Advertisements
Honda PCX 150 Lokal

Welcome Honda PCX 150 Lokal Made in Indonesia! #SaveNMAX

Surprise! Diluar perkiraan, Honda PCX 150 Lokal ternyata mampu memenuhi 90% ekspektasi EA’s Blog sebelumnya. Ini jadi kabar baik bagi konsumen Indonesia, tapi merupakan kabar buruk bagi Yamaha NMAX 2018 yang (sedihnya) baru dirilis 4 hari lalu.

 

 

Honda PCX 150 Lokal jadi kejutan terbesar dari PT. Astra Honda Motor di tahun ini – (IMHO) bahkan lebih mengejutkan dibanding Scoopy eSP R12 yang fenomenal diawal tahun lalu. Gimana nggak, Honda seakan menunjukkan kalau mereka bukan cuma jualan nama besar semata – seperti yang dilakukan tetangga (ehem, uhuk, ijo) – tapi juga menunjukkan alasan mengapa sampai detik ini mereka tak tersentuh di segmen skutik!

 

Honda PCX 150 Lokal

 

Desainnya nggak ada yang bikin kaget, karena persis banget PCX Hybrid yang diperkenalkan di Tokyo Motor Show 2017. Dibanding PCX CBU Vietnam, ada beberapa update signifikan di bagian lampu depan, dek, cat body lebih banyak, serta lampu belakang yang makin keren… Tapi secara konsep, Honda PCX 150 Lokal tetap mempertahankan desain elegan dan premium ala pendahulunya yang didatangkan secara impor. No Forza-look, but still, looks good!

Tinggal finishing touch nya yang masih jadi pertanyaan, karena (mohon maaf) EA’s Blog nggak ikut prosesi peluncuran resminya siang ini.

 

 

Detailnya juga ikutan diupgrade. Velg 14 inci tapak lebar, ban berukuran lebar, speedometer full-digital, double disc brake, CBS-ABS (opsional), keyless + immobilizer, serta kaliper cakram 3-piston ala PCX CBU – hampir semua ekspektasi EA’s Blog terwujud di maxi-scooter 150cc yang satu ini… Bahkan tipe standarnya pun dibekali CBS juga lho!

 

 

Dan ingat, itu belum ditambah fitur unggulan lain seperti Lampu All-LED, Socket charger, ACG Starter, Idling Stop (ISS), Kapasitas tangki BBM tembus 8 liter, Seat Stopper, serta fitur khas ala skuter matik Honda lainnya… Seperti yang diharapkan, fiturnya jadi yang paling komplit dari semua line-up skutik Honda!

 

Honda PCX 150 Lokal

 

Sementara untuk sektor mesin, Honda PCX 150 Lokal nampaknya masih menggunakan basis mesin 149,3 cc ala Honda Vario 150. Belum jelas seperti apa detail perbedaannya dengan sang Vario (bahkan spek powernya pun masih disimpan) – karena cover CVT dan box filter udaranya beda jauh… Tapi saya harap sih bakal ada perbedaan signifikan di internal CVT, serta performa keseluruhan.

Saya belum bisa berkomentar banyak, karena belum lihat dan test secara langsung kehandalan mesinnya. Semoga saja EA’s Blog bisa langsung test unitnya dalam beberapa waktu kedepan.

 

Honda PCX 150 Lokal

 

Sementara untuk harganya, Honda PCX 150 Lokal dibanderol dengan harga jual yang bikin ngiler! Yakni Rp. 27 juta untuk versi CBS, serta Rp. 32 juta untuk versi CBS-ABS. Kedua tipe ini bisa diboyong dengan 4 pilihan warna, Black, White, Red dan Light Gold… Jadi penasaran kek gimana warna ‘Light Gold’ nya, wkwkwk.

 

 

Jujur, saya sendiri kaget dengan keseriusan Honda menggarap PCX 150 Lokal. Sebelumnya, saya kira yang satu ini bakal jadi flop-of-the year laiknya BeAT Street eSP… Tapi faktanya? Justru terbalik 180°! Meski belum sepenuhnya bisa dibilang amazing, tapi PCX versi made in Indonesia ini sanggup menggabungkan eleganisme ala PCX CBU, fitur terbaru (yang nggak kalah dari pesaing), harga menggiurkan, serta nama besar Honda dalam satu paket sekaligus!

Dan sayangnya (atau sedihnya), yang EA’s Blog sebutkan barusan adalah combo mematikan bagi Yamaha NMAX – which is jadi satu-satunya harapan terakhir pabrikan garputala di pasar Indonesia. #SaveNMAX

 

 

Advertisements

58 comments

Tinggalkan Balasan