Kawasaki New Ninja 250R 2018 - Chassis Main

Nih 11 Ubahan Baru Kawasaki New Ninja 250R, Semakin Ringan & Kencang!

Old-But-New Performance

 

Ubahan Mesin

 

Kawasaki Ninja 250R 2018 - Engine 2

 

Secara basis, Kawasaki New Ninja 250R masih mengusung tipe mesin yang sama dengan kedua pendahulunya – dengan spek 4 tak, 2 silinder, 249cc, DOHC 8-Valve, berpendingin cairan. Akan tetapi jika melihat secara detail, mesin ini ternyata punya seabrek perubahan signifikan dibanding kedua generasi sebelumnya lho!

Yang pertama adalah desain mesin dibuat baru dengan pengoptimalan internal mesin – termasuk pemindahan bak penampungan oli – agar sedikit lebih compact & ringan. Kemudian, dimensi airbox diperbesar dari 4.7 liter menjadi 5 liter, ditambah posisi airbox berubah dari dibawah jok menjadi di atas mesin (Intake Downdraft).

 

 

Suplai udara yang lebih mumpuni tersebut kemudian dipadu dengan throttle body berukuran 32mm, lebih gambot dari versi sebelumnya (28mm). Dan untuk memaksimalkan lonjakan tenaga tadi, Assist-Slipper Clutch nya kini juga sudah menggunakan tipe terbaru. Hasilnya? Cek pada pembahasan selanjutnya.

 

Performa Lebih Dahsyat

 

Kawasaki New Ninja 250R 2018 - Engine

 

Rombakan total di bagian mesin tersebut memberikan efek fantastis untuk performa Kawasaki New Ninja 250R. Sang Ninja terbaru diklaim memiliki power maksimum menembus 28,5 kW (38,2 HP) @ 12.500 RPM, serta torsi 23,5 N.m @ 10.000 RPM! Jauh lebih besar dibanding generasi lawas yang hanya mampu mengail power 31,5 HP dan torsi 21,5 N.m. Kenaikannya hampir 7 HP lho Brosist!

Sebagai perspektif, penggantian knalpot racing, penggantian ECU (atau tambah Piggyback), porting, plus rombakan filter aftermarket pun masih sulit untuk membuat power Ninja 250 lawas jadi 38,5 HP… Which is, setara klaim Kawasaki di New Ninja 250R. Biayanya nggak murah lho, apalagi harga knalpot (ori) & ECU-nya yang amazing. Belum lagi ditambah rawan razia ‘laler ijo’.

 

 

Faktanya, power yang dimiliki New Ninja 250R bukan cuma lebih dahsyat dari pendahulunya… Angka tersebut lebih besar dari pesaing seperti Yamaha R25 (26,5 kW – 35,5 HP), bahkan mampu menyamai angka power milik Honda CBR250RR (28,5 kW – 38,2 HP) yang dibekali ‘Mesin Jepang’ plus seabrek fitur elektronik canggih! Amazing!

 

New Radiator Cover Fan

 

Kawasaki New Ninja 250R 2018 - Radiator

 

Peningkatan power + peningkatan kompresi mesin = menghasilkan panas mesin berlebih. Dibutuhkan radiator, coolant & kipas radiator yang mumpuni untuk membuat rider tetap pede, nggak kepanasan, dan nggak mateng, meski dipaksa riding di situasi jalanan kota-kota besar. Untuk itu, geng-ijo telah memberkali Kawasaki Ninja 250R terbaru dengan model kipas radiator baru.

 

 

Kipas radiator (radiator fan cover) baru ini dibekali housing yang dirancang untuk melepas udara panas radiator keluar melalui samping bodi. Tipe radiator laiknya di Ninja 250SL ini terbukti ampuh mengusir hawa panas dari kaki rider, dan sudah EA’s Blog buktikan sendiri di Z250SL. Sayangnya, tipe fan cover seperti ini cenderung punya suara dengungan kipas yang berisik… Yang mudah-mudahan nggak ditemui di sang Ninja terbaru.

 

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

11 comments

Tinggalkan Balasan