Bukan Cuma Mobil, Harga 4 Motor ini Juga Pernah Turun Drastis!

Menurut Daihatsu & Toyota, mereka memberikan kado tahun baru dengan penurunan harga All-New Terios & Rush. Meanwhile – di dunia roda 2 – beberapa pabrikan juga pernah menurunkan harga produk andalannya lho!

 

 

Penurunan harga di sebuah produk otomotif pada dasarnya bukan hal aneh, karena hampir setiap produsen memakai trik ini untuk menarik minat konsumen. Wujudnya biasa kita temui dalam bentuk diskon, cashback, potongan untuk motor VIN tahun sebelumnya, hingga tambahan bonus yang menggiurkan. Tapi, apa yang dilakukan 4 produsen ini bukan sekadar diskon atau tetek bengek lain lho Brosist… Ya, harganya benar-benar dibuat turun drastis!

Penasaran apa saja motor yang pernah mengalami penurunan harga secara drastis?  Nih dia!

 

Honda CBR150R CBU

 

CBR150R CBU 2014 Repsol

 

Tahun 2014 silam, PT. Astra Honda Motor sempat membuat sensasi ketika menurunkan harga Honda CBR150R CBU. Dan nggak main-main, sportbike 150cc yang diimpor secara utuh (CBU) dari Thailand ini harganya turun sampai Rp. 14 jutaan lho… Ya, dari harga yang semula tembus Rp. 43 jutaan menjadi Rp. 29 jutaan saja!

Dan gokilnya lagi, konsumen tetap mendapatkan produk dengan spek yang sama persis dengan motor edisi termahal – alias produk yang dijual sama saja, bukan downgrade atau sejenisnya. Tetap merupakan CBR150R bermesin DOHC 4-Valve yang powerful, serta detail finishing berkualitas fantastis ala A.P. Honda Thailand.

 

CBR150R CBU 2014

 

Yang membuatnya tambah menarik, saat itu calon konsumen juga bakal mendapatkan livery terbaru (edisi 2014) yang lebih fresh & colorful. Berkat tawaran yang sangat menggiurkan tersebut, unit CBR150R CBU yang didatangkan secara impor pun langsung habis dalam beberapa saat.

 

 

Kenapa harganya bisa turun sampai segokil itu, Kang Eno? Ternyata oh ternyata, strategi ini dilakukan dalam rangka menyambut kehadiran Honda CBR150R versi lokal yang dirilis beberapa bulan kemudian. Meski CBR versi Lokal memiliki performa & handling yang lebih baik, namun kualitas, ekslusifitas & banderol harga miring yang dimiliki Honda CBR CBU saat itu jelas sulit untuk ditolak.

 

KTM 200-series

 

KTM New Duke 200 2017

 

Beranjak ke akhir 2016, giliran KTM Austria yang beraksi dengan penurunan harga yang (bahkan) jauh lebih gokil. Bersamaan dengan pameran GIIAS 2016, PT. Penta Jaya Laju Motor selaku distributor KTM di Indonesia mengumumkan penurunan harga signifikan untuk KTM 200 series… KTM Duke 200 dibanderol dengan harga Rp. 33 juta, sementara KTM RC200 dilego di harga Rp. 37 juta.

Kabar ini dalam sekejap langsung jadi headline di seluruh media & blog tanah air. Pasalnya, harga baru ini jelas jauh lebih murah dari harga lama. Dan penurunan harganya nggak main-main lho, KTM Duke 200 turun harga sekitar Rp. 24 jutaan – sementara KTM RC200 turun harga mencapai Rp. 23 jutaan! Wow, gokil banget kan?

 

KTM RC200

 

Kenapa penurunan harganya bisa sampai seekstrim itu, Kang Eno? Ya, itu karena KTM mengalami pemindahan agen diatributor dari PT. Jaya Selaras Sejahtera (JSS) ke PT. Penta Jaya Laju Mandiri (PJLM) untuk distribusi motor berkapasitas 250cc kebawah. Meskipun kedua perusahaan ini sempat saling kisruh dan melempar klaim soal distributor resmi, tapi konsumen pastinya tetap happy-happy saja. Turun harga sampai 40% gitu lho!

 

All-New Honda CBR250R

 

CBR250R Ross White 2

 

Masih dari kubu PT. Astra Honda Motor, penurunan harga bukan cuma terjadi di CBR150R CBU saja! Faktanya, pabrikan sayap mengepak juga pernah melakukan hal yang sama persis seperti kasus Mobil Terios & Rush terbaru, saat menurunkan harga jual All-New Honda CBR250R. Ini jadi kabar menggembirakan bagi konsumen, lantaran versi terbaru ini dibekali mesin yang lebih bertenaga, serta tampang yang terinspirasi garis desain CBR Fireblade.

Demi bisa bersaing dengan Kawasaki Ninja RR Mono serta jagoan 250cc lainnya, PT. Astra Honda Motor menurunkan harga jual All-New Honda CBR250R menjadi Rp. 46,8 jutaan. Padahal, sebelum discontinue, versi lawasnya sempat dijual di angka Rp. 49 jutaan lho Brosist! Itu artinya, harga sportbike 250cc yang diimpor langsung dari Thailand ini turun sekitar Rp. 2,1 jutaan dari edisi lawas.

 

 

Menanggapi penurunan harga ini, Honda sempat berkilah akibat menyesuaikan dengan kurs rupiah yang saat itu tengah membaik. Padahal jelas, penurunan harga ini bertujuan untuk membuat sang CBR kembali kompetitif – which is (tetap) terbukti tak berhasil, hingga akhirnya digantikan oleh CBR250RR Twin-Cylinder produksi Indonesia.

 

KTM 250-series

 

Kawasaki Ninja RR Mono - Z250SL vs KTM Duke 250 - RC250

 

Bersamaan dengan penurunan harga 200-series, PT. Penta Jaya Laju Motor juga mengumumkan penurunan harga 250-series yang sama gokilnya. Konsumen tak perlu keluar budget ‘moge-ish’ seperti era PT. JSS, lantaran bisa memboyong Duke 250 dengan harga Rp. 44 jutaan, serta sportbike RC250 dengan banderol Rp. 48 jutaan.

 

 

Kedua jagoan KTM di segmen 250cc ini mengalami penurunan harga hingga 40% – terkoreksi sekitar Rp. 23 jutaan untuk Duke 250, dan sekitar Rp. 26 jutaan untuk versi RC250. Gokil banget kan? Saat itu lawan yang langsung kena sikut duo KTM adalah Kawasaki Z250SL & Ninja RR Mono, mengingat keduanya punya banderol yang setara namun dibekali spek teknis lebih rendah.

Namun sayang, lantaran baru menyasar konsumen di kota besar, penurunan harga KTM Duke 250 & RC250 ini belum bisa dinikmati oleh konsumen di seluruh Indonesia. Efeknya, penurunan harga yang harusnya disambut secara masif ini pun jadi terasa ‘hambar’.

 

6 comments

Tinggalkan Balasan