Yamaha Byson FI Rear Disc Brake

Setelah 10 Tahun, (Akhirnya) Yamaha Byson Kebagian Cakram Belakang

10 tahun jadi waktu yang dibutuhkan pabrikan berlogo garputala mengupdate kembaran Yamaha Byson (di India) dengan fitur cakram belakang… The longest, boring, and most useless update, I’ve ever seen!

 

 

Sejak dirilis perdana 10 tahun yang lalu, Yamaha Byson praktis hanya mendapat 2 update yang signifikan. Pertama adalah desain body baru, serta pengaplikasian fuel injection sejak 2015 silam. Di umurnya yang telah mencapai 1 dekade, akhirnya Byson mendapat update ketiga yakni penambahan rear disc brake, alias cakram belakang!

 

Yamaha Byson FI Rear Disc Brake

 

Sedihnya, update cakram belakang di streetfighter ini baru dilakukan oleh Yamaha India untuk FZ-S (kembaran Byson di India). Dengan penambahan rear disc brake ini, FZ-S mengalami kenaikan harga menjadi sekitar Rs. 3,000 (Rp. 600 ribuan) Рmenjadi Rs. 86,042, atau bila dirupiahkan sekitar Rp. 18 jutaan. Loh, kok jauh lebih murah dari Byson Indonesia (23 jutaan) ya?

Sementara Yamaha Indonesia? Well, kecil kemungkinan Byson bakal mendapat update yang serupa. Selain karena sosoknya memang terkenal jarang mendapat update, angka permintaan streetfighter ini di tanah air juga makin menyedihkan. Puncaknya di tahun 2017 kemarin, dimana Byson mencapai angka penjualan terendah sejak booming 5 tahun yang lalu.

 

 

Kabar baiknya, ternyata Yamaha tak melupakan sosok Byson & FZ-S. Tapi ada juga kabar buruknya lho! Streetfighter ini jadi produk yang paling jarang mendapat penyegaran dibanding produk sport 150cc Yamaha lain dipasaran. Silahkan lihat Yamaha Vixion, sejak 2013 naked bike ini sudah 3 kali upgrade tampilan! Belum lagi ditambah update teknis yang membuatnya makin kekinian.

Sementara Byson? Well, artis sih harus dapet apresiasi kalau muka cantiknya nggak berubah dari masa ke masa. Tapi dalam kasus sepeda motor? Naahh!

 

Yamaha Byson, Nasibmu Kini…

 

Byson 2014 3

 

Hadir pertama kali tahun 2008 silam di India, Yamaha Byson jadi sosok streetfighter yang luar biasa di pasar Indonesia. Maksud luar biasa disini adalah, luar biasa cepat boomingnya, tapi juga luar biasa cepat dilupakan oleh fans Yamaha. Gimana nggak, dirilis perdana di tanah air pada september 2010 lalu, Byson terjual lebih dari 23 ribu unit dalam kurun waktu 3 bulan saja!

Tahun 2011, streetfighter bertampang macho ini terjual lebih dari 53 ribu unit. Sementara tahun 2012 jadi era keemasan Yamaha Byson, setelah mencatatkan rekor penjualan yang hampir tembus 70 ribu unit pertahun! Angka yang sangat-sangat masif, sekaligus membuat segmen sport 150cc booming dipasaran.

 

 

Tapi hanya sampai disana saja euforia boomingnya Yamaha Byson. Memasuki tahun-tahun berikutnya, angka permintaan Yamaha Byson terus, terus, dan terus menurun. Yamaha sempat membuat pamornya kembali naik dengan menghadirkan Yamaha Byson FI pada tahun 2015 silam, tapi hasilnya tetap sama.

Puncaknya – berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia – di tahun 2017 lalu Byson FI bahkan hanya terjual sebanyak 678 unit.

 

14 comments

  • armandx3m

    Shock depannya lebih diminati daripada motornya. Buat bahan modif.

  • Polmas

    Velgnya mendingan di india

  • senanghujan

    Daripada dpt cakram mending keluarin lagi byson fi pake body model lama yg diretouch dkit

  • sanjaya

    velg juga ganti kang
    byson body gede tenaga letoy

    • enoanderson

      oiya lupa euy, my bad. ūüôĀ
      Tapi tetep, shock & setangnya lebih laris dibanding motornya

      • Jiin

        Jangan lupa senggol dikit
        langsung PROTOLL
        dah tuh shockbreaker…
        Itu jg berlaku
        sama piksen series PROTOLL
        plus KOMSTIR OBLAK menahun……….!!!
        FAKTA LHO FBY berani mati
        gak dibayar sepeserpun..!!

      • Jiin

        Bukankah tabiat pasang fitur RDB ini sudah mendarah daging sejak jaman empu Garing & Ken Orok rebutan Ken Gondes yg cantik jelita, ya dek Eno…???
        Apabila tidak ada saingan malah nunggu kiamat Kubro baru tuh dipasang RDB oleh YIMM SULING GARPU KARAT abidin satan kampret & yamaha india & yamaha global……!!!

        • bacod moe coeeeeqqqq…. pcx di bully pake tromol aja koar2 ngepbeha juga sama cooooeeeeeqqq

        • pelawak

          wiiih udah ada aja kacung jepang disini, mending gini jinn, cari pohon terdekat, lempar tambang, terus lu gantung diri, dari pada luntang lantung lompat dari 1 blog ke blog lain buat nyales ama nambah2in dosa.

  • Satu hal yang membuat saya bingung dari dulu, kenapa byson di Indonesia tidak diberikan RDB padahal banyak penggunanya yang modif ke RDB. Walaupun harganya jadi naik tapi pasti lebih banyak yang ngelirik. Tapi kalau misalkan di Indonesia byson dikasih RDB untuk saat ini kayaknya kurang value karena nambah dikit bisa dapet motor lain yang lebih dari ini.

    • gak ada RDB, tp penjualan NMP sama mengerikannya. Kalau saja verza di pakai baju ANCB pake rangka NMP dijual harga 23jt an di jamin ANCB dan ANV bakal terbunuh. Apalg body ANCBR dipake yg sama ama Verza, beuh… they killing each other

      Hahahahaha

Tinggalkan Balasan