Yamaha NMAX 2018

Update Yamaha NMAX 2018 Makin Kece, Masih Setia Tunggu PCX?

Setelah melihat Yamaha NMAX 2018, masih yakin setia menunggu Honda PCX Lokal?

 

 

Meski hanya berstatus minor facelift, namun PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing tak mau kecolongan gencarnya info Honda PCX Lokal… Sabtu kemarin, mereka meluncurkan Yamaha NMAX 2018 edisi terbaru di Sirkuit Mini Sentul, Bogor – yang kini makin kece, dan makin valuable dari edisi sebelumnya. Yakin masih setia tunggu Honda PCX Lokal?

 

Yamaha NMAX 2018

 

Dari desain keseluruhan – seperti yang bisa Brosist amati sendiri – Yamaha masih mempertahankan tampilan edisi sebelumnya yang sporty, namun tetap mempertahankan eleganisme ala maxi-scooter.

Itu artinya, kita masih bisa menemui kelebihan desain terdahulu laiknya lampu LED, velg plus ban tubeless tapak lebar, double disc brake, ABS (opsional), bagasi super luas, serta ruang kaki pengendara dengan kenyamanan maksimum.

 

 

Poin lemahnya menurut Kang Eno? Hmmm, bagus sih bagi para anak muda yang doyan tampilan sporty, tapi tetap nyaman dipakai sehari-hari… Meski menurut saya (secara tampilan), entah kenapa, Yamaha NMAX 2018 masih kurang ‘wah’.

 

Yamaha NMAX 2018 5

 

Dan seperti ubahan minor facelift lainnya, Yamaha NMAX 2018 kini dibekali tambahan warna biru yang khas ala pabrikan berlogo garputala. Asiknya lagi, NMAX edisi 2018 ini telah dibekali velg yang dibalut dengan warna emas, sehingga tampilan motor lebih elegan dan berkelas…

Tapi dengan catatan, warna velg emas hanya untuk warna hitam & abu-abu, serta velg berkelir silver cuma untuk pilihan warna putih. Not bad, apalagi warna goldnya sudah menggunakan kelir ala magnesium. Gratis pula! Alias kita mendapatkannya langsung dari pabrikan! How cool is that?

 

Yamaha NMAX 2018

 

Akan tetapi, update tampang tadi nggak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan update detail Yamaha NMAX 2018. Pertama, Yamaha mengubah speedometer full digitalnya jadi lebih sporty dengan shape kotak, plus kini sudah menggunakan negative LCD! Kedua, kulit joknya kini dibekali corak jahitan serta logo NMAX yang elegan. Halo, jok batu disarungin skutik Honda?

Dan update detail yang paling signifikan ada di bagian suspensi belakangnya. Yup, Yamaha NMAX 2018 kini hadir dengan bekal suspensi belakang (dual shock absorber) dengan model sub-tank, alias shock tabung!

 

 

Kabar baik selanjutnya, user NMAX lawas juga bisa mengaplikasikan shock tabung ini ke motor kesayangannya – meski harus melakukan beberapa ubahan pada bodi kendaraan.

Seberapa pengaruh ubahan suspensi ini ke sektor handlingnya, Kang Eno? Entahlah, saya belum diajak cobain test unit terbarunya… Aku mah apa atuh.

 

Yamaha NMAX 2018

 

Sementara di sektor mesin, nggak ada perubahan signifikan. Yamaha NMAX terbaru ini masih memakai mesin 4-stroke (SOHC) berkapasitas 155cc dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA), plus Blue Core. Which is a good news! Berkat penggunaan seabrek teknologi mesin tersebut, power NMAX mampu mencapai 14.8 HP @ 8.000 RPM dengan torsi maksimal mencapai 14.4 Nm @ 6.000 RPM. Jauh lebih bertenaga dibanding skutik 150cc kompetitor, ehem, Honda.

Untuk harga edisi terbarunya, Yamaha NMAX versi ABS ditawarkan dengan harga Rp. 30,2 juta. Sementara versi Non-ABS dibanderol Rp. 26,3 juta, OTR DKI Jakarta. Dibandingkan dengan model lawas, harga NMAX 2018 ini lebih mahal sekitar Rp. 600 ribuan. Masih worth it kok!

 

Yamaha NMAX 2018

 

Dengan ubahan tersebut, pabrikan garputala menunjukkan respon yang brilian terhadap rumor Honda PCX Lokal yang masif di dunia maya. Mereka bahkan membuat Yamaha NMAX 2018 makin sulit dikalahkan dalam sisi value, dengan update terbaru ini. Terlebih dari info terakhir yang EA’s Blog dapatkan, PCX Lokal nampaknya bakal dibekali fitur yang masih dibawah NMAX terbaru, plus harga yang setara. Berbicara value? Meh!

 

 

So, yang harus dilakukan pabrikan garputala tinggal memperbaiki sisi marketing – supaya tak ada lagi calon konsumen Yamaha NMAX 2018 yang kecewa karena ulah oknum yang melakukan upping price, serta inden yang berlarut-larut. Gimana, ada Brosist yang masih setia menunggu PCX Lokal?

 

 

8 comments

Tinggalkan Balasan