Advertisements
Honda Vario Series

Dibully, Disindir, Honda Vario Tetap Laris… Tembus 1 Juta Unit!

Kalau judul diatas ditujukan untuk BeAT-series, tentu nggak aneh. Karena skutik entry-level ini tetap anti oleng meski Yamaha rilis 1 juta varian Mio berbagai jenis. Tapi untuk Honda Vario? Skutik yang di tahun 2017 sering dapat bully dari EA’s Blog? That’s amazing…!

 

 

Saat artikel ini ditulis Honda Vario terbagi dalam 3 tipe: Vario eSP, Vario 125 & Vario 150. Nggak bisa dipungkiri Vario 125 jadi bintang disini, lantaran Vario eSP nampak useless, sementara Vario 150 mendapat gempuran luar biasa dari Aerox 155 VVA. Mari kita bahas sosoknya satu-persatu.

 

New Honda Vario eSP 2017

 

Seriously, masih ada yang mau beli Honda Vario eSP di 2017? Masih pilih yang satu ini dibanding Scoopy eSP R12, BeAT eSP, atau (yang lebih nyeleneh) BeAT Street? You must be joking… Karena menurut saya, tipe-tipe konsumen yang boyong Vario eSP cuma kalangan nggak sabar inden Scoopy, tergiur promo, atau mereka yang nggak kepengen punya matic serupa kayak tetangga, namanya BeAT.

 

 

Sementara Honda Vario 150 kondisinya juga nggak lebih baik. Ya-ya-ya, yang satu ini mungkin unggul karena mengutamakan simplisitas ala skuter matik standar, lebih ringan, lebih elegan, dan (sedikit) lebih murah. Tapi secara spek, secara fitur, dan secara value, Yamaha NMAX & Aerox 155 (Std) bikin komparasinya jadi timpang sebelah. Dan meskipun EA’s Blog sering kasih fakta tersebut, konsumen tetap nggak bergeming… Vario 150cc tetap yang terlaris di kelas metik ‘pekgoh’.

 

Vario 125 eSP 2017

 

Honda Vario 125 eSP? Hands down…! Satu-satunya yang bisa mendekati value skutik satu ini adalah sosok lain yang juga saya apresiasi, Scoopy eSP R12. Malang bagi pabrikan garputala, Scoopy & Vario 125 diproduksi di pabrik yang sama, punya Honda.

Sementara produk Yamaha? Sejak era Xeon, Xeon RC, GT125, Aerox 125 – hingga Yamaha bosan babak belur, kemudian discontinue semuanya – nggak ada satupun yang mampu goyahkan pasar Vario 125. Well done!

 

Honda Vario 150 eSP 2017

 

Entah sudah berapa kali saya bully Vario eSP & Vario 150, tapi fakta membuktikan keduanya tetap laris. Keduanya bahkan mampu membantu Vario 125 merengkuh penjualan 1 juta unit dipasar Indonesia! Angka yang nggak sedikit lho.

Sebagai perspektif, tahun 2016 lalu Yamaha sukses jualan 1,3 juta unit di Indonesia. Hingga akhir tahun nanti, bukan nggak mungkin penjualan Honda Vario series bakal mendekati angka penjualan SELURUH produk Yamaha Indonesia! Itu artinya, saingan Yamaha bukanlah Honda, tapi Yamaha vs Vario… Unbelievable!

 

 

Dan untuk memuluskan jalan tersebut, Honda – lewat press release resmi – bakal mengadakan pesta Vario Day di 60 kota di seluruh Indonesia. Gelaran ini dibuka pada 17 November 2017 di Bencoolen Mall (Bengkulu), disusul secara serentak penyelenggaraan pada 25-26 November berbagai lokasi seperti Mall Pekanbaru, Lippo Plaza (Kupang), Diva Mall (Probolinggo), Malang City Point (Malang), Singkawang Grand Mall (Pontianak), Palu Grand Mall (Palu), dan Mall E-Wall (Balikpapan).

Mengawali bulan Desember, Vario Day Roadshow menyapa pecinta skutik Honda pada 2 Desember 2017 di Mall Bumi Kedaton (Lampung) dan 4 Desember 2017 di Ayani Megamall (Pontianak). Gelaran serentak dilanjutkan pada 9-10 Desember 2017 di beberapa lokasi seperti Mall SKA (Pekanbaru), Mall Flobamora (Kupang), Sun City (Madiun). Pada 16-17 Desember 2017, jajaran motor skutik Vario hadir di Dira Mall (Jember), Giant (Malang), Palu Grand Mall, dan Balikpapan Plaza.

 

 

Rangkaian gelaran Vario Day Roadshow ditutup pada 23-24 Desember 2017 yang akan berlangsung di Bencoolen Mall (Bengkulu), Plaza Bangkalan (Madura), Ponorogo City Center (Ponorogo), Sun East Mall (Banyuwangi), dan Pelataran Café (Lampung).

 

Kebayang kalau nantinya Honda Vario eSP, Vario 125 & Vario 150 mendapat update signifikan dari AHM – dengan tambahan fitur & upgrade kaki-kaki? Gimana nasib Yamaha Aerox 155 VVA ya? Ckckck…

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist… 

 

 

Advertisements

29 comments

  • DDNV

    Meanwhile.. My emak: Mama mau beli Vario 150, mama suka tampilannya keliatan mewah.
    Me: Nmax aja mak, keren, maxy, value for money, pokoknya menang jauh dari Vario
    My emak: Gk, mama sukanya Vario
    Me: Tapi mak,..
    My emak: Pokoknya Vario, mama gk suka yang lain
    Me: *Terima kekalahan*

    • enoanderson

      *truestory

    • bagggong

      tp disisi lain, honda juga bersusah payah selama puluhan tahun untuk “merayu” jutaan emak-emak untuk menjadi seperti emak sampean bro.

    • serreniti

      Hehehehe truli esiyah..
      Jadi inget dulu bapak ane jadi salah satu first indener vario 2006 (warna hijau pucet) di kota Jember. Dan anda tau? Pas ane beli bbm (kondisi masih blm ada plat nomor, pom bensin deket rumah), pada liatin aneh ini motor apaan.. bahkan lain waktu jg pada nanya2 ini matic apaan kok merk honda, emang baru keluarin jg ya? Itu rata2 pertanyaan masyarakat sini, so ane dikit2 malah jd nyales dadakan (baca: edukasi matic honda baru keluar namanya vario ini bla bla bla). Pertanyaan selanjutnya adalah irit gak inih? Dkk dan waktu itu mindset warga sini sih liat matic itu ya mio.. itu bener2 amazing kalo ditilik kembali dari 2017 ke 2006 silam, emang good job ini tim marketing n sales nya honda (terlepas dari black campaign H vs Y, bahkan cakar2an nya fansboy di dunia maya yah). Bisa berbuah manis.. betul betul manis, bahkan menurut ane ini bukan dapet buah, tapi dapet sepohon2nya juga + bonus sarang madu.. ajegile saking hebatnya dan kang Eno sendiri bahkan sampe bikin perbandingan antara Yamaha vs Vario wkwkwk
      Malah jadi cerpen kang hehe

    • serreniti

      Sebagai tambahan waktu itu beli cash 16 sekian juta kang (akhir desember baru turun tanah itu motor) dan ane jg punya mio (tp beli 2007) masih harga 10 jt sekian by cash jg. Lucu kan pdhl hrga jauhh selisihnya, dan beda kelas sih emang (krn lbh cocok h2h dgn nouvo Z secara bodi dan ini ane jg punya dlu dpt hadiah dr mio yg beli tadi hahay). Tp harga gk pernah menghianati kenyamanan kang, kebiasaan bawa mio trs sesekali naek vario gen 1 luar biasa empuknya+suara mesin halus. Bbm jg jauh lbh irit. Sepertinya ini point utama yg bikin nama vario “melegenda” bak klan c series di era modern ini. Wes pokoke jiaann jempol strategi ahm (meski ane yakin vario 2006 dulu kualitas kenyamanannya belum tentu bisa diulang lagi di 2017 ini). Tambahan kek cerpen edisi kedua nih kang hehehe pisss

  • Mode Getar Reader

    kemarin pagi ngobrol ama emak, katanya BeAT ama Vario itu enak.. Kalo NMax sama yg gemuk itu*taunya gitu* cocoknya untuk kebut2an aja d jalan wkwk

  • kobayganteng sak omah

    Ha…ha… Kaya g tau saja kalo jumlah orang bodoh d negeri ini lebih banyak dari orang pinter.

  • silent reader

    Yg comment kocak kocak juga nih wkwkkwk ..
    Jgn di bayangin kalau gtu mang, haha ..

    Ane aja gk mau bayangin jika cb neo cafe sport masuk indo dgn harga yg kompetitif bakal sperti apa

  • neutron

    dari dulu blogger2 bahas value, terus bikin opini motor ini lebih value, motor itu lebih value
    gara2 punya fitur yg mungkin lebih canggih atau ‘wah’

    Tapi pada lupa kalau “simplisitas dan fungsionalitas” adalah value yg paling penting kalau soal motor entry level

  • rider jujur

    Sepertinya Yamaha harus belajar marketing dari honda

  • overlap

    Menurut ane masih ada yg beli Honda Vario eSP di 2017. Kenapa karena muat bawa galon, ane sudah ukur ketika di parkiran. Beat pop memang bisa bawa galon tapi lampu belum LED dan jok kecil. Beat jenis lain jelas tidak mampu. Scoopy mampu bawa galon tapi lebih mahal. Jadi para galoner cenderung pilih Vario eSP 110.

  • Ceberus

    Ga jg ah kang, saya piara si esp dari pertama launching, suka aja desainnya, simpel, elegan, g aneh*.. Setelah itu piara scoopy esp jg, tapi saya tetep suka bawa si vario esp kang.. Soalnya tenaganya lebih ngisi atasnya dibanding scoopy yg ngisi tarikan bawahnya aja.. Hehe

  • buruh pabrik

    klo kata blog juragan mah, honda lelah lawan yamaha, ternyata honda cukup kasih vario aja buat lawan yamaha..hahahahaha
    btw saya jg pake yamaha fino gr2 mobeli scoopy inden gak sabar, akhirnya kecewa jg ama fino..nasib2..

  • Emak ane gak naik matic, emak ane naik fizR.

  • Aldy

    saya masih pelihara esp… malah mending esp darpiada beat street ataupun beat biasa udah 3 tahun dari pertama rilis motor masih nyaman tenaga masih mantap mesinnya bandel jg ternyata cuma ganti oli aja selama 3 tahun…

  • fby

    saya ada vario 125 dan xeon rc 125 , emak saya paling nggak suka kalo diantar pake itu xeon, bawaanya nggerundel dari start sampai finish, katanya berisik dan keras kayak naik batu…hehe. beda lagi kalo bapak saya lg pinjem itu xeon dengan sangat terpaksa, komentarnya, motor kok gak mau diajak santai, pengenya lari mulu, padahal kalo beneran diajak lari tetep aja kalah sama itu vario 125.

    oh iya bang eno, setau saya xeon tidak dibuat untuk bersaing dengan vario 125 tetapi untuk bersaing dengan vario techno 110, jadi sampek hari ini yamaha belum punya produk untuk bersaing head to head dengan vario 125, bener apa salah?

  • Apakah ini berarti bahwa Ngepbeha itu rata2 berdaster, bergincu, kemayu dan feminim? Ingat!!! DOHC nya aja kemayu dan feminim kok.

  • Setdah

    Nmax n aerox tetep punya pasar sendiri..trutama kaum pria..

  • berharap vario 125/150 ini suspensi belakangnya jadi double, shock pake model supra x125 dijamin maknyus jangan kecil kaya pcx…seat height diturunkan, jok lebih diempukkan…

    https://motorideweb.wordpress.com/2017/11/26/suspensi-yamaha-xmax-250/

  • Marc alenta

    God job ahm

Tinggalkan Balasan