Honda PCX 150 Lokal

Honda PCX 150 Lokal, Ekspektasi vs Realita!

Menurut beberapa blogger senior, kehadiran Honda PCX 150 Lokal tinggal menghitung hari – kayak lagunya Krisdayanti. Apa yang kita harapkan dari sosoknya, dan apa realita (plus rumor) dari maxi-scooter 150cc ini? Let’s take a look!

 

Tampang ‘Wah’

 

Honda PCX 150 Lokal

 

Ekspektasi: Honda PCX 150 Lokal harus punya tampang fresh, alias beda dari PCX Vietnam – meskipun everlasting – yang sudah outdated. Kalau nggak bisa bergaya ciamik ala Forza 125, minimal seperti sosok PCX Hybrid yang diperkenalkan di ajang Tokyo Motor Show beberapa waktu lalu lah! Ini tentu bakal jadi kelebihan tersendiri, mengingat desain tersebut nampak lebih ‘wah’ dari calon kompetitornya, Yamaha NMAX 2018.

Nggak harus pakai velg gold, silver, perunggu atau warna kebesaran hipsters jaman now kok! Yang penting kualitas finishing ala PCX Vietnam – seperti glitter cat yang superb, detail chrome blink-blink di area dashboard, plus plastik PP (kulit jeruk) yang tebal dan mulus – harus tetap dipertahankan. Jangan tertukar, Honda PCX 150 Lokal adalah produk skutik premium, bukan skutik yang pakai bahan bakar premium!

 

 

Realita: Bagi Brosist yang sudah menantikan kehadiran PCX Lokal bertampang ala PCX Hybrid, selamat! Teaser resmi yang dirilis akun sosial media AHM mengindikasikan ekspektasi Fansboy Honda bakal jadi kenyataan… Meskipun masih harus buang jauh harapan desain fenomenal ala Forza 125.

Sementara itu, untuk kualitas dan finishing touch yang setara dengan PCX Impor? Well, uhm, krik, krik, krik…………….

 

Detail Setara NMAX

 

Yamaha NMAX 2018

Shock tabung (sub-tank) Yamaha NMAX 2018

 

Ekspektasi: Seperti halnya Yamaha NMAX 2018, Honda PCX 150 Lokal harus punya detail yang minimal setara, atau bahkan melebihi inspiratornya tersebut… Fansboy Honda jangan marah saya sebut NMAX inspirator, kalau nggak ada NMAX, mamam tuh cicilan PCX Impor a.k.a maxi-scoot kebanggaan (pertama sejagad raya) yang sekarang harganya tembus Rp. 40 juta!

Itu berarti, PCX Lokal harus punya segudang kelebihan terhadap calon kompetitor sekelasnya, NMAX. Sang PCX harus unggul mutlak, laiknya kasus BeAT menghajar Mio bertahun-tahun lamanya, atau Scoopy eSP R12 yang membuat Fino dipertanyakan eksistensinya.

 

 

Velg Y-spoke 14 inci tapak lebar, ban berukuran 130, speedometer full-digital, suspensi belakang tabung, double disc brake, dual-channel ABS (opsional), keyless + immobilizer, serta kaliper cakram 3-piston ala PCX Impor – adalah beberapa detail yang EA’s Blog maksud. Kehilangan salah satu yang disebutkan diatas jelas bukan masalah kok! Tapi kalau cuma punya salah satu yang disebutkan tadi, then that’s a huge problem.

 

Speedometer PCX Hybrid. Good news, isn't it?

Speedometer PCX Hybrid. Good news, isn’t it?

 

Realita: Jangankan velg Y-spoke tapak lebar plus ban berukuran 130, dikasih velg ala PCX Hybrid plus ban 110 pun sudah sangat beruntung. Jangankan suspensi belakang tabung dengan bantingan lembut, dikasih busa jok yang empuk & nyaman pun sudah lebih dari cukup.

Jangankan kaliper cakram 3-piston, double disc brake, plus dual-channel ABS – bahkan rem belakang tromol plus fitur penggembira sekelas Combi Brake System (CBS) pun sudah membuat fansboy PCX Lokal senang bukan main.

So, what?

 

Mesin 150cc Baru

 

Yamaha NMAX 2018

Mesin 155cc VVA ala Yamaha NMAX 2018

 

Ekspektasi: Untuk bisa mengimbangi powert-to-weight ratio Yamana NMAX yang jumawa berkat mesin 155cc VVA, Honda PCX 150 Lokal harusnya menggunakan mesin 150cc terbaru yang lebih powerful… Bukan mesin Vario 150 yang dituning ulang. Selain mesin Vario 150 agak diragukan untuk menarik bobot skuter matik masif ala maxi-scoot, tipe mesin ini terkenal dengan problem area CVT yang membutuhkan perawatan super ekstra.

 

 

Realita: Jujur, EA’s Blog juga berharap PCX Lokal bakal jadi basis pengembangan generasi mesin skutik 150cc terbaru Honda kedepannya. Bagaimana dengan Variable Valve ala NMAX, Kang Eno? Well, sebenarnya bukan masalah besar sih, nggak harus. Tapi kalau soal mesin baru? Harus! Dan nggak perlu dipertanyakan lagi alasannya.

Tapi melihat dari bocoran yang diberitakan para senior blogger, ternyata mesin Honda PCX 150 Lokal disinyalir masih menggunakan tipe yang sama laiknya Vario 150! Which is a bad-bad news.

 

Harga Terjangkau

 

Yamaha NMAX 2018

 

Espektasi: Well, dengan 3 pembahasan diatas, yang kita harapkan tinggal penyesuaian harga saja. Iya nggak? Kan nggak lucu kalau nantinya dibanderol lebih mahal, tapi justru fitur & detailnya dibuat lebih rendah.

Ditambah dengan promo dan progran menarik khas ala Honda yang menyentuh langsung konsumen kelas bawah-menengah, ini bakal jadi kabar baik bagi Brosist sekalian…….. Jika terwujud.

 

Honda PCX150 - Exclusive Poseidon Blue

Semoga nantinya nggak ada kaum FBH yang bandingin Honda PCX 150 Lokal vs PCX Impor, melainkan PCX Lokal vs NMAX 2018! CRF150L saya komparasikan langsung dengan KLX, bukan Verza! Catat!

 

Realita: Jika melihat kiprah Honda di segmen skuter matik – khususnya saat dihadapkan head2head melawan Yamaha – rasanya mimpi untuk mengharapkan banderol harga lebih murah. Kabar buruk selanjutnya, NMAX Non-ABS terbaru ‘cuma’ dibanderol Rp. 26,3 jutaan (OTR Jakarta) lho Brosist! Lantas, Honda PCX 150 Lokal mau dibanderol berapa, 25 juta? Keep dreaming, FBH!

Terlebih lagi, hingga saat ini belum ada kabar lebih detail tentang bocoran harga Honda PCX 150 Lokal dari para blogger papan atas… Ada yang menyebut dibawah 30 jutaan, ada yang bilang harga 27 jutaan sebagai info ngawur, ada yang bilang 28 jutaan, dan lainnya. Saya yakin, seyakin-yakinnya, mereka semua sudah tahu banderol harga resminya – hanya saja belum dipublikasi demi alasan tertentu. You know lah…

 

 

Saya paham, Honda PCX 150 Lokal bakal jadi fenomena baru di kancah roda 2 Indonesia tahun 2018 mendatang… Ini produk yang paling dinanti-nanti oleh para fans Honda di tanah air – fact! Tapi jika apa yang ditawarkan teramat sangat jauh dari ekspektasi, alias jauh dibawah NMAX 2018 dengan banderol yang setara – as always – nantikan ulasan ‘spesial’ dari EA’s Blog!

 

 

32 comments

    • enoanderson

      premium

    • selama ada logo sayap ayam
      biasanya lebih laku kang

      harapannya pcx lokal ga kayak cebeer 150 lokal
      dimana spek di downgrade harga di upgrade

      watever itis yang penting yamaha langsung berbenah
      nmax dapat minorfacelift

      indahnya kompetisi…
      yang diuntungkan konsumen
      bravoooo

      • enoanderson

        Dulu pernah ada parodinya di top gear, muntahan manusia asli dikasih badge beemer, dijual mahal, wkwkwk

      • Vega

        CBR K45A vs CBR CBU spek masih superior k45a kok powernya, di atas kertas boleh deh k45a 17 ps cbu 18 ps tapi power k45a lebih unggul hampir 1 hp dibanding cbr cbu, coba cek tes dynonya di alat dyno dan tempat yang sama a.k.a dynojet 250i sportisi motorsport

      • serreniti

        @vega: soalnyaaa yg k45a ini (termasuk beberapa produksi ahm yg lainnya) ada kesalahan pengukuran HP dan torsi mas (rumornya bkn on crank, jd gk murni data sheetnya krn ada pengurangan akibat lost power), seperti dlu rramai diberitakan blogger papan atas, pas di tes on wheel di dyno yg sama, beneran lbh tinggi daripada versi cbu nya (yg emang test on crank data sheet nya). Kan lucu sih sebenernya. Yah apapun itu ane beruntung punya k45a persis di profil kang eno punya. Ehem. Ehh

  • PARO

    Agak ragu deh harga nya dibawah 30,
    Mesin yg ‘agak’ sama tapi beda genre aja naik 10 jt lebih
    Lha ini dari kelas menengah ke level premium :’)

  • dewo

    honda selalu terdepan…. mahalnya…. pasti…..

    ditunggo bro ulasannya… pastinya dibenturkan dengan NMAX… apakah harus pilih PCX ataukah NMAX…. tentunya dengan bahasa to the point, tanpa tedeng aling aling, jelek bilang jelek… bagus bilang bagus….. khas EA… gak seperti blogger kondang yg jelek dipermanis.. bagus di blow…..

  • Deys

    Saya nunggu ulasan SPESIALnya kang Eno wkwkwk

  • tommy tombak

    perasaan cuma satu ya bloger yg jujur, mantap kang eno salam dari merauke-papua

  • Somplak

    PCX dikenal dengan kenyamanan dan kehalusan mesinnya….kebanyakan yg beli nmax itu fbh…yakin kalo PCX nongol nmax DP 100rb ngikut pigson

    • enoanderson

      Saya nggak pernah ngeraguin PCX dari sisi jualan kang, udah bukan rahasia itu mah, wkwkwk.

      Tapi kalau memang speknya dibawah NMAX, 2 taun riset pasar dipake buat apaan? Riset pasar doang, bukan pengembangan produk? Ini yang mengkhawatirkan.

  • FH

    Numpang ngasih opini juga kang..
    Yg ngarep PCX Lokal ber-cakram depan-belakang seperti NMAX, saya rasa juga bakal gigit jari.
    Kenapa? Karena eh karena, salah satu jualannya Honda di skutik itu ya fitur CBS, depan cakram belakang tromol.
    Entah kalo ngahaem bisa bikin CBS untuk rem cakram depan-belakang, tapi IMO PCX Lokal bakal jiplak plek design PXC Hybrid, termasuk velg dan ban yg belum gambot dan rem belakang tromol.

  • Alsylend

    Saran untuk fbh…

    Kalau ternyata pcx lebih jelek dari nmax
    Jangan di beli

    Ingat kasus cb 150 sf yg pertama

    Honda terlalu pd
    Mengeluarkan produk yg hanya di samakan dengan old vixion

    Pasar merespon dengan tidak beli
    Maka muncul lah cb 150sf yg baru dengan fitur yg lebih baik

    Jadi kalau pengen max skutik honda ala forza
    Ga usah beli pcx baru
    Biar cepet ganti
    Hahaha

    Yah tp balik ke pribadi masing2
    Klu emang cocok langsung bungkus aja

  • Tinggal compare sm nmax…nih.. mana yg lebih value …dari spesifikasi

  • Emang

    Untuk mesin info dari artikel mang kobay pakai mesin pcx cbu,tapi dituning ulang.desain dibenturkan kompetitor? jelas2 ini mirip banget dgn pcx cbu..rilisnya aja jauh dluan pcx cbu daripada kompetitor..vote pcx.

  • Owner Maspion

    Mang eno, ditunggu artikel pengahabisa uang trasportnya,, wkwkwkwk

  • Draco

    Sebenernya pke mesin vario d tuning ulang gak masalah kang
    Injeksi d upgrade, klepklep d gedein, throttle body d gedein, piston crown d tata ulang sekalian up kompresi, port sedikit d rubah, sisanya update cvt aja, udh cukup kang, minimal pasti lbh responsive dri nmax tarikannya cma klo balap smpe topspeed jangan harap deh nyaingin 4valve vva, soalnya ane pernah pke vario sma nmax, vario lbh responsif dri nmax, lbh cepetn arik, tpi klo udh d atas 60kmh, vva sma 4valvenya emang bukan cma tulisan kang
    Mesin cukup itu kang, yg pasti hrus tetep haluuuus
    Velg 14, ban depan 90 belakang 120 min, kalo bsa smain nmax lebarnya
    Cakram belakang wajiiib, abs optional, keyless mulai di type abs
    Shock lembut, yakin ane bikin berantakan nmax

    • serreniti

      Nmax vs vario di yutub ada masbro. Speed 8-90kpj baru nmax bisa bales ngejar vario. Kalo 60kpj sih jauh galak vario 150. Kebetulan punya 22nya jg (soodara sendiri semua yah,hehehe). Emng galak atasnya vva pas on. Soal pcx, udah dikasih tuh yg smpeyan rekomendasiin (ban 100-120, dual discbrake, abs, keyless, all type, shock jgn raguin ya, prnah jajal sndiri pcx old, gmyg ini g jauh2 jg lah ya kcuali jok doang hrs revisi seempuk mio sporty minimal lh ya).. so monggo dibeli..

  • me

    Ehm… Krik.. Krik.. Krik

  • rizal

    Dan tau apa yg lucu kang eno? Belom launch tapi udah ada artikel realita? Realita atau cmn opini pribadi demi ngeramein blog? Pas udah launch 80% artikel ini kebantah, 27jt dual disc 3piston cbs dan kenyamanan khas pcx jgn samain ama vario ato shock keras nmax.
    .
    Dulu saya suka ama blog agan, tapi makin kesini kok malah kayak mbah dukun yg lbh suka manasin keadaan dgn opini pribadi bhkan saat bendanya belom keliatan udah dibikin blog yg bnyak negatifnya,

    • enoanderson

      Kalo mau baca news buka media-online aja kang, kalo mau cari info bocoran tinggal ke temen2 blogger senior kayak lek iwb atau wak haji tmcblog.

      Di blog ini mah isinya sesuai yang saya pikirin doang. Suka tulisannya ya syukur, enggak yaudah gak maksa. Saya sih bodo amat mau salah tebakan kek, mau berubah pemikiran kek, dibully gara2 salah nebak kek, apaan kek. Ngapain ambil pusing sesuatu yang harusnya nggak saya urusin?

  • Bukan komengtator

    Ketipu …dikira 32 jt sdh hybrid…..strategi market…biar greget….WOW HIBRID..
    Padahal kagak mau beli karena ngak minat desainnya dan ngak punya duit…
    Kalau bisa jungkal kan Nmax,Aerox,Lexi dan Smax…
    Ane mau puasa sebulan penuh nanti di bulan puasa.terus mudik lewat desa banaran pakai Lexi….

Tinggalkan Balasan