Advertisements
Motor Bekas

Tahun Depan, Waktunya Hunting Motor Second!

2017 jadi tahun paling menarik bagi pecinta motor second… Dan di tahun 2018 mendatang, kondisinya jadi tambah menggiurkan lho! Apa saja tipe motor yang perlu dilirik di tahun depan, Kang Eno?

 

Sport 150cc

 

Yamaha Xabre 2016

Percaya nggak kalau yang satu ini harga secondnya cuma 17 jutaan?

 

Segmen yang pernah bersinar tahun 2010-2015 ini mulai tergerus oleh segmen skuter matik 150cc yang makin menggila. Hadirnya Yamaha Aerox 155, NMAX 2018, Honda PCX Lokal – hingga Vario 150 eSP Facelift yang bakal rilis tahun depan – pastinya bakal membuat sport 150cc makin kehilangan pasar. Meski IMHO, peminatnya bakal tetap ada.

 

 

Akan tetapi, ini jadi kabar baik bagi para pecinta motor second. Pasalnya, beberapa tipe motor mengalami penurunan harga yang cukup signifikan! Di kubu pabrikan garputala, ada Yamaha Xabre yang tahun ini harganya makin murah. Bahkan, pada akhir tahun ini keduanya bisa ditebus dengan harga Rp. 17 jutaan!

Padahal harga barunya beberapa waktu lalu masih diatas Rp. 30 jutaan. Kurang greget apa coba, sport 150cc, sparepart seabrek subtitusi, upside down, swingarm alumunium, velg Y-spoke – tapi dengan harga lebih murah dari Scoopy eSP? WOW!

 

Suzuki GSX-S150 Daily Review

Mau sport 150cc termurah dan paling kinyis-kinyis? Nih!

 

Di kubu sayap mengepak, ada Honda CBR150R K45A & CBR150R CBU yang tahun ini mengalami penyusutan harga cukup signifikan… Meskipun tetap tak se-ekstrim Xabre. Sementara di kubu Suzuki ada GSX-S150, sport 150cc paling kinyis-kinyis yang saat ini unit secondhand-nya bisa ditebus mulai Rp. 16 jutaan. Nggak ngiler? Are you kiddin’ me?

 

Bebek Sport 150cc

 

Sport 150 cc Suzuki

 

Sama seperti sport 150cc, segmen bebek ‘super’ 150cc juga mengalami kelesuan pasar di tahun 2017 ini. Meski beberapa tipe laiknya Yamaha Jupiter MX King masih punya angka penjualan stabil, namun hampir semua tipe di segmen ini harganya terjun bebas!

 

Contohnya adalah Honda Supra GTR150 & Suzuki Satria F150 Injeksi. Yup, bebek super 150cc Honda & Suzuki yang baru diperkenalkan tahun lalu, unit secondhand-nya bisa ditebus dengan budget Rp. 13-14 jutaan saja! Itu artinya, lebih murah dibanding skuter matik entry-level laiknya BeAT & Mio sekalipun! Siapa sih yang nggak ngiler?

Sementara tipe lainnya juga nggak jauh beda kok, Yamaha MX King juga bisa ditebus dengan banderol yang serupa… Begitupun dengan Honda Sonic 150R.

 

 

Sport 250cc

 

 

Bukan cuma kelas 150cc, bahkan kelas sport 250cc pun mengalami penurunan penjualan tahun ini! Meski telah mendapat amunisi baru seperti Honda CBR250RR, CRF250 Rally, serta Kawasaki Versys-X 250 – akan tetapi secara keseluruhan pasarnya tetap lesu. Bahkan, beberapa tipe hanya terjual puluhan unit saja perbulannya lho!

 

Kawasaki Z250SL vs MT25 Yamaha

 

Efeknya, beberapa tipe motor 250cc second pun mengalami penurunan harga yang sangat menggiurkan! Duet Yamaha YZF R25 & MT-25 contohnya, saat ini unit secondhand keduanya (lansiran 2016) bisa ditebus dengan harga tak sampai Rp. 40 jutaan!

Bahkan untuk lansiran tahun 2014-2015, Brosist bisa memboyong Yamaha YZF R25, MT-25, hingga Kawasaki Z250 Twin-Cylinder dengan budget Rp. 33-35 jutaan – alias lebih murah dari All-New R15 yang notabene cuma 150cc!

 

Ninja 250 Second

Akankah Ninja 250FI mengikuti jejak Ninbu yang harga secondnya terjun pasca hadirnya tipe baru?

 

Sementara itu, beberapa tipe 250cc bermesin single-cylinder lainnya juga mengalami koreksi harga yang cukup signifikan. Yang paling murah ada Honda CBR250R (Thailand) di rentang harga Rp. 19-23 jutaan. Kemudian ada Kawasaki Z250SL & Ninja RR Mono yang mengisi slot harga Rp. 25-30 jutaan, serta Suzuki Inazuma 250 yang mengisi harga Rp. 28-30 jutaan.

Yang lebih menarik, tahun depan pecinta motor second pasti bakal tambah dimanja dengan penurunan harga Kawasaki Ninja 250R (Fuel Injection)… Yup, sportbike 250cc ini diyakini bakal mengalami koreksi harga cukup signifikan, berkat kehadiran New Ninja 250R.

 

Skutik Masih Mahal

 

PCX vs NMAX

 

Berbeda dengan segmen lain yang mengalami penurunan harga, skuter matik second justru harganya tetap stabil tahun 2017 ini – termasuk hingga 2018 mendatang! Permintaan yang terus meningkat, serta trend yang terus bertumbuh membuat skuter matik justru bisa mengalahkan segmen lainnya soal harga jual.

Nggak percaya? Contoh kasus yang paling gokil bisa dilihat di Honda BeAT Karbu, FI & eSP yang harga secondnya hanya berbeda secuil dari motor baru! Begitupun dengan Yamaha NMAX & Honda Vario 150 eSP yang harganya sangat sulit dikoreksi di pasar motor second.

 

 

Jangankan motor yang laris-manis, bahkan skuter matik laiknya Mio M3, Soul GT125 & Vario eSP – yang notabene kurang laris – pun harganya tetap setegar batu karang di lautan! Jujur, kadang-kadang EA’s Blog ngerasa amit-amit melihat harga skutik bekas, muahallll nya ampuuunn gusti!

 

 

Advertisements

44 comments

  • jimmoth

    Tinggal siapin duitnya aja nih…

    • ga mbahas skutik susuki toh kang..?
      saya hunting address tahun 2016 masih dapet 8jt an
      padahal barunya 15 sekian
      kalo yang tahun 2015 bisa 7jtan

      trus Nex tahun 2015 masih dapat 5jtan
      bandingkan ama harga barunya yang 12an
      loh kemana 2016 ..? ga tau entah ga laku atau belum ada yang njual
      kalo 2014 kebawah banyak beredar

      alhamdulillah dah nebus keduanya buat komuter
      bengsinnya ngiriti pol, built quality lebih baik dari honda atau yamaha
      mesin ada yang ragu ama sijuki..?

      tapi heran malah ga laku
      hahahahahaa

  • Kato

    Tinggal dana nya aja kuatnya berapa ama pinter2 liat kondisi motor
    Mungkin pilihan matic second hand (yg dipake sampe serusak rusaknya lo ya bukan dijual lagi,siapa juga mau investasi di motor bekas) ada spacy Bob, aerox 125 (ini secondnya masih mahal nggak sih),ama matic suzuki

  • YZ

    sebenernya tertarik ambil xabre om eno, cuman ggara masih make duit ortu terpaksalah ngikutin kata kata mereka. “bahwasanya motor bekas itu pasti ada masalah tar banyak pr malah makin ribet”. padahal kan dah baca kiat kiat membeli motkas dari om eno. hahahaha

  • Commoner

    Kalo GSX-R150 gimana Kang..??

  • Arjun

    Anjayy kredit blm lunas udah ada aja godaan…..wkwkwkwk

  • Handoyo

    Sdh jadi “hukum alam”, kesetimbangan supply-demand juga terjadi di pasar sekunder dan tercermin di harga jual.
    Apalagi tekanan dari pabrikan yg ingin produk baru tetap laris.

  • PARO

    Ngiler ama xabre.,
    Tapi apa daya sudah mau punya momongan :’D

  • TahoeBoelat

    Motor TVS, Viar, ama minerva harga trbaru nya berapa ya kalo second nya motor jepun segitu??

  • Berhebz

    Hmm… Untuk rentang harga 25-40 juta mending semprot 250cc seken, untuk 10-20 yg 150cc. Barang seken apapun itu memang menggiurkan untuk masalah harganya…
    Oh y, boleh minta saran? Bebek seken yang sekiranya terbaik itu apa kira²? Cuma untuk dipakai ortu saja, tapi yang sekiranya lebih dari ‘cukup’ lah… Budget maksnya cm 7jeti…

    • yoto

      Saran w Supra 125 aja bro, mesin irit dan bandel, tapi kalo mau yang lebih mantap lagi beli Vega r 2006, atau Jupiter Burhan cuma lebih boros aja bodi 2 motor Yamaha ini juga lebih kuat, w pernah jatoh parah pake Vega r tapi bodi utuh cuma spion patah pikirkan kaki penyok, terus kalo kebanjiran Vega r lebih tahan meskipun air sampe diatas knalpot, cuma kalo air masuk ruang bakar Supra 125 lebih kuat kalo Vega r telat dikit langsung ngebul

      Itu pengalaman w waktu masih punya keduanya dulu sebelum w jual buat beli satria dan ninja mono

      • yoto

        *pijakan kaki
        Vega r 5jt dah mulus, Supra 125 5 jt juga mulus mesinnya tapi kalo bodi biasanya agak kusam, nah kalo Jupiter Burhan tu agak lumayan harganya soalnya masih banyak yang cari 7 jt juga mulus

      • Berhebz

        Sip gan infonya, trims 🙂

      • Medimore

        Saya pernah jatoh pake vega er gen 2
        Jatoh nya sih gak parah parah amat tp lampu ma stang langsung bengkok
        Kpj cuma dibawah 40

        Ap mungkin gen 2 lebih ringkih ya
        Mana itu motor boleh minjem
        Kebeli kagak eh gantiin bisa

        Wkwkwkw

    • enoanderson

      Kalau saya sih ngincer 125cc nya Suzuki, kayak SP FD, SP FL atau Arashi. Tapi kalau buat ortu, ya jangan jauh2 dari Honda, kang.

      • tapi 125cc (apalagi kopling) nya suzuki, jarang yg jual. dan kalau ada yg jual juga kebanyakan bermasalah di surat surat. susah.. apalagi kaya saya ktp luar daerah..

        overall, kayanya bakal honda lagi honda lagi

      • oiya 1 lagi, pada baca di forum kalau sparepartnya tetap susah, dan eparts nya ga seniat yamaha, jadi tetep judulnya susah

      • Berhebz

        125 suzuki y… Untuk yg RR non kopling bgmn kualitasnya (konsumsi bbm, mesin,
        bandel, getaran dll )? Nemu satu yg masuk calon
        Oh y sy lupa, sy niatnya cari bebek non kopling, sbb bapak sy cm bisa pke tangan kiri, biar bisa dimodif trotel kiri

        • SukaJuki

          Ane punya shogun RR 125 tahun 2010,masih dipake dirumah, sekarang ganti gsx karena sering keluar kota.

          7 tahun pake, cuma ganti piston sekali(karena masuk lubang dan ringnya kena), ganti set gear&rantai (taun 2016), tapi lainnya masih oke.

          Total pemakaian hampir 40rb km, dan fine2 aja kok gan. Jogja-klaten-jogja cuma isi pertalite 10rb. (゚∀゚ )

          • kialau mw restorasi bebek suzuki jaman past di jaman now gini, susah ga sih cari bahannya ?

          • SukaJuki

            Kalo restorasi, terutama untuk part2 KW dan aftermarket, terus terang ane kurang paham gan.

            Secara ane pake, kalo butuh ganti langsung ke bengkel resmi(kecuali aki,lebih murah ganti sendiri). Biasanya masih ada sih sparepartnya(yg fast moving, mungkin karena ada common sama yg lain. Looking at you axelo). KWnya jarang soalnya.

            Baiknya ditanyaken dulu ke dealer setempat gan, ada nggaknya sparepart, sama berani nggak dealer di tempat agan kalo ganti2 sparepart shogun. Maklum motor lawas, daripada agan repot muter2 cari parts.

        • Medimore

          Handle rem juga bisa d pindah k kiri om
          Saya pake di nsx 125 malah enak banget

      • kolor morosot

        suteja…eh setuju…malahan ane lg PING!!!in titan

        • Niemand

          Yang bikin heran, 7 tahun pakai SP FL, ga pernah pusing mikirin sparepart. Yang penting perawatan harian Italian tune up (sering-sering di bawa balapan/ ga usah kuatir sama SCEM nya Suzuki). Pertamax, oli Enduro 4T racing. Rantai juga dicuci. Lainnya standar. Motor-motor 150 CC dijamin bertekuk lutut terutama di perkotaan/lampu merah, termasuk satria fi. Boros? Tergantung, mau full power ya boros, mau santai di 80 kph, dijamin lebih hemat dari bebek yang katanya hemat tapi lemot. Ha-ha-ha. The most fun bike to have.

      • jhony

        ini baru blog mantab, tumben pengen komen, biasanya cuma baca2 doang, kyknya cuma di sini bisa berbagi ilmu dan pengalaman, blog yg menceradaskan, jd betah baca komentar nya, klo di bandingin blog lain, bisa nya perang merk tp ga di bayar, mantab kang eno, teruslah seperti ini, pasti banyak punya fans sejati, bukan karbitan

    • Berhebz

      Setelah dipertimbangkan, kyknya sy fix deh ngambil tuh shogun, dites bawaannya juga masih enak (entah dalemannya kayak gimana),
      surat hidup, body +cat cuma agak kusam dikit, plus supra125 sudah trll banyak populasinya di daerah sy, biar anti mainstream…
      Sudah dipesan, tinggal mikir kapan&gimana modif+oprek+restorasi…
      Terimakasih untuk inputnya 🙂

  • Rizky

    Ngincer gsx second

  • alsylend

    pilihan motor second terbaik menurut gw

    di bawah 5jt… vega
    5 – 10jt mx king / revo
    10 – 15jt beat fi / addres
    15 – 20 nva / cbr 150 k45 / gsx
    20 – 25 nmax
    25 – 30 harga segini menurut gw tanggung
    30 – 35 mt25
    35 – 40 r25

    40 ke atas beli mobil aja om
    di jamin unggul kemana2
    hahaha

    nb harga untuk daerah jatim
    entah knp di daerah kang eno harganya murah2 euy

  • Btw itu semua perkiraan harga bekas dari dealer mokas ? atau harga kalau kita coba ambil ke user langsung ?

    • Nabati

      Tidak bisa dijadikan patokan…!!!
      Harga tiap daerah beda2…!!
      Ane kapok beli second….
      Tobat beneran…!!!!
      Duit ditabung dulu plus sabar &
      Lebih baik beli gsx r150 baru coz,
      Perawatan cenderung gak mahal2 amat kek 250 cc. Bobot ringan plus masih bisa dijangkau kaum kuli di Jateng ini….!!
      & Sisanya buat ternak MURAI BATU

  • reteng

    Kayaknya k45 mantep nih mau ngambis gsx series boncengannya ngeri, menurut kang eno mending langsung ke user apa showroom mokas kang??

    • enoanderson

      Ke user langsung aja kang, bisa dapet jauh lebih murah, lebih kinyis2. Kecuali punya temen tukang sorum, wkwkwk

  • Jajang ultramen

    Z250 weh lah nu membuat ngaruy hadeuh

  • aerox

    all new cb150r streetfire gimana kang eno? stabil ngga sekenan motor ini?

  • sanjaya

    shogun sp pertama emang juos gandos,tpi second nya jarang yg masih bagu

Tinggalkan Balasan