Yamaha WR450F 2-Trac

Yamaha WR450F 2-Trac, 2-Wheel Drive Sensation!

2WD Motorcycle: The Beginning

 

2WD Motorcycle – The Beginning

 

 

Upaya Yamaha mewujudkan motor 2-wheel drive (2WD) sebenarnya sudah dimulai sejak hampir 3 dekade yang lalu. Pada tahun 1992, Yamaha mencoba untuk mengembangkan motor 2WD dengan penggerak roda depan berupa rantai, hingga shaft (gardan). Tujuannya sederhana, yakni untuk meminimalisir spin roda belakang akibat kehilangan traksi.

 

 

Sadar akan potensi motor 2WD, Yamaha akhirnya melakukan development serius. Sayang, setelah bertahun-tahun pabrikan garputala akhirnya menyerah lantaran kedua penggerak roda depan tersebut dinilai terlalu berat, banyak loss power & mengganggu efektifitas handling.

Datanglah Ohlins Racing, produsen suspensi kenamaan Swedia yang menyanggupi tantangan Yamaha menciptakan sistem penggerak roda depan paling efisien. Seperti kebanyakan penemuan legendaris lain, konsepnya sederhana, yakni dengan memanfaatkan tekanan hidrolis untuk memutar roda depan. Segudang pengalaman Ohlins dalam bidang hidrolik & suspensi membuat impian ini terealisasi pada tahun 1998.

 

 

Ujicoba penggerak 2WD yang kemudian diberi nama 2-Trac ini nggak setengah-setengah. Yamaha memasang sistem penggerak roda depan ini ke Motocross TZ250, untuk mengikuti kejuaraan Swedish National Gotland Rally. Diluar dugaan, rider Torleif Hansen yang mengendarai TZ250 2-Trac sukses keluar sebagai juara – serta mencatat laptime yang bahkan lebih cepat dari TZ250 standar.

 

Yamaha WR450F 2-Trac

Yamaha-Belgarda TT600R with 2-Trac

 

Ingin terus melakukan pengembangan, ujicoba lainnya pun dilakukan oleh pabrikan garputala selama 4 tahub berturut-turut. Contohnya seperti memasang unit 2-Trac ke TT600R Yamaha-Belgarda di ajang UAE Desert Challenge 1999, WR426F 2-Trac di kejuaraan Shamrock Rally & Enduro du Touquet 2001-2002.

Gokilnya, Yamaha & Ohlins bahkan sempat mengujicoba 2-Trac untuk superbike YZF R1 juga lho! Namun sayangnya, project tersebut berhenti ditengah jalan.

Berkat hasil yang positif, akhirnya pabrikan garputala memperkenalkan motocross limited-edition bernama Yamaha WR450F 2-Trac yang sudah berpenggerak 2WD! Catatan ini membuat Yamaha menjadi produsen pertama yang meluncurkan motor 2WD produksi masal di Dunia.

 

Yamaha WR450F 2-Trac

Yamaha-Ohlins YZF R1 with 2-Trac

 

14 comments

Tinggalkan Balasan