Advertisements
Modifikasi Honda C-series basic mesin C110 keluaran terbaru

Honda Cross Cub 110, Inspirasi Kebangkitan Bebek Jaman Now!

Honda Cross Cub 110 bukan cuma berpotensi jadi tema modifikasi motor bebek jaman now… Menurut EA’s Blog, yang satu ini juga mampu mengembalikan era kejayaan motor bebek (custom) yang telah lama menghilang.

 

 

Modifikasi motor bertema retro saat ini memang luar biasa populer di dunia, bahkan termasuk juga di Indonesia. Dan bukan cuma genre mainstream seperti cafe racer, scrambler, tracker, atau japstyle doang lho – bahkan modifikasi motor bebek ala Super Cub Retro pun kini tengah digemari… Kalau Brosist tertarik, Honda Cross Cub 110 ini layak jadi salah satu tema modifikasinya.

 

Modifikasi Honda C-series basic mesin C110 keluaran terbaru

Modifikasi Honda C-series basic mesin C110 keluaran terbaru

 

Akhir-akhir ini, ada sedikit keanehan yang saya lihat dari user motor bebek dijalanan. Kalau biasanya motor bebek dibiarkan standar (yang penting fungsinya joss), atau paling mentok dimodifikasi pakai part racing ala ABG-Underbone era 2000-an, maka kali ini modifikasinya lebih unik. Beberapa hari lalu ada gerombolan Honda Cub klasik yang bikin saya nengok.

Tapi bukan karena warna candy & pernik blink-blinknya, melainkan (ternyata) basic mesinnya adalah Suzuki Shogun! Bukan Honda C-series seperti dugaan sebelumnya. Setelah browsing-browsing di dunia maya, lha-dalah, ternyata EA’s Blog yang ketinggalan berita euy!

 

 

Ternyata genre modifikasi bebek klasik (lintas merk) seperti ini sudah lama mewabah di Indonesia. Basic mesin yang digunakan bisa apa saja, bisa basic Suzuki (Shogun, Smash, Shogun FD & FL), Yamaha (Jupiter, Vega, dll), hingga mesin Honda dari yang paling lawas hingga yang terbaru. Tapi konsep modifnya kurang lebih sama… Meniru desain Honda C70, C100, atau Super Cub lawas.

 

 

Browsing-browsing lagi, ternyata eh ternyata, sudah banyak penjual yang menyediakan paket modifikasi yang meliputi body, spakbor, jok, headlamp, sampai knalpot bergaya C70. Pantesan banyak yang pake… Paketannya tersedia, basic motor yang digunakan kita sudah kenal (dibanding maksain beli Cub lawas), dan hasilnya juga keren & eyecatching.

Harganya juga bervariasi, mulai dari 700 ribu, hingga ada yang komplit senilai 1,2 jutaan di situs jual-beli online. Selain itu, juga butuh rangka C-series lawas & spakbor belakang yang otentik banget. Sisanya? Serahkan pada bengkel custom & tukang las!

Oke, back to topic…

 

Honda Cross Cub 110

 

Nah, berhubung modifikasi motor bebek klasik lagi happening banget. Sekarang ada lagi inspirasi custom yang nggak kalah keren, yakni Honda Cross Cub 110!

Intinya sih nggak jauh beda dari basic modifikasi Cub C-series, hanya saja yang satu ini punya kemampuan jelajah lebih mumpuni di trek non-aspal… Thanks untuk ban tipe dual-sport. Modifikasi Honda Cross Cub 110 ini tinggal butuh elemen penting berupa headlamp ala Ruckus yang sangar, which is saya percaya pasti mudah dilakukan modifikator tanah air. Kreatifitas mereka nggak usah ditanya lagi deh!

 

Honda Cross Cub 110

 

Tapi, bagian terpenting dari modifikasi ala Cub C-series, atau Honda Cross Cub 110 ini adalah jawaban untuk eksistensi motor bebek… Dulunya, genre ini dianggap kalah modern dan kalah eyecatching soal modifikasi – thanks untuk konsep modif asal thailand (thailook, racing & low-rider) yang melambungkan skuter matik.

Tapi sekarang, nampaknya motor bebek punya jalannya sendiri, dan jalan tersebut terlihat menjanjikan… Sebagai salah satu bikers yang tumbuh di era keemasan motor bebek, ini yang membuat EA’s Blog happy.

 

 

Atau malah ada yang sudah modifikasi motor bebek kesayangannya pakai tema cross cub seperti ini?

 

Advertisements

9 comments

  • rudolf salahuddin simanjuntak

    Umumnya sering ditemui,
    7 ceblok / C pitung ( sebutan buat honda C70 series ) di modif jd mesin jahat kang, tampilan clasic sporty, & yg bikin waw, engine nya kenceng² smua #swap engine, klo disumatera sering buat “bali” g ad kata takut walaupun lawannya motor² bebek sport (mx series, FU series, sonic)

  • engga om.. modif balap pasar senggol om.

  • Kumaha Aink

    Punya kontak yang jual paket modifnya ga kang? Buat honda c100 ane, kalah bulukan di gudang..

  • ntar surat suratnya gimana wkwk

  • Gobleh

    Bahasa kerennya modif sleeper kang. Saya sendiri juga ngiler, kalo punya bakal saya bore up 150cc an pake mesin shogun, soalnya crankcase sama baut tanam pasti mentok kalo pake aslinya. Tampang standar tapi laju menggemaskan.

    • serreniti

      Mantap, sleeper. Kalo ane dlu sih bikin beat karbu jd sleeper. Konsepnya ya motor std pabrik, tp mesin udah ganti piston sonic (krn udah mentok baut tanam)+stroke up +4mm, jadi deh 156cc, bodi imut lari yahud, puas bisa “mainin” kelas sport 150-200cc om kalo pas iseng2 ataupun ada yg resek.. aslinya sih cuma butuh akselerasi aja selebihnya ya buat harian saja. Ya sleeper memang mantap dan ini paling sering dipraktekin ke motor2 cb, GL, dan c series yg tampang retro kek W175 tapi mesin bengiissss, udah bore+stroke up semua euy..

  • Mocha

    Malah lebih extrim di jatim pake basik satria, mesin gl series, scorpio berbodi c70 bahkan ad yang pake 2 mesin

  • Marc alenta

    Classical

Tinggalkan Balasan