl, serta bagian body bawah jok yang juga menjadi tempat motor listrik. Sementara tangkinya dibuat bergaya gambot, sebagai tempat penyimpanan bahan bakar & baterai lithium ion berkapasitas 48V. Stylingnya sesuai dengan fungsionalitas yang diusung, good job TVS!

 

TVS Zeppelin Concept

 

Kali ini mari kita berpindah ke sektor mesinnya. Ya, seperti yang dibahas sebelumnya, TVS Zeppelin concept mengusung mesin 220cc berpendingin cairan (kelihatannya SOHC) yang dikombinasikan dengan motor listrik bertenaga 1200W (1,6 HP).

Namun berbeda dengan motor full elektrik – which is motor listriknya langsung terhubung untuk memutar roda belakang – TVS Zeppelin concept mengandalkan power motor listrik untuk membantu kinerja motor bakar bensin. Teknologi yang identik seperti yang kita temui di BMW i8 Hybrid! Wait, BMW dan TVS? Hmmm, i see…

 

 

Menurut klaim TVS, motor listrik ini bakal membantu memberikan boost ke mesin bakar untuk menghasilkan akselerasi super cepat. Karena seperti yang kita ketahui bersama, kelebihan motor listrik adalah power & torsi mengerikan sejak RPM rendah (bahkan 1 RPM sekalipun). Meskipun motor listrik yang digunakan cuma bertenaga 1200W (1,6 HP) – seperti yang banyak digunakan skuter listrik China – tapi efeknya bakal terasa luar biasa. Tak hanya dari sisi performa, tapi juga efisiensi.

 

TVS Zeppelin Concept

 

Sayang, TVS masih bungkam soal sistem kerja baterai di mesin hybrid ini. Apakah mesin bensin bakal sekaligus difungsikan sebagai pengisi daya baterai seperti di LaFerrari? Atau baterainya harus di charge ulang seperti halnya BMW i8 Hybrid? Jika pakai teknologi ala LaFerrari – which is pakai teknologi sekelas KERS yang menyimpan tenaga terbuang saat melakukan deselerasi & pengereman – that’s bloody interesting!

 

 

Seperti halnya motor konsep lain di seluruh penjuru dunia, belum ada statement resmi soal kapan TVS Zeppelin bakal diproduksi masal. Namun, TVS Motor Company India menyebut mesin 220cc yang digunakan adalah prototype yang tengah diuji coba untuk jantung pacu motor TVS kedepannya. Cocok untuk pengganti mesin TVS Apache RTR 200 4V nih!

Dan yang nggak kalah penting, please TVS, rombak total bagian koplingnya!

 

 

14 comments

  • Saitbaisait

    Keren,nggak cuma bisa show Bob and vagene tapi inovasinya juga keren2
    Disini masih ribut masalah toleransi Mulu

    • Hr15de

      9gagger detected πŸ˜€
      Ya yg penting disini orangnya ndak beol di jalanan..
      Back to Zeppelin, modelnya keren imho, padat berisi. Kalau bener hybrid ala La Ferrari gitu, tambah berlipat2 kerennya.

  • Ncex

    220? Bukan punya pulsar kan?

    • rezim gila

      TVS Zeppelin concept mengusung mesin 220cc berpendingin cairan (kelihatannya SOHC)

      ———————————————–
      Wait, WHAT..!?

      Ini macam, pulsar 220 !! Kami tidak suka pulsar 220 (suara om mobil)

  • Han

    Overal sudah furuturistik, cuman pas liat bagian mesin asa gimnaaaaaa gitu,

  • Gondes12

    Woowwww,, keerreeeennn bangeett

  • udin thok

    gak komen ah…

  • Owner Maspion

    Maaf kang eno, sistem motor listriknya muter apa ya kang?
    Kalau boleh saya koreksi sedikit ya kang.
    BMW i8 itu plug in hybrid kang, jadi masih bisa ngecharge pake colokan, walaupun juga bisa charge dari listrik yang dihasilkan mesin bensin dan hasil deselerasinya.
    Kalo saya gak salah walaupun hybrid dari bmw i8 membantu akselerasi tetapi yang di putar kan ban depannya(CMIIW) jadi ga bisa disamakan dengan motor tvs ini, jikapun motor listriknya ditempatkan antara mesin dan transmisi malah jadi mirip honda nsx kayaknya kang.

    Mohon maaf kalo salah kang, ilmu saya masih cetak

    • enoanderson

      Dunno kang, kecuali buat LaFerrari, ilmu per-mobil-an juga masih cetek euy, wkwkwk… Soalnya saya bingung, mau pake analogi motor, belum ada motor hybrid yang bisa jadi benchmark πŸ™

      • Ob

        Kalo sama pcx hybrid yang pernah di munculin di tokyo motor show *cmiiw itu sama juga kah kang eno? *cuma baca hybrid nya doang

        • Owner Maspion

          Kayaknya belum bisa disimpulkan sama atau enggaknya kang ob, soalnya kita gak tau si motor listrik bakal muter apa, apa muter gearbox, atau muter roda secara langsung, atau bahkan untuk memperkaya torsi(motor listrik terkenal torsi udah maksimum di 1 rpm) sehingga dibuat muter mesin

  • Desain layaknya motor india yang lain, buat orang indonesia terlihat bagus, tapi bagi orang italia yang jago2 desain, belum tentu.desai dibilang bagus.

  • jon

    Itu kayaknya kaga ada radiatornya deh.. cm cover gaya2an aja.. mesinnya jg pake air fin.. sirip pendingin..

Tinggalkan Balasan