Advertisements
Suzuki Katana 3.0

Motor Paling Ikonik Suzuki Bakal Reborn? Suzuki Katana 3.0..!

Diam-diam, pabrikan berlogo ‘S’ ternyata melakukan riset mendalam untuk salah satu motor paling ikoniknya, Suzuki Katana!

 

 

Ngomongin soal super-naked bike, alias naked bike berkapasitas gambot jaman sekarang, perbandingannya tentu nggak jauh dari sosok ikonik seperti Monster-series Ducati, MT-series milik Yamaha, Z-series Kawasaki, serta – yang terbaru – Honda CB-series. Padahal, sebenarnya masih ada satu lagi motor super-naked yang nggak kalah ikonik… Suzuki Katana!

Kalau ada Brosist yang belum baca artikel Sejarah Suzuki Katana Original, mendingan baca-baca dulu deh sebelum melanjutkan artikel ini.

 

Suzuki Katana 3.0

 

Meskipun Suzuki nampak lebih ‘adem’ dibanding para kompetitornya yang banyak gelontorkan motor baru di EICMA 2017, mereka juga punya sesuatu yang menarik. Selain menampilkan SV650SX retro-modern, produsen yang bermarkas di kota Hamamatsu ini juga menghadirkan motor prototype anyar, dilabel Suzuki Katana 3.0.

Motor legendaris yang sempat booming lewat anime Bakuon kini hadir dengan mesin dan tampilan baru yang lebih modern, serta (menurut saya) sudah mendekati wujud produksi masal.

 

 

Kenapa? Karena Suzuki Katana “Reborn” yang mejeng di EICMA 2017 ini sudah tak lagi mengusung mesin 6-silinder, atau 650cc Turbocharger fantastis seperti prototype sebelumnya. Yang satu ini juga nggak memakai sasis berlogam eksotis, ataupun kaki-kaki yang sulit dijelaskan dengan rumus fisika. Suzuki Katana 3.0 ini jauh lebih simpel. Dan modern.

 

Suzuki Katana 3.0

Suzuki Katana Original vs Katana 3.0

 

Yes! Secara basic, motor yang bisa kita lihat diatas mungkin bukan masuk ke kelas super-naked, lantaran menggunakan fairing buntung (half-fairing) ala Suzuki Katana original. Tapi kalau melihat konsepnya, jelas, yang satu ini ditujukan untuk menghadang agresifitas produsen Jepang lain yang kini serius dikancah naked bike dengan keunikannya masing-masing… Desain Katana 3.0 juga benar-benar original dan nggak dimiliki produsen lain, which is bisa jadi modal yang besar bagi Suzuki.

Desainnya benar-benar simpel. Half fairing khas ala Suzuki Katana original dipadu dengan single headlamp standar (LED), bukan lampu pop-up unik laiknya mobil Ferrari keluaran lawas. Begitupun dengan shape tangki, body, serta buritan yang terinspirasi dari versi originalnya.

 

 

Detailnya pun demikian, dibuat simpel. Frame twinspar, swingarm, suspensi, knalpot, kaki-kaki, serta sektor pengeremannya mencomot dari Suzuki GSX-S1000. Hanya sedikit dirubah dibagian buritan, supaya lebih bersahabat bagi boncenger. Sesuatu yang harusnya ditiru oleh GSX-S150… Halo, Suzuki Indonesia?

 

Suzuki Katana 3.0

 

Berarti banyak common parts dong, Kang Eno? Yes, it is. Tapi kita juga harus melihatnya dari sudut pandang lebih luas. Itu artinya Suzuki Katana 3.0 ini sudah jauh mendekati konsep motor produksi masal… Bukan full-prototype laiknya Suzuki Stratosphere atau Suzuki Recursion – yang bakal membuat para Fansboy Suzuki pesimis.

Karena sudah bukan rahasia lagi, common parts adalah trik yang sangat diandalkan produsen sepeda motor dewasa ini, demi memangkas ongkos development & biaya produksi.

 

Suzuki Katana 3.0

 

Sektor mesinnya pun sama kok, prototype Suzuki Katana 3.0 didevelop dengan basis mesin Inline-4, DOHC 16-Valve, milik GSX-S1000 – yang diklaim sanggup memuntahkan power hingga 156 HP, plus torsi maksimum 104.3 N.m… Mesin yang (sebenarnya) sudah sangat mumpuni, mengingat yang jadi pembeda dikelas super-naked dewasa ini justru desainnya. Bukan teknologi superkomputer ataupun tenaga kuda-poni nya.

 

 

So… Please, Suzuki. Jangan lagi mengacaukan mimpi, seperti saat menghadirkan Suzuki Nuda, G-Strider, Stratosphere, Recursion – serta konsep motor amazing lainnya – yang hanya berakhir di museum, bukan pabrik tempat motor-motor tersebut diproduksi masal. Suzuki Katana 3.0 adalah konsep motor ciamik, dan punya konsep beda dari yang lain… Which is, hal terpenting yang membedakan kiprah Suzuki di era dulu dan sekarang.

Dan please, jangan komentar soal Suzuki Katana mobil dong… Saya ora mudeng!

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

13 comments

Tinggalkan Balasan