Advertisements
Honda CRF150L vs Kawasaki KLX150 BF

Ini Dia 8 Kelebihan Honda CRF150L Dari Kawasaki KLX 150!

Dibanderol Rp. 31,8 jutaan, Honda CRF150L bukan cuma memiliki keunggulan soal detail atau spek brosur… Dual-sport 150cc Honda ini juga membuka mata kita akan sesuatu yang lebih luas – sesuatu yang seharusnya disadari sejak dulu.

 

 

Butuh 9 tahun bagi Kawasaki KLX 150 mendapat lawan sepadan dari produsen sesama Jepang, dalam wujud All-New Honda CRF150L. Dan saya dengan senang hati menyatakan, yang satu ini adalah calon lawan yang kuat. Sangat kuat! Nah, daripada penasaran, nih dia 10 kelebihan mutlak Honda CRF150L dibanding KLX 150…!

 

Suspensi Gambot

 

Honda CRF150L vs Kawasaki KLX150 BF

 

Diluar kekurangan estetika sasisnya yang masih menggunakan tipe semi double cradle tradisional – dibanding KLX 150 yang sudah mengusung tipe double cradle modern – Honda CRF150L sudah dibekali dengan suspensi upside down 37mm besutan Showa!

Ukuran suspensi yang sama seperti milik Honda CBR250RR yang eksotik. Dan tentunya, lebih gambot dari suspensi Kawasaki KLX 150 BF, BF SE. maupun BF SE Extreme yang hanya berukuran 35mm. Efeknya? Handling yang berpotensi lebih baik!

 

Kaki-Kaki & Pengereman

 

 

Meski sama-sama sudah mengusung velg alumunium 21-18 inci serta ban khusus dual-purpose berukuran 2.75 & 4.10, tapi dari sisi detail Honda CRF150L lebih unggul. Suspensi belakang besutan Showa yang dikelir merah berukuran lebih gambot, swingarm lebih kokoh, plus tromol depan-belakang terbuat dari alumunium dengan model belimbing ala motor custom anak Thailook, wkwkwk…

Dan yang paling mencolok adalah perbedaan pengeremannya… Meski sama-sama sudah mengusung rem 2 piston & 1 piston, tapi ukuran rear disc brake Honda CRF150L lebih gambot (220mm) yang membuat rem belakang sang CRF lebih pakem! Dan terbukti saat EA’s Blog mengetesnya beberapa waktu lalu!

 

Kokpit & Instrumen Mewah

 

Honda CRF150L vs Kawasaki KLX150 BF - Speedometer

Beda kelas.

 

Kelebihan Honda CRF150L bukan hanya bisa dilihat saat kita memandangnya, tapi begitupun saat pertama kali ditunggangi. Area speedometer & setang sang CRF memberikan kesan mewah dan berbeda dibanding KLX 150. Pasalnya, CRF150L mengusung speedometer full-digital, raiser setang yang bisa diubah maju-mundur sesuai selera (nggak perlu beli raiser tambahan), model segitiga ciamik, serta minus spion bulat yang merusak pemandangan laiknya KLX.

 

Mesin Fuel-Injection (PGM-FI)

 

Honda CRF150L vs Kawasaki KLX150 BF - Mesin

Again, beda kelas.

 

Meski sama-sama berspek SOHC 2-Valve, Berpendingin Udara – tapi Honda CRF150L sudah menggunakan mesin dengan pengabut bahan bakar fuel-injection (PGM-FI), berbeda dengan KLX 150 yang masih pakai karburator tradisional. Oke, para penggemar karburator mungkin menganggap sistem pengabutan BBM ini lebih bersahabat bagi bengkel pinggir jalan, ataupun lebih mudah dimodifikasi. Well, ada benarnya. Tapi, ada kelebihan injeksi yang juga nggak bisa dibantah.

Karena semuanya sudah dikontrol lewat ECU, fuel-injection sama sekali nggak perlu perawatan berkala & jetting ulang laiknya Karburator! Dan lebih menariknya lagi, beberapa poin selanjutnya menunjukkan kelebihan Injeksi CRF150L dibanding KLX 150 yang masih karburator.

 

Lebih Irit Bahan Bakar

 

 

Karena semua proses pengabutan bahan bakarnya sudah dikontrol lewat sistem elektronik (ECU), maka suplai BBM bisa dibuat sangat irit & presisi. Efeknya, Honda CRF150L punya konsumsi bahan bakar yang jauh lebih irit, apapun kondisinya. Ini bukan mengada-ngada lho, skuter matik 110cc EA’s Blog (Spacy) yang masih karburator, punya konsumsi bahan bakar yang nggak jauh beda dari 250cc single-cylinder (Z250SL) – untuk pemakaian sehari-hari & macet-macetan.

Kemudian, lantaran mengusung tangki BBM 7,2 liter (KLX 150 hanya 6,9 liter), maka Honda CRF150L juga punya jarak tempuh yang lebih jauh untuk sekali pengisian bahan bakar!

 

Lebih Bertenaga

 

Honda CRF150L vs Kawasaki KLX150 BF

 

Lagi. Meskipun sama-sama berspek SOHC 2-Valve, Berpendingin Udara – tapi Honda CRF150L yang sudah menggunakan fuel-injection punya keunggulan mutlak lainnya: Power! Berkat suplai aliran udara & bahan bakar yang lebih presisi, powernya pun dapat ditingkatkan tanpa mengorbankan konsumsi bahan bakar.

Honda CRF150L diklaim mampu mencapai power maksimum 12,75 HP @ 8.000 RPM, serta torsi 12,43 N.m @ 6.500 RPM, jauh lebih bertenaga dibanding Kawasaki KLX 150 yang hanya mencapai power maksimum 11,5 HP @ 8.000 RPM, plus torsi 11,3 N.m @ 6.500 RPM.

Oke, Kawasaki KLX150 tentu bisa menyamai performa CRF150L standar dengan merubah karburator, jetting, knalpot & modifikasi kopling (ehem). Tapi, bisa bayangkan saat CRF150L mendapat ubahan ECU & Knalpot juga…?

 

Sparepart Bersahabat

 

 

Saat banyak perdebatan soal penggunaan mesin 4-tak, silinder tunggal, 149cc, SOHC 2-Valve, berpendingin udara, dengan basis sama persis laiknya Honda Verza (yang dibanderol jauh lebih murah)… Banyak juga yang tak menyadari kalau tipe mesin legendaris berbasis CRF Competition ini sangat bersahabat soal sparepart!

Yup, seperti halnya Verza 150, otomatis Honda CRF150L bakal punya subtitusi part mesin yang jauh lebih banyak (dan murah) dibanding sang KLX… Mulai dari area kopling, gasket set, kruk-as, dinamo starter, hingga busi! Sangat berguna dalam kondisi terdesak, ataupun kala pemiliknya dalam kondisi akhir bulan.

 

Lebih Valuable

 

 

Honda CRF150L vs Kawasaki KLX150 BF

 

Saya nggak mau bilang lebih murah, karena banderol Honda CRF150L yang mencapai Rp. 31,8 jutaan (OTR Jakarta) tentu bukan harga yang bersahabat bagi seluruh kalangan. Tapi jika dibandingkan dengan banderol Kawasaki KLX 150, yang satu ini punya kelasnya tersendiri.

Dengan seluruh kelebihan mutlak dari KLX 150 yang sudah disebutkan diatas, harga Honda CRF150L lebih murah Rp. 1 jutaan dari KLX 150 BF (Rp. 32,8 jutaan). Sang CRF bahkan masih punya keunggulan tak terbantahkan dari KLX 150 BF SE yang harganya lebih mahal Rp. 2,6 jutaan (Rp. 34,4 jutaan) lho Brosist!

 

Perbedaan harga yang tak hanya membuat kita melirik sang CRF150L – tapi juga membuka mata kita akan betapa overprice (kemahalan) nya Kawasaki KLX 150 yang menjadi pilihan konsumen satu-satunya, selama kurun waktu 9 tahun belakangan…

 

Baca juga yang lainnya yaa Brosist…

 

 

Advertisements

22 comments

  • Apalagi di Batam, KLX150BF yang di JKT hanya 32,8 di Batam sampai 36,xxx juta… ngambil untungnya kegedean…

    • sidiqNinjaNew

      Bicara brand kawasaki ngak bisa dicompare scr spek, krn brand ini punya prestise tersendiri, sama spt brand vespa ..matic vespa udah 30 jutaan dgn spek yg mungkin dibawah vario 125 ….atau tengok nasib cbr250rr yg spek paling superior ..di race arrc pun ninja sering kalah …tapi di penjualan? …fakta brand & prestise ninja meski paling lemot dari cbr250rr & r25 di penjualan ..rider tetep lebih cool beli ninja. Imho klx jg ngak mudah ditekuk crf …verza wanna be

  • Juli

    Dan negara api sdh menyerang kang, cepat atau lambat Kawasaki akan tertunduk lesu. Hehehe
    Semua lini digebuk

  • amlbuton

    Batok depan pasangin punya CRF250 bakal lebih ganteng nih

  • kalau kata sebelah amplopnya tebel nih, padahal yang dibeberin itu semuanya fakta wkwkwkw

    http://kobayogas.com/2017/11/10/adu-keren-honda-cb150r-exmotion-vs-yamaha-xabre-lawan-sepadan/

  • jimmoth

    Boleh nih ambil atu buat ke kebon..

  • Adie

    Dan lama kelamaan semua mulai terungkapan di kala negara api menyerang kalo rata2 jajaran lini produk kawasaki slama ini operpreet.

    Kawasaki oohh kawasaki mengapa dirimu alergi dengan harga murah.

  • ryn

    Menjelang akhir taun klx diskon gede²an biar abis

  • Davy

    Lalu kawi ngamuk.

    Biasanya kalo kawi ngamuk bakalan bikin spek yang jauh lebih advance, dari sini yang bisa kita liat kekurangan kawi ada di sektor mesin.

    Kawi pasti upgrade mesin nih…
    tapi tetep pake mesin PURBA.
    Pake pison w175 mungkin.

  • yupi

    rasain lo kawasapi…kwkwk…

  • topman

    setuju… sy punya temen owner 3 trail sekaligus, 1 KTM 2 TS tapi di swap pake engine GL series semua

  • uzhenk

    KLX adik saya mangkrak Mang.. asli beli second kajeblosss, mesin ancur hese spare part, mana bentuk sasis juga nyusahin bongkar mesin, mangkaning posisi imah luwang liwung sisi leuweung, daerah banten..

  • Debat Cerdasss

    Bknnya mau pesimis kang..

    Tapi belajar dari kasus CBR 250rr kemarin, Ninja 250R yg udah jadul aja dari segala sisi tapi penjualan tetep ga terkalahkan..

    Bisa saja kan KLX namanya udah kuat?

    Tapi market pasarnya sih beda memang, motor beginian cuma ngincer segmen tertentu aja.

    Kalau ternyata CRF laris, bisa kalahin KLX, berarti orang2 tersebut udah melek teknologi, atau bisa jadi memang suka koleksi aja.

    Tetangga ane soale ada yg punya KLX250, CRF 450 sama YZ450F juga, rencana katanya mau beli CRF ini buat “koleksi”…

    • rifkiplick

      Kawasaki boleh menghibur diri dengan tetap menyandang mahkota sport 250 cc, tapi market share nya tergerus hebat… yg tadinya bisa jualan 1.800 – 2.000 unit atau apes2 nya 1.500 unit ninja 250/ bln nya, sekarang cuma bs 700-800 unit/ bln….

      Ingat, pasar motor sport, adventure, & trail itu sangat segmented…
      Sangat sulit untuk bertumbuh, karena angkanya ya segitu2 aja total penjualan bulanannya….

  • Ghondar

    Klo viar cross x 200 se, ud pernah test ride blom kang?? Gmn klo di bandingin sama ini crf 150?

  • Didi

    Semua tinggal sudut pandang n sudut dompet karbu boleh dibengkel pinggir jalan , tapi klw sdh di offroad situ troubel injec nangis bombay , beda klw onroad mending bawa neng versa sekalian menang kemana mana banding klx malah crf , tinggal tunggu sukses ngak atau malah cuma jadi favorit part kanibalan verza klw aja downgrade dijual 20 – 25 juta tanpa USD gimana jgn lah berkomentar tanpa pengimbang kesan nya jadi papan reklame

  • Streetfire

    Ngiler liat ce.er.ep

Tinggalkan Balasan