Advertisements
Line-Up Motor Honda

Potensi Menakutkan Honda di 2018, dan Sebuah Pelajaran Penting

Puas digeber Yamaha, Kawasaki & Suzuki periode 2005-2010 silam – jelang memasuki tahun 2018, Honda kembali bangkit dengan potensi yang lebih menakutkan dibanding sebelumnya!

 

 

Kehadiran Honda PCX 150 Lokal dengan sejuta surprise, dimata EA’s Blog, punya makna tersendiri. Inilah satu-satunya pasar potensial yang belum dikuasai PT. Astra Honda Motor – diluar pasar khusus hobiis seperti Trail & Moge. Inilah satu-satunya pasar dimana produk brand lain (Yamaha NMAX) melenggang sendirian, yang akhirnya menjadi tulang punggung penjualan pabrikan garputala.

 

Honda PCX 150 Lokal

 

Dengan kehadiran PCX 150 Lokal, Honda menegaskan seolah nggak main-main ingin merebut pasar maxi-scooter 150cc. Mereka serius ingin merebut satu-satunya pasar yang tersisa bagi Yamaha. Jika market share punya perasaan, usaha Honda merebut pasar ini bisa dibilang sadis, amat sadis.

EA’s Blog turut senang dengan pencapaian brilian Yamaha di pasar ekspor – termasuk juga Suzuki & Kawasaki. Tapi kalau ada yang menjadikannya sebagai alasan kalah di pasar domestik, it’s just a plain stupid. Kita disini, di Indonesia, pengen motor bagus, bukan kelas Ekonomi tambahan sebelum beli motor.

 

 

EA’s Blog salah satu fans Manchester United (dan Real Madrid, setelah David Beckham pindah) sejak awal 2000-an. Fans sejak awal saya mengenal sepak bola lewat TV tabung 14 inci. Dulu, Setan Merah punya nama besar untuk ditakuti tim manapun dari liga manapun, nggak cuma di Premier League.

Chelsea tiba-tiba melesat disokong dana Roman Abramovich, Man. City diberi nafas oleh Thaksin Sinawatra, Juventus & Duo Milan menguasai Italia, Barcelona menguasai dunia dengan style tiki-taka – tapi MU nggak pernah kehilangan magic, apalagi nama besar.

 

Manchester United

 

Sepeninggal Sir Alex Ferguson, Manchester United berubah drastis. Nama besarnya mungkin tetap bertahan, tapi nggak demikian dengan passion, determinasi & gaya bermain yang seakan hilang entah kemana. Jangan salah, sudah 3 pelatih baru yang coba memperbaiki sistem ini, berikut dengan seabrek pemain mahal yang beberapa kali cetak rekor pembelian. Hasilnya? Trofi sih ada. Tapi passion? NOL.

Dan tim legend yang kena sindrom kehilangan jatidiri bukan cuma Manchester United doang lho! Fans klub legend lainnya pun pasti merasakan hal yang sama… Arsenal, Liverpool, Milan & Inter, dll. Gimana Bro, masih setia kayak saya, atau sudah pindah haluan jadi fans Manchester City & Paris St. Germain? wkwkwkwk…

 

 

Saya nggak bakat jadi penulis bola, jadi ini cuma salah satu contoh pembelajaran saja… Karena somehow, kisah yang sama dialami oleh Yamaha (dan mungkin Suzuki). Nama besar & kejayaan dimasa lampau boleh menjual, tapi yang terpenting adalah gimana keadaannya saat ini. Mengenang kesuksesan itu penting, tapi yang lebih penting adalah mengenang kesuksesan untuk memperbaiki kondisi saat ini.

November 2017, market share Honda berdasarkan Data AISI sudah tembus 78% – dengan rata-rata 75% sepanjang tahun ini. Jangan ngece, ini angka yang benar-benar masif lho! Karena sisa 25% market sharenya masih harus direbutkan oleh Yamaha, Kawasaki, Suzuki, dan TVS. Dengan modal PCX 150 Lokal dan seabrek motor baru di 2018 mendatang, bukan nggak mungkin Honda bakal kuasai 80% – atau malah 85% – market share di tahun 2018.

 

Line-Up Motor Honda

 

Dan yang jauh lebih menyeramkan, Honda saat ini nggak cuma andalkan nama besar doang lho! Mungkin mereka punya kekurangan di segmen sport 150cc & Vario 150 yang terkesan rubbish. Itupun mereka masih unggul secara market, dan rumornya bakal dapat update tahun 2018. Bayangkan kalau tahun depan ada CB150R Neo Sport Cafe racikan Lokal, New CBR150R & New Vario 150 yang sama gokilnya kayak New BeAT, Scoopy R12, CBR250RR & PCX Lokal? Amazing!

Dari kacamata amatir ala EA’s Blog… Kondisi ini bukan cuma berpotensi ‘mematikan’ produsen lain secara market share – tapi juga bakal menyulitkan Yamaha & Suzuki untuk berkembang, untuk mendevelop motor baru yang mumpuni (khusus) untuk pasar domestik! Duitnya dari mana? Mau developmentnya dibarengin sama produk luar? Siap-siap saja kecewa berkepanjangan.

 

 

Bakal ada monopoli pasar? Whatever deh, saya bukan ahli ekonomi – cuma ngerti merapikan duit mainan monopoli anak SD. Selama motor yang ditawarkan bagus, saya nggak bakal banyak komplain. Tapi jika kondisi monopoli ini bikin motor yang ditawarkan jadi boring, tentu saya dan yang lain nggak bakal diam kok! Semuanya simpel, ngapain dibikin repot ngurus sesuatu yang nggak perlu diurusin.

 

Honda PCX 150 Lokal

 

Dan perlu diingat loh ya… Amat-sangat nggak mudah jualan 2 juta unit BeAT dan 1 juta unit Vario-series pertahun – khususnya dalam masa penurunan industri Roda 2 seperti sekarang ini. Honda India mungkin bisa lebih gokil, tapi itupun dibantu dengan trend boomingnya skutik di Negeri Bollywood.

Kalau Brosist bukan orang ekonomi seperti EA’s Blog, jangan cuma lihat jutaan unit motor yang dijual PT. Astra Honda Motor… Tapi pelajari bagaimana cara mereka sampai pada titik seperti sekarang ini. Amati triknya, tiru etos kerjanya, modifikasi hasil akhirnya… Amati, Tiru, Modifikasi.

 

 

Advertisements

57 comments

    • Save jimoo

      Dari zaman david beckham mohawk sampe gondrong kuncir macem orang jepang. Saya sii ude jagoin kanjeng juragan kang eno..

      Nguekekek

  • muhe

    Nice kang eno… kalo produk AHM emang jelek ya di bilang jelek.. kalo bagus ya kita bilang bagus

  • Adie

    “Mau developmentnya dibarengin sama produk luar? Siap-siap saja kecewa berkepanjangan.”

    Ane rasa ini yng terjadi sma new ninja 250 krna bukan di develop khusus pasar lokal akhirnya produk yng nongol gk sesuai dngan ekspektasi market lokal ( walau kemungkinan akan ttp laku keras, ninja gt looh), beda dengan cbr250rr yng memang dari awal di desain untuk memenuhi market lokal yng blh di bilang selera orng sini lbih tinggi dari negara2 lain krna bnyk nuntut fitur ini itu tp gk mau mahal. Haha..

    • E90

      Hanya saja siap2 melihat inovasi motor jadi mandeg. Tidak ada lagi kelas baru, karena ahm selama ini selalu jadi pengekor saja.

      • itulah bukti kepintaran ahm strategi marketnya lebih bagus,dan dr bahan buat gilas kompetitor juga sudah siap malah aslinya sudah tenar diluar tinggal kemas versi ala ahm jadi deh

  • birdperson

    kalo tahun depan ahm mau bikin CB150R Neo Sport Cafe racikan Lokal fix saya langsung pindah haluan

  • alsylend

    okelah disini ga bahas monopoli

    bahas honda

    ane tambahin pendapat ane kang eno
    kebiasaan honda
    kalau keluarin produk ga bisa tunggal
    dalam artian1 mesin berbagai jenis genre

    contoh kasus beat fi
    model lancip… ada beat fi
    lancip agak bulet dikit ada beat pop
    bulet2 ada scopy
    masih belum puas juga… vario remote 110

    kembali ke maxi scoot
    vario vacelift mungkin bakal ada dua kemungkinan
    1. tetap mengisi segment dek rata unded 20
    2. di tabrakin langsung kr aerox

    kombo mematikanya
    vario di upgrade ke arah agak gambot dek rata
    dengan dua opsi 125 18jt dan 150cx 24jt

    kelas elegant bunder2 udah di amankan pcx 27jt 32jt

    yawda ibarat kena ulti pabrikan lain ga bisa ngapa2in

  • Bener banget kang Eno… Dulu tahun 2008 saya sempat kerja disalah satu dealer yamaha cukup besar didaerah Jakarta selatan sebagai sales, walau hanya 3bulan dan tdk capai target saya keluar. Tapi setelah hampir 10thn berlalu, saya ketemu dgn teman saya yg dulu bekerja sebagai kepala sales disana. Ternyata dealer tersebut sdh tutup penjualannya dan hanya melayani service saja. Asli kaget bisa tutup, padahal dulu bisa tiap hari jualannya. Begitu hebatnya Honda

    • enoanderson

      Persis kayak paman saya, kerja di grup perusahaan (dealer Yamaha) yang pernah buka di Kalimalang – Aris*ta. Lama di Hyundai, Honda Megatama, entah kenapa cuma sebentar banget di Yamaha, sebelum pindah ke Mitsubishi. Kalau ditanya kenapa nggak lama, nggak pernah dijawab… *mungkin karena tahu ponakannya blogger, wkwkwkwk

  • silent reader

    Wah artikelnya memberikan pelajaran buat ane akan pandangan sebuah ilmu marketing ..terimakasih
    Bener juga sih , dr realita dulu ane suka sama arsenal, pindah ke barca , trs skrg mulai agak suka ke madrid, padahal dulu saya membencinya ..nice

  • Masih ada harapan kalo mau duluan main motor listrik buat pabrikan lain

  • Semut Merah

    IMHO, nama Honda itu sendiri udah besar selain di Indonesia di Dunia juga, trus Honda itu rajin berbagi amplop eh rezeki (u know what i mean) banyak memberi banyak menerima pula. Dan produk mereka akhir2 ini jempolan (mau dengerin pendapat2 biker n blogger ) dari mulai BeAT nya aja udah dikasih ISS, AGC starter, CBS, Scoopy R12 yg bikin ane kepincut, CBR 250 RR yg mesin nya gokil, dan skrng PCX yg elegant dan mewah.

    • enoanderson

      Yang bagian amlop, jujur saya nggak ngerti. Karena sampai saat ini saya nggak pernah dapet amplop pas rilis atau test motor Big H. Cuma merchandise standar doang, ongkos pun nggak dikasih. Parah banget kan?Denger2 sih Yamaha gede banget amplopnya, katanya sih, katanya loh ya…

      Kalau touring luar kota pasti dapet, buat gantiin ongkos & jajan dijalanan. Ogah banget soalnya diajak touring bukan sama temen, disuruh absen gawe, disuruh review, disuruh kasih opini, kelebihan, kekurangan – tapi disuruh pake duit sendiri, wkwkwk

  • rofeyk

    kayaknya pabrikan lain musti pake trik nya honda nih.
    1.dengar dan berikan kemauan konsumen
    2. diferensiasi produk dengan basis mesin sama( desain, ) dan juga tau tipe konsumen yang disasar .
    3.mungkin tambahan servis gratis ke 2,3, dan 4.
    4. spare part banyakin ( jangan sampe ada yang bilang spare partnya susah) sosialisasi (biar gak dibilang sparepartnya mahal)
    5. Rekrut mekanik ( owner bengkel… ajak kerja sama. karena konsumen awam biasanya dapat racun dari sini.)
    6. tuh makelar kasih modal pinjaman. ( orang indonesia sebelum beli motor pasti mikirin harga jualnya)
    7. bikin yang suspensinya empuk. joknya empuk.(setau ane semua honda skoknya empuk sampe mentul2)
    8. ada yang mau nambahin????

    • alsylend

      dulu emang iya honda empuk
      jaman bebek

      jaman now keras semua bro..

      semoga aja kembali ke empuk
      nikung2 mah ga penting di indo

      orang kita nikung2 pelan2 dengan benar
      kendaraan dr arah samping nylonong aja ga peduli

      mending mah yg empuk2
      bwt melewati jalananan indonesia yg berlubang2 dan penuh tembelan

      • Albert Subekti

        barusan naik ojol pake pariyem kecil, asu dah lah bokong panas, sakit mental2 di atas joknya, berengsek tuh motor ngondah matic, dulu pake suprax aj nggak gt kok, pake vega rr sendiri malah aman gue smpe kantor, naik pariyem berasa di hukum ala kdrama pantatnya di pukuli kayu wakakakaka

    • Imam Machmud

      Jare FBY yg penting :
      -cat tebel
      -shock keras biar stabil mereng-mereng
      -posisi berkendara racy atw nungging
      -dan hrs kenceng biar semakin deket ama tuhan

  • robotic_munky

    jujur ya kalo dulu saya emped bgt sama ahaem, padahal saya pensboi honda. dulu sonic tuh impian anak SMA tahun 2000an awal, eh yg kluar malah ceeswan.
    coba cek line up motor honda tahun 2002-2009…..

    obat keselnya ya lirik honda thai, ambil cbr karbu sekenan harga persis bang tigor baru di tahun itu.
    tapi kesini2 saya salut sama ahaem yg akhirnya ngelepasin sumpelan kuping n mulai dengerin konsumen.

    buat yamaha, KOREKAN KUPING MANA? KOREKAN KUPING MANA?

    #SaveNMAX

  • s0erya

    mereka (honda) benar benar memberikan apa yang kita inginkan? makin sulit melirik merk lain.

  • Mang saka

    Semoga pabrikan lainnya segera bangkit & memberikan perlawanan.. 🙂

    https://sakahayangna.com/2017/12/04/pengalaman-motor-mogok-diangkut-dealer-yamaha-terdekat/

  • ryn

    Spacy katanya jg kena update om,blm Vario,cbr,kalo ketambahan cb150 exmotion? luluh lantak!wkwkwk

  • alsylend

    baca2 komen jadi kepikiran gini

    rugi ga beli motor vixion second?
    secara nva harga udah menyentuh 18rb
    dan udah langka jg yg jual

    takutnya kejadian suzuki terulang
    dulu mah motor ga shogun
    ga keren semacam vixion

    skrg?
    jaman udah berubah…
    tren genre motor udah berubah
    bebek tenggelam

    gmn kang eno pendapatnya?

    nb: bwt anak muda yg masih ada tanggungan nikah tanah rumah
    tentu ga bisa beli jual beli motor tiap 6 bulan

    nuhun

    • serreniti

      Beli trs jual lg 3 tahun.. sesuai jaminan motor yg agan beli. Jd gak nunggu part rusak dl tp motor sdh terjual duluan. Semoga rezeki agan dan penghuni disini diberkahi dan diperbanyak lg oleh Allah SWT, aamiinn..

  • Inline4

    Honda saat ini bukan memonopoli tapi disebut sebagai POSISI monopoli, dan itu tidak melanggar hukum. Honda disebut melakukan tindakan PRAKTIK monopoli jika dia dengan sengaja menutup dan menghalangi kesempatan produsen lain untuk memasarkan produknya, artinya mencegah perusahaan lain untuk bersaing..
    Tapi honda tidak melakukannya, disini semua produsen motor dapat bersaing tanpa saling menghalangi.bebas memasarkan produknya masing2…

    Lebih jelasnya begini, honda saat ini pada keadaan posisi monopoli, sebagai penjelasan:

    Posisi Monopoli adalah KEADAAN dimana satu pelaku usaha menguasai lebih dari 50% (lima puluh persen) pangsa pasar. Posisi Monopoli sendiri BUKANLAH tindakan melawan hukum.

    Praktik Monopoli adalah PENYALAHGUNAAN (abuse) Posisi Monopoli dengan cara melakukan praktek (i) Pencegahan, Pembatasan, dan Penurunan Persaingan, dan (ii) Eksploitasi. Praktek Monopoli ADALAH tindakan melawan hukum.

    Apabila dibuat rumusnya akan seperti ini:

    Praktek Monopoli = Posisi Monopoli x Penyalahgunaan

  • niceguy

    Mesti diingat juga honda bisa sebesar ini kan juga faktor dukungan finansial. Kita bicara pabrikan di Indonesia, bukan pihak prinsipal Jepang. Bagaimana kuatnya dukungan finansial group Astra terhadap Honda, sedangkan Yamaha? ada yang tahu?

    • robotic.munky

      Kalo produk yamaha laku, yakin tetep ga ada yang dukung?
      Nah dulu honda market share nya kalah sama yamaha karena ga didukung astra atw pejimana bro?

      Ayo2 yg udah beli nmax dibeli lg kalo ga mw market share yamaha turun #SaveNMAX

  • Xone

    Mantap pengen nambah honda 1

  • Rocky

    Manchester city itu yang modalin Syekh Mansour

  • pnjl

    Hehr tetep support Arsenal walau ga segarang dulu

  • Iwan maros

    Bagi saya 1. Yamaha terlalu bertahan dengan idealismenya. 2. Karena Yamaha walau Hematnya mendekati Honda tp tidak pernah selevel atau lebih hemat. Karena kalau hemat melanggar poin 1. 3. Karena kulaitas mesin Yamaha belum sebaik Honda. Bukan jelek loh. Lihat dan pegang aja ujung lobat knalpot motor Yamaha(gak semua sih tp kebanyakan ) pasti walau baru jelaganya lumayan tebal dan hitam. Apa karena oli mesin ikut terbakar atau bbm gak sempurna terbakar. Sy gak tau juga.

    1. Idealisme itu adalah harus Yamaha selalu lebih kencang dari Honda dan lebih baik dari Honda kalau diajak kebut kebutan. Yamaha bisanya lebih kencang pasti selalu lebih boros dari Honda. Nikung kencang apalagi rebahan yg asyik kalau shock agak keras dan ground clearance rendah. Akhirnya ngorbanin kenyamanan dan kemampuan melibas jalan rusak. Selain itu ongkos perbaikan ganti lahar karena ban geol lebih cepat di skutik yamaha. Contoh lain walau Yamaha sudah berubah namun dulu bertahan cukup lama yaitu enggannya Yamaha kasi standar samping skutik kalau gak dinaikin maka motor gak bisa hidup. Itu karena terlalu idealia gak mau dibilang ikut aama Honda. Atau velg skutik entry level yg desainnya dari zaman mio lawas masih sama saja. Yamaha umumnya selalu berat motornya lebih ringan dari Honda. Ini pasti karena kualitas besi besinya gak sebagus Honda. Dulu pas cb keluaran 1 lebih berat dr all New Vixion padahal dr dimensi jelas kalau vixion lebih besar. Pelg sudah yg lebar dan cb masih pelg ukuran vixion gen awal

  • Iwan maros

    Untuk poin 3, sy mau share pengalaman pengguna mio im3 tukang ojek.sy tanya kok bunyi skutiknya kok ancur banget. Kalau sdh tua sy maklum tp ini tampilan bodinya masih lumayan baru. Itu yg bikin sy gatal tanya tanya. Singkat cerita dia bilang motornya pernah nyaris tanpa oli mesin ketika mau ganti oli mesin. Lalu sy tanya kenapa bapak teledor sekali. Dia bilang, cara sy pakai mio samain sama gaya sy waktu pakai bebek Honda. Memangnya cara bapak gimana? Sy jarang ganti oli. Maklum ojek jadi harus hemat. Gak pernah sy cek cek oli mesin pakai stick oli. Trus tetap suka sama Yamaha? Ia tetap. Lok kok bisa?????????????? Harga bekasnya di sini tinggi. Ampun dah. Daerahnya di kota Pare pare Sulawesi Selatan.

  • Fendi

    Bukan produk yg menentukan angka penjualan.
    Tapi perusahaan pembiayaan kreditlah yg menentukan angka penjualan.
    Untuk merk tertentu (honda yg paling dominan). (Contoh Adira) membiayai dengan DP ringan + cicilan ringan. Tpi untuk merk dan jenis motor lain (sport, underbone) diberi DP + cicilan yg wah gila mahalnya.
    Untuk wilayah padat DP + cicilan bikin ngiler. Tpi untuk daerah gersang penduduk, harganya berkali lipat.
    Jadi bukan masalah irit, teknologi ataupun penampilan. Tpi DP+cicilanlah yg menentukan angka penjualan produk otomotif.

  • Riri

    Setelah lewat hype nya PCX, diliat pelan2 PCX desain lebih fresh dan keyless. Tapi body lebih berat dengan mesin lebih inferior, kebayang kayak gimana setahun setelah pakai. Awalnya mau beli, tapi pikir2 dulu deh

  • IwanCakungan

    Menurut telaah saya sih begini mas Eno,
    Sering saya denger & baca2 fans berat merk lain yg nge bc merk Honda, terutama fby. Bahkan sampai iklan TVC nya pun ikutan nge BC merk Honda.
    Sering bahkan sampai menjurus lebih spesifik ke type motornya.
    Apa sih tujuan dari menjelek2an merk lain?
    Buat menekan merk tsb?
    Benar begitu, tapi masyarakat malah menilai bahwa merk tsb kepingin naik dg cara menginjak merk lain.
    Ironisnya, Honda bukannya tinggal diam.
    Honda malah menjawab kritikan2 & bc2 tsb dg memperbaiki diri.

    Menurut saya, sudah keahlian Yamaha dalam mencari “blue ocean” desain2 motor yg belum ada di merk lain.
    Perkuat aja di sektor tsb,
    Ciptakan trend2 baru buat masyarakat yg haus dg desain yg unique & jarang yg punya.
    STOP BC, bahkan kalau mau BERANGUS biang2 penyebar BC.

    Honda, dg segala potensi yg dia punya, gampang aja buat dia untuk makin melejit menaikkan persentase penjualannya.

  • karena pasar maxi skuter sudah mature dan besar, sudah saatnya di take over oleh AHM. Klo Yamaha ngeluarin spek cem Ducati MultiStrada atau CS1 udh pasti akan ada CS1 Reborn.

    Huehehehe

  • bdt

    sdh lama tidaka mampie ke mareh, gimana kabar sehat kang eno.

    taunya fby mah ahm cuma tukang ngekor aja, dah itu aja.

    ngak mau belajar gimana supaya bisa besar dgn cara ngekor.

    dan ngak aneh org ymh yg bagus pada keluar, termasuk om madev dan teman kuliah saya yg urusin proyek motor baru di ymh

  • bdt

    ingat ymh pernah cuma beda 0,5 persen MS nya dgn ahm di tahun akhir 2010.

    dan ngak pernah naek lagi, bahkan turun terus dari thn 2010.

    2010 thn plg sukses ymh, setelah itu org terbaik ymh pad keluar.

    yg mendominasi keputusan org marketingnya

  • fby

    yup, semoga yamaha berbenah……meskipun butuh keajaiban untuk melampaui ahm.

    tetapi selama yamaha masih tetep berjuang menelorkan produk terbaiknya (kalo ahm kan bagus semua), selama belum merger, diakusisi atau bangkrut, pilihan pertama dan terakhir adalah produk yamaha.

  • fans viavallen

    Ulasan yg menarik kang eno

    Komen-komenya juga asik, sampe tak baca semua dari atas sampe bawah.
    Gak kayak warung-warung sebelah, baca komen isinya BC semua

  • permana_yogas

    selama masih budeg, ga bakalan yamaha bisa ngelampaui honda
    bahkan kalo masih dengan strategi yang sekarang bisa2 diloncati rival di bawahnya

  • Kabar Burung

    Joss artikelnya bro…
    Berimbang. … Jgn kyak juragan ono…

  • mamang_rossi

    Menurut gw honda bisa dikalahkan syaratnya :

    1. RND Design mesti mendengarkan selera konsumen indonesia, karena nyatanya orang beli motor pasti liat bentuknya, bodynya, tongkrongannya. masalah mesin nomor 2.
    2. mesin gak perlu kenceng kenceng amat yang penting DURABLE dan sparepartnya melimpah.
    3. Harga mahal sedikit gak apa apa yang penting kualitas bahan lebih dari honda (ketebalan body, cat, las lasan, etc).
    4. Menang MOTOGP.

    Dah Gitu ajah.

  • bukan fb

    Siap siap balik di jaman kegelapan ala AHM dimana nanti motor gitu gitu aja ….. secara ..pabrikan paling gak kreatif dan tukang ngekor ya AHM ini.. hadeehh ….

Tinggalkan Balasan