Motor Terlupakan

Byson, MegaPro & Deretan Motor yang “Dilupakan” Pabrikannya Sendiri

Jika ada istilah anak emas, maka ada juga istilah anak tiri. Nah, kalau biasanya motor anak emas sering banget kita bahas, yang satu ini justru sebaliknya… Dilupakan, atau malah mungkin sudah dianggap nggak ada!

 

 

Rata-rata, sepeda motor di Indonesia mendapat update menyeluruh setiap 2-3 tahun sekali. Baik itu penyegaran dari sisi tampilan, penambahan fitur, ubahan mesin, atau malah ada juga yang dirombak total laiknya All-New CBR150R K45G beberapa waktu silam.

Dilain sisi, ada juga beberapa tipe motor yang tak kunjung mendapat update meskipun usianya telah mencapai 4 tahun, atau bahkan lebih lho! Membuat deretan motor-motor tersebut seperti “dilupakan” oleh pabrikannya sendiri. Apa saja?

 

Yamaha Byson FI

 

Yamaha Byson FI Rear Disc Brake

 

Yamaha Byson sebenarnya mendapat penyegaran di tahun 2015 lalu, dengan tampilan baru yang makin sporty dan pengaplikasian sistem pengabut bahan bakar injeksi. Tapi selain itu, nggak ada yang berubah signifikan dari streetfighter 150cc yang satu ini.

Bahkan, fitur sederhana berupa cakram belakang pun baru diadopsi 10 tahun pasca perilisan perdananya! Dan itu baru di negara asalnya (India) lho, gimana dengan Byson di Indonesia? Sama sekali nggak ada info kearah sana. Atau mungkin sudah dilupakan oleh Yamaha ya?

 

 

Honda New MegaPro FI

 

New Megapro FI 2

 

Seperti halnya Byson, sosok kompetitornya pun mengalami nasib yang kurang lebih serupa. Sejak dirilis tahun 2014 lalu, Honda New MegaPro FI juga tak mendapatkan update apapun. Jangan update dari sisi tampilan atau permesinan, bahkan dari sektor warna pun streetfighter yang satu ini sama sekali nggak mendapat update!

Menurut EA’s Blog pribadi, New MegaPro FI sepertinya tinggal menunggu waktu untuk disuntik mati, lantaran di tahun 2018 ini PT. Astra Honda Motor nampak lebih fokus untuk update Verza 150.

 

Suzuki Nex

 

Suzuki Nex Matt Platinum Silver

 

Diplot sebagai pengganti Spin 125 tahun 2011 lalu, kiprah Suzuki Nex di Indonesia sama sekali nggak bisa dibilang sukses. Skutik entry-level Suzuki ini dipaksa bertekuk lutut oleh masifnya angka penjualan kompetitornya, Honda BeAT & Yamaha Mio. Mirisnya, bukannya diberikan update anyar untuk bisa bersaing, Suzuki Nex justru dibiarkan begitu saja hingga akhirnya discontinue tahun 2015 silam.

 

 

Tahun lalu, PT. Suzuki Indomobil Sales mereborn sosok Nex 2017. Yang bikin tambah sedih, meskipun statusnya “reborn”, tapi skutik satu ini sama sekali nggak mendapat update apapun kecuali warna. Maunya apa sih Suzuki Nex?

 

Honda Blade 125

 

blade-repsol1

 

Pasar sepeda motor bebek yang terus menurun (bahkan terancam punah) membuat beberapa produk jadi korban. Salah satunya adalah Honda Blade 125 PGM-FI yang tak kunjung mendapat update signifikan sejak dirilis perdana tahun 2015 silam. Meski TVC nya dibintangi langsung oleh Juara Dunia MotoGP 2017, Marc Marquez, hal tersebut tak mampu mendongkrak angka penjualan bebek yang diklaim beraura racing ini.

 

Akankah mendapat update di 2018, Kang Eno? Sedihnya, kemungkinan besar motor yang satu ini justru bakal segera discontinue. Meninggalkan Supra X 125 sebagai satu-satunya jagoan dikelas bebek mid-end.

 

Yamaha Jupiter Z1

 

Jupiter Z1 Stret

 

Yang satu ini juga jadi korban merosotnya permintaan motor bebek di Indonesia, sekaligus merupakan pesaing langsung Blade 125. Dibandingkan dengan jagoan Honda, nasib Jupiter Z1 justru lebih menyedihkan. Sejak dirilis perdana Juli 2012 lalu, Jupiter Z1 hanya mendapat upgrade berupa standar EURO 3 & update warna. Itu artinya, nggak ada ubahan berarti selama 6 tahun masa bakti di Indonesia!

Kabar baiknya, Jupiter Z1 nampaknya bakal terus diproduksi, lantaran sampai saat ini masih diandalkan Yamaha di balap kelas bebek 115-125cc.

 

Honda Spacy Helm-in

 

Honda Spacy Helm-in PNG

 

Hadir perdana ditahun 2011 silam, Honda Spacy Helm-in hadir ke Indonesia sebagai skuter matik berbodi bongsor yang mengutamakan praktikalitas. Bukan cuma itu, Spacy juga menjadi skutik pertama PT. Astra Honda Motor yang menggunakan pengabut bahan bakar Injeksi (PGM-FI).

Namun sayang, Honda seakan ‘setengah hati’ menjual Spacy Helm-in di Indonesia, lantaran tak kunjung mendapatkan refreshment meski masa baktinya sudah lebih dari 6 tahun! Hingga akhirnya skutik berbodi bongsor ini harus rela discontinue tahun 2017 lalu.

 

Suzuki Smash FI

 

Suzuki Smash FI 2017 Metallic Medium Blue/Brilliant White

Suzuki Smash FI 2017 Metallic Medium Blue/Brilliant White

 

Serupa seperti kisah Nex, perjalanan Suzuki Smash, atau Shooter, atau Titan, atau whatsoever namanya sejak tahun 2011, sama memusingkan dengan catatan penjualan yang terus menurun. Bahkan, sosoknya pun sempat discontinue pertengahan tahun 2016 lalu lho.

 

 

Mirisnya, yang bakal kita temui di Suzuki Smash FI 2017 ini adalah sosok motor yang sudah discontinue sebelumnya, kemudian diproduksi kembali untuk meramaikan pasar motor bebek entry-level! Lucunya, yang paling banyak diupdate dari bintang motor bebek era 2000-an ini adalah NAMA nya, bukan tampilan atau spek teknisnya.

 

Kawasaki KLX250

 

Kawasaki KLX250 2

 

Kasus minim update anyar ternyata bukan cuma dialami motor berbanderol terjangkau saja. Faktanya, ada juga motor berbanderol puluhan juta yang mengalami nasib serupa. Contohnya seperti Kawasaki KLX250, dual-sport 250cc andalan Kawasaki. Ya, sejak dihadirkan perdana ke Indonesia pada tahun 2008 silam, sosoknya hanya mendapat update di sisi pengabut bahan bakar dan kelir warnanya doang, alias 10 tahun tanpa ubahan berarti.

 

 

Hal ini disebabkan KLX250 masih didatangkan secara impor, yang mengakibatkan updatenya mengacu pada keputusan Kawasaki Heavy Industries (KHI) Jepang. Kapan diupdate? Well, sepertinya tidak dalam waktu dekat.

 

 

22 comments

  • FBS Sejati

    Pertamax

  • STOP n' GO

    Motor motor yg bisa di bilang ‘hidup malas mati pun ogah’…. Apalagi dua produk paling atas yg disebut mang eno, produk dari india. Mungkin atpm nya malas karena bukan hasil racikan sini…. Sehingga walaupun didatangkan jauh jauh, tapi dibiarkan jalan sendiri. Toh mungkin B.E.P nya sudah dapat yaa sisanya yg penting nongol doang

  • Honda MegaPro The Vixion Killer… jadi inget kata2 FBH dulu klo MegaPro lebih keren dan sporty dari pada OV. eh malah makin nyungsep. Dan Isu tromol Blade vs Z1, ngepbeha malah jilat ludah di kasus PCX vs NMAX. Hahahahaha

    Eniwei Z1 msh lebih baik dari pada Blade dari sisi performa, penjualan dan balapan.

  • Semut Merah

    Artikel cerdas, lebih baik didiscountinue aja semua yg kurang laku, kasih harga miring buat ngabisin stok, selain bisa lebih fokus keproduk yg best seller (perbaikan kualitas dan fitur), entah kenapa produk motor2 skrng berkesan ringkih, wajar sih orang2 kita pengen murah, fitur banyak, alhasil kualitas yg dikorban kan. Hahaha

  • Cahkenewae

    Montorku Megisong 2014, rasane pengen tak jual aja gara2 keseringan moco blog iki.
    Gawatt…. Jadi kpengen emte selawe.
    Blogmu joss tenan Kang Eno.
    Monggo mampir Solotigo

  • haneswara

    Megapro, Shogun, Smash, Jupiter, Vega, yg bikin sekarat ya facelift desainnya malah jadi ngaco. Masyarakat kita seleranya tinggi soal desain. Mau ada logonya sayap sengkleh kalau desainnya ngaco ya gak bakal laku. Mudah2an jangan sampai pada punah.

  • KKK

    sorry OOT,Yamahmud vegaforce kayanya mash sedap juga diekspor
    gak perlu tambah micin…1000-2000 unit kalo tiap bulan dieskpor kan lumayan..
    btw nggak semua salah dengan motor di atas, malah rata2 no issue, terkhusus buat Bang Meggi dan dek Byson…Byson enak kalo dibonceng ojeg online empuk..
    mungkin harga partsnya kali mahal ya intuk NMP?
    Byson itu tampang abis faceliftnya malah ngeselin
    kalo bebek sayang harus punah, kurang promo kali, padahal enak nunggang bebek, partsnya dan perawatannya mumer

  • ryn

    Kata mang kobay spacy ada update kang,dia jg kyknya udah liat motor nya,iya kan mang kobay?hehe

  • anonimus

    nex bakal difacelift dalam waktu dekat, mudah2an aja bagus
    spacy katanya mau naik kasta buat bantuin vario series

    nah, yg sport 3 sama bebek 3 mau diapain? :v

  • I am just kerp riding my nmp fi

  • uzhenx

    Byson.. udah update pake suara verza mega pro loh.. semenjak FI. Brum.. brum… berwibawa

Tinggalkan Balasan