Advertisements
Vespa Gembel Indonesia

Nih Komentar Bule tentang Vespa Gembel!

Baca-baca majalah sepeda motor (luar negeri) pagi ini, ternyata ada sesuatu yang menggelitik EA’s Blog. Yup, liputan tentang Vespa Gembel di Indonesia!

 

 

Bagi pengguna sepeda motor, pastinya sudah nggak asing lagi dengan komunitas Vespa Gembel, atau Vespa Extreme, atau apalah namanya. Komunitas ini tampil nyentrik bareng Vespa yang dimodifikasi dengan part dan desain yang dijamin bikin engineer kenamaan bakal balik ke bangku SD.

Ada yang dibuat super panjang, ditambah spanner, atau bahkan malah dibuat lebar… Saking lebarnya, kadang sampai menutupi satu jalur jalanan penuh! Wuling sih dijamin kalah lebar!

 

EA's Blog nggak bercanda lho, beneran dimuat di majalah luar!

EA’s Blog nggak bercanda lho, beneran dimuat di majalah luar!

 

Karena keunikannya, edisi terbaru majalah Motorcyclist USA (Amerika Serikat) menampilkan komunitas vespa Gembel di halaman terdepan lho! Nah, apa kata para ‘bule’ tentang motor unik yang satu ini? Nih dia salinan artikel yang sudah saya terjemahkan ke Bahasa Indonesia!

 

Indonesia & Vespa

 

 

Diantara ekosistem sepeda motor di Indonesia, ada juga komunitas Vespa Gembel atau Vespa Extreme. Para builder, mekanik, serta beberapa komunitas punk yang meramaikan genre ini memanfaatkan motor yang sangat tidak masuk akal untuk dimodifikasi ekstrim: Skuter Vespa.

 

Vespa Gembel Indonesia

 

Kebanyakan, kondisi Vespa di Indonesia sudah sangat memprihatinkan. Tapi itu sebuah hal yang masuk akal, mengingat skuter ini adalah salah satu kendaraan favorit untuk mobilitas masyarakat Indonesia dimasanya. Vespa pertama lahir di Indonesia sebagai hadiah untuk para prajurit perdamaian di era 60-an. 12 tahun kemudian, Indonesia menjadi salah satu negara pertama yang memproduksi Vespa diluar Italia – setelah PT. Dan Motor Vespa Indonesia memutuskan untuk merakitnya secara lokal.

Beberapa dekade kemudian, setelah lahirnya seabrek motor baru yang lebih canggih – unit Vespa bekas bisa didapatkan dengan harga $60. Atau sekitar Rp. 1 jutaan.

 

Vespa Gembel

 

Vespa Gembel Indonesia

“Ini pertama kalinya saya melihat tengkorak & tanduk sapi, dop velg, bambu, balok kayu, serta sekumpulan ban bekas jadi bahan baku modifikasi motor. Di Dunia.” Motorcyclist USA

 

Satu-satunya ciri khas Vespa yang harus dipertahankan di Vespa Gembel, adalah mesinnya harus tetap mempertahankan jantung pacu original Vespa. Bukan Vespa skutik modern, melainkan mesin 2-tak lawas yang otentik. Diluar itu, semuanya bebas tanpa aturan, modifikasinya dibebaskan kepada sang builder.

 

 

Vespa Gembel yang lebih ‘jinak’ biasanya menggunakan struktur sasis monocoque original yang dipanjangkan, ala cruiser. Yang lebih gokil biasanya malah tanpa sasis sama sekali, digantikan oleh batangan kayu, besi, atau malah ban bekas yang diikat jadi satu. Atau tulang-belulang binatang.

 

Vespa Gembel Indonesia

 

Entah apa yang harus dikomentari… Makin otentik sebuah Vespa Gembel, makin bertambah juga mimpi buruk saat mengendarainya.

 

Touring & Kebersamaan

 

Vespa Gembel Indonesia

 

Jika mengira Vespa Gembel ini hanya sekadar untuk show off, maka salah besar. Komunitas ini bahkan kerap touring jarak jauh. Kadang berbarengan, kadang pula sendiri – demi berkumpul dengan sesama pecinta Vespa ikonik di Indonesia ini.

Semuanya terinspirasi dan terobsesi untuk memodifikasi salah satu masterpiece Italia di dunia Industri Roda 2, Vespa. Semua dilakukan tanpa batasan, tanpa aturan.

“Vespa Gembel atau Vespa Extreme bagaikan simbol jari tengah terhadap kematian, kebusukan, serta mekanikal.” Motorcyclist USA.

 

 

Advertisements

23 comments

  • Adie

    Ane pernah lihat yng sasisnya di ganti pake pager rumah kang tp mesinnya tetep vespa, pertama lihat ane ketawa krna baru sadar kalo itu pager rumah pas ane lht ada motif kembang2 yng biasanya ada di pager2 rumah tetangga ane. Hahaha..
    Emngk extreme bnr dah. 😀

  • sukupal

    Di tempat ane rata2 pemilik vespa gembel berprofesi tukang las, jadi gak heran material yg dipakai ya pagar, trelis, kusen, pipa bekas dll.

  • Kinya Nakano

    Muak banget liat motor begituan di jalan,
    Kalo disana builder dan pecinta otomotif meskipun modal pas2an tapi jadi keren dan bisa dipake di jalan raya (kalopun nggak aman dipake palingan cuma di pake di track atau dipajang doang) kayak gabungin 2 mesin zx250r dll yg pernah diulas di sini,kalo itu enggak segala sampah ditempelin nggak ada kesadaran keselamatan buat diri apalagi orang lain

  • Jezza

    C A N C E R
    .
    .
    .
    G*blok!! padahal uang modif nya bisa dipake untuk restorasi

  • Debat Cerdasss

    Paling gedek ketemu vespa gembel, kalau lo orang bikin cuma buat show off dan adu modifikasi silahkan brow.

    Tapi kalau dipake di jalan, membahayakan keselamatan biker lain.

    Hadeh

  • ade gw pernah ikutan beginian. Solidaritas nya tinggi. Pernah mogok di nagrek pas nanjak telp komunitas situ disamperin bantuin dandanin biar bisa nyala n jalan lg, dikasih makan n duid 50rb buat bensin. Terus mogok lg di bandung ya begitu lg sampe Bekasi, PP ya begitu lg.

  • Firman

    Yang saya suka dari komunitas vespa itu yaa solidaritasnya yg tinggi contohnya aja klo ketemu user vespa lainnya di jalan pasti di klaksonin dan kasi salam. Coba prinsip kyak gitu diimplementasikan ke beat user kira2 bkal gimana yaa?? *tan tin tan tin tan tin wkwk

  • Skidrow

    Jadi, mana yang paling rat bike? Kita apa mereka ?

  • Mau bilang seni kek, solidaritas kek, prinsip hidup kek, bukan alasan buat membahayakan diri sendiri dan orang lain di jalan.

  • Badrun

    Di bilang tukang rongsokan gak juga kang, tapi sampah pd nempel macem botol botol plastik.

  • jamal

    ini cocoknya disebut GEMBEL kuadrat

  • neutron

    disini ada yg dibikin kayak gokart, dihias dengan sampah2 rumah tangga
    ngoahahahahahahahahaha

  • Yah ini slah satu warna dan dinamika komunitas roda dua tanah air. gak mlulu smua harus rapi dan berestetika. Klo mau ky gt mah diperlombakan buat ajang sndiri aj tuk aliran trtntu hhe.. klo msalah safety ap gakx itu datang dri kita sndiri sih, lgian blum ad jg viral komunitas vespa ini mngancam jiwa para pngendara lainnya. Cuman sjauh ini mmng penertiban aj oleh kepolisian lalin.karna bberapa membernya mmng modif trlalu ekstrim sperti yg disebut kang eno diatas, salut buat vespa gembel yg bisa masuk magazine negara luar. Amrik pula! Kalah deh itu gentleman ride yg klimis, neciss.. dan classicly rapi abis.. wkwkwk.. peace

    • belom liat ada matic SOHC/DOHC yg jadi rat bike begini dan masuk berita luar negri, malah yg 2 tak hahahaha

    • ghondar

      klo masalah safety ga bisa cuman dateng dari diri sendiri aj om, ada aturan baku nya klo di jalan raya.

      yg kyk begini ud jelas bgt ga boleh ada di jalan raya, soalnya kelengkapan standar safety minimum nya aj ga ada.

  • ghondar

    Ane sering nih ketemu yg begini di deket rumah ane daerah Ciledug,
    Nyusahin orang klo lewat, ud lemot, makan jalan, berisik lg suaranya. Bikin macet doank.
    Ga tau deh seni nya dari mana

    • Ya safety ad aturan baku itu bener.. kita bsa brsuara tuk keamanan tpi ttep ptugas brwajib jg kan yg brtanggung jwab?? mkany sy sebut safety jg dtang dari dri pribadi. Ya pinter” lo ngatur dri lo djalan jg maksudx bro.. dan sya udah sebutin jg klo aparat sjauh ini udah nertibin klo yg klewat ekstrim.. macam manjangin sasis ampe bermeter-meter, sespan yg diganti mirip pos ronda, dan tumpukan rongsok yg mnggunung. Itu sya lihat pak polisi ngerazia jg kok demi keamanan dan klancaran bersama. Sya juga risih kok ngelihatnya klo terlalu lebay gt.. klo modifnya msi taraf normal ya ga msalah.tapi Klo trlalu gembel gt ccokx mmng bukan dijalan. Melainkan di TPA hehe.

  • Bahkan ada yg modif jadi kayak jalan kebalik…wkwkwk….lucu-lucu modifnya, tapi kadang memang kurang aman

  • Izin copas Kang Eno
    (Sumber disertakan)

  • yang keren modifikasi rodanya berjejer sampai selebar mobil truk.. ngerinya kalau malam mereka suka ngga pakai lampu.. ketabrak yassalam

  • novatax

    Namanya jg fetish.. Btw, ini apa bisa masuk dalam sub Rat Bike ya?

Tinggalkan Balasan