Advertisements
Yamaha FiNN - Fitur

Konsep Anyar Cub Entry-Level Garputala, Yamaha FiNN!

Berkebalikan dengan skuter matik, jualan motor bebek adalah pekerjaan tersulit yang pernah ditemui di tahun 2017. Akan tetapi, Yamaha FiNN, bebek entry-level terbaru Pabrikan Garputala, is a little bit different!

 

 

Yamaha Indonesia & Thailand punya banyak kemiripan soal motor bebek, mulai dari Vega Force, Jupiter Z1, hingga Jupiter MX King. Di Thailand, ketiga model tersebut dijual dengan nama Spark LX,  Jupiter RC & Exciter 150. Hasil dari simbiosis keduanya membuat motor bebek (meski pasarnya lesu) tetap terus berkembang… Termasuk saat ini, kala Thailand baru saja mengupdate varian Vega Force, bernama Yamaha FiNN!

 

Yamaha FiNN

 

Beda dengan generasi sebelumnya yang monoton, bebek entry-level Yamaha ini coba usung konsep yang unik… Menggabungkan durabilitas & kehandalan ala motor bebek tulen, dengan tambahan fitur terbaru yang terinspirasi dari praktikalitas skuter matik! Penasaran seperti apa keunggulan Yamaha FiNN?

Jika menganggap sosoknya bakal usung konsep bebek-matic seperti Yamaha Lexam yang gagal total dipasar Indonesia, salah besar. Belajar dari kegagalan tersebut, Yamaha sekarang sedikit ingin main aman.

 

 

Meski mereka coba unggulkan konsep, tapi bukan berarti tampilan dinomor-duakan. Yamaha FiNN usung tampang yang berubah total dari Vega Force (Spark LX) lawas. Desainnya kini nampak lebih elegan dan kalem, minus garis-garis tajam seperti yang kita temui di Vega Force… Entah mengapa desain motor bebek & skutik Yamaha akhir-akhir ini jadi lebih kalem, elegan, dan kehilangan unsur ‘wow’.

 

Yamaha FiNN

Yamaha FiNN - Vega Force

Yamaha FiNN vs Vega Force

 

Selain FiNN, Yamaha Mio S yang baru dihadirkan di Indonesia pun memakai konsep desain yang serupa. Terinspirasi style bapak-bapak ala warung sebelah? Bodo amat, raurus. Desainnya tergolong cakep kok!

 

 

Seperti halnya Vega Force, lampu utamanya masih menggunakan tipe bulb (bohlam) standar. Bedanya, kali ini Yamaha FiNN telah dibekali model lampu senja & sein anyar yang jauh lebih menarik, plus tambahan sirip depan yang ala Ram air intake di motor sport. Panel instrumennya kini sudah tambah keren juga lho! Plus desain buritannya pun ikutan dirombak, dengan model yang lebih menarik, plus stoplamp anyar.

 

Yamaha FiNN

 

Sektor kaki-kakinya tetap mempertahankan part ala Vega Force, sepertinya demi menghemat ongkos produksi dan menekan harga jual… Karena kelasnya memang masuk bebek entry, alias HARUS murah.

Yamaha FiNN tetap dibekali suspensi depan teleskopik, suspensi belakang ganda, velg cast-wheel (optional), single disc brake, serta ban berukuran standar ala motor bebek… Lupakan detail yang ala-kadarnya tersebut, sekarang yuk kita bahas konsep terbarunya!

 

Yamaha FiNN - Fitur

 

Yup! Coba untuk menyematkan fungsionalitas ala skuter matik, Yamaha FiNN sudah dibekali dengan bagasi serbaguna di dek depan, serta kapasitas bagasi utama (bawah jok) yang mencapai 9,7 liter! Bagasi ini diklaim mampu menelan helm retro standar bawaan Yamaha FiNN lho.

 

 

Loh, cuma itu doang, Kang Eno? Ya, memang cuma itu doang tambahannya… Jangan harap dibekali kemampuan bawa beras 2 ton ala Yamaha Mio, atau dek senyaman bahu aura kasih ala NMAX. Tapi menurut EA’s Blog, sudah lebih dari cukup kok buat jadi pembeda dikelas bebek entry. Meskipun (IMHO) masih minus socket charger yang bakal berguna bagi ojek online… Nevermind, Honda Revo X yang keluaran terbaru pun belum pakai fitur diatas, sama sekali.

 

Yamaha FiNN - Engine

 

Sementara dari sektor mesinnya, tetap nggak ada perubahan. Yamaha FiNN masih dibekali basic mesin silinder tunggal, 114cc, SOHC 2-Valve, Berpendingin Udara, Fuel-Injection, yang identik dengan jantung pacu milik Vega Force generasi sebelumnya.

Mesin bertransmisi 4-percepatan ini diklaim mampu menghasilkan power maksimum sebesar 8,6 HP @ 7.000 RPM, dan torsi 9,53 N.m @ 5.500 RPM. Dan seperti pendahulunya, teknologi Forged Piston juga tak ketinggalan disematkan.

 

Mampukah generasi penerus Vega Force ini jadi pembeda saat hadir di pasar tanah air? Mampukah Yamaha FiNN menjadi pembeda, ditengah lesunya pasar motor bebek entry-level yang makin tergerus skuter matik…? Meskipun konsepnya nggak seekstrim Lexam, tapi secara fitur, yang satu ini bahkan lebih menarik dari Honda Revo-X, cub entry-level terlaris di Indonesia. So, why not?

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

15 comments

Tinggalkan Balasan