Advertisements
Benelli TNT250 Facelift

Nih Dia Calon Benelli TNT250 Facelift, Makin Kekinian!

Calon Benelli TNT250 Facelift hadir dengan desain tetap gambot, masih bermesin 2 silinder, bersuara fantastis seperti pendahulunya – tapi dengan tambahan seabrek fitur terbaru juga lho! Resep maknyus untuk memikat konsumen jaman now yang doyan motor kekinian.

 

 

2 tahun yang lalu, Benelli TNT250 sempat membuat kejutan dengan hadir secara resmi ke pasar Indonesia. To be honest, kejutannya bukan dari desain ER-6 wannabe, atau harga menggiurkan untuk ukuran streetfighter twin-cylinder… Tapi output suara mesinnya yang, just, amazing!

 

Benelli TNT250 Facelift

 

Setelah itu, beritanya hilang entah kemana. Tenggelam oleh kemunculan motor 250cc lain yang bikin heboh seperti CBR250RR hingga New Ninja 250R. Nahas, EA’s Blog pun nggak kebagian test sama sekali oleh Benelli Indonesia.

Yang saya amati di sosial media, Benelli TNT250 lumayan diterima kok, khususnya di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, hingga Bali… Meskipun jelas, kuantitasnya nggak sebanyak motor 250cc Honda, Yamaha, apalagi Kawasaki. Lumayan lah buat ukuran motor berstatus ‘penghibur’ dipasar Indonesia. Hal yang serupa juga berlaku di luar negeri, baik itu TNT250 ataupun sang kakak TNT302.

 

 

3 tahun berselang, produsen Italia yang dimiliki Qianjiang Group (China) ini akhirnya merefresh sosoknya jadi sedikit lebih sporty jika dilihat dari depan. Perlu dicatat, yang satu ini merupakan New Benelli 302S, alias refreshment untuk TNT302… Tapi nggak masalah kok, karena – baik TNT302 & TNT250 – keduanya berbagi desain & fitur yang sama persis!

 

Benelli TNT250 Facelift

 

Seperti yang bisa Brosist lihat, headlamp kini sudah menggunakan tipe LED + DRL, begitupun dengan stoplamp & sein. Untuk mengakomodasi tampang baru, speedometer pun diganti dengan tipe LCD full-digital, bukan digital-analog seperti pendahulunya.

 

 

Namun berbeda dengan produsen Jepang yang kadang menerapkan jurus ‘pangkas sekaligus tambah fitur’, Benelli TNT250 Facelift isn’t. Faktanya, part eksotis seperti di pendahulunya masih bisa kita temukan di versi terbaru ini… Mulai dari suspensi depan upside down super-gambot berukuran 41mm, sasis & swingarm tubular-trellis, serta rem ‘overkill’ double disc brake, plus 2 x 4-piston caliper di depan – yang kalau dijumlah semuanya bertotal 9-piston kaliper! 3 kali lipat lebih banyak kaliper piston CBR250RR…!

 

Benelli TNT250 Facelift

Benelli TNT250 Facelift 5

 

Untuk menyesuaikan dengan regulasi di Eropa, Dual-Channel ABS pun kini sudah menjadi standar. Tapi fitur yang paling membahagiakan bagi ‘bikers jaman now’ adalah kaki-kakinya… Yup, selain upside down & monoshock melintang ala ER-6N, yang satu ini juga sudah berbekal Ban 120/70 & 160/60 berlabel Pirelli Angel ST Radial.

 

 

Sekadar info, Pirelli Angel ST adalah ban tipe touring yang sekelas lebih baik dibanding Pirelli Angel CT EA’s Blog dan harganya tembus Rp. 3,5 juta sepasang (untuk ukuran diatas)… WOW! Semoga saja sewaktu masuk ke Indonesia nggak diganti dengan ban Swallow Shi-te.

 

Benelli TNT250 Facelift

 

Dan seperti yang sudah sedikit dijelaskan sebelumnya, Benelli 302S yang bakal jadi calon Benelli TNT250 Facelift ini sudah dibekali dengan mesin berstandar EURO 4… Bisa dilihat dari knalpotnya yang berubah jadi sedikit lebih gambot. Sementara spek mesinnya sama saja kok seperti pendahulunya, masih 300cc, Inline-Twin (360° crank), DOHC 8-Valve, Liquid-Cooled, dengan pengabutan bahan bakar Injeksi.

Itu tandanya, suaranya bakal tetap vroaaaammm!

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

8 comments

Tinggalkan Balasan